Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

KUOTA BELAJAR KAMU MASIH BANYAK TERSISA? Begini cara pakainya agar bisa akses semua aplikasi

Ditulis Oleh Dandy Rustam

COVID-19 sangat mempengaruhi aspek ekonomi. dan sangat berdampak terhadap pendapatan sehari-hari masyarakat. Akibatnya, banyak masyarakat yang mengeluh karena tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, termasuk pada sebagian besar mahasiswa yang tidak bisa membeli kuota belajar untuk mengikuti perkuliahan secara daring. Kemudian pemerintah kembali mngeluarkan berbagai kebijakan untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Melalui Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, pemerintah kemudian memberikan bantuan kuota pada dunia pendidikan yang dimulai dari tingkat Sekolah Dasar sampai Perguruan Tinggi. Pada bulan November 2020 Mahasiswa mendapatkan bantuan kuota sebesar 100 GB masa berlaku hingga bulan Februari 2021. Meski nilai bantuan cukup besar, namun kuota ini tidak bisa digunakan untuk mengakses berbagai aplikasi. Hanya 10 GB yang dapat digunakan sebagai kuota umum dan 90 GB sisanya tersebut hanya dapat digunakan untuk mengakses aplikasi belajar yang ditentukan oleh pemerintah.

Sedikitnya jumlah kuota umum yang tersedia yang akan digunakan selama 3 bulan mendatang. Hal ini menjadi keresahan bagi penerima kuota KEMENDIKBUD tersebut, dikarenakan keterbatasan untuk mengakses berbagai aplikasi. Sehingga bantuan kuota pada Oktober 2020 lalu banyak yang tersisa atau hangus begitu saja, sangat di sayangkan bukan?

Tapi jangan khawatir, sekarang kuota belajar tersebut dapat diubah menjadi kuota umum dengan menggunakan aplikasi AnonyTun yang dapat diunduh secara gratis di Play Store. Istimewanya lagi, ini bisa digunakan oleh berbagai operator apapun yang anda gunakan. Mau tahu cara mengubahnya? Yuk ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Unduh aplikasi AnonyTun

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengunduh aplikasi AnonyTun di Playstore. Kamu tinggal masuk ke playstore lalu cari kolom pencarian dengan mengetik AnonyTun. Aplikasinya seperti gambar berikut ini.

2. Masuk ke menu awal aplikasi

Setelah mengunduh aplikasi AnonyTun, silahkan masuk ke menu awal aplikasi. Setelah masuk, maka akan muncul menu awal AnonyTun dan anda tidak perlu mengubah setelan apapun di menu awal. Tampilannya akan seperti gambar berikut ini.

3. Klik fitur STEALTH SETTINGS

Klik fitur STEALTH SETTINGS yang ada di pojok kanan atas, yang ada di dekat More Options.

Setelah mengklik STEALTH SETTINGS, maka akan muncul tampilan setelan dalam fitur tersebut. Seperti gambar berikut ini

Nah untuk memudahkan kamu dalam pengaturan setelannya, silahkan mengikuti pengaturan setelan yang ada pada gambar berikut ini.

Setelah anda mengatur setelan pada fitur STEALTH SETTINGS, silahkan klik EDIT SSL SETTINGS yang ada pada bagian bawah fitur STEALTH SETTINGS.

Nah setelah itu, silahkan mengikuti pengaturan setelan sesuai dengan gambar berikut ini.

 

Setelah anda mengikuti setelannya, silahkan klik OK, lalu klik SAVE, maka akan secara otomatis kembali ke menu awal AnonyTun.

4. Klik Connect pada menu awal

Pada menu awal AnonyTun anda tinggal klik CONNECT dan tunggu hingga muncul tulisan DISCONNECT. Setelah itu, anda tinggal memilih keluar untuk segera menggunakan kuota belajar agar dapat digunakan sebagai kuota umum.

Jika gagal, boleh ubah setting seperti ini (klik link): saatnya ubah kuota belajarmu untuk akses semua aplikasi

Nah, itulah tadi langkah-langkah mengubah kuota belajar menjadi kuota umum dengan menggunakan aplikasi AnonyTun. Gampangkan caranya, kalian tinggal mengikuti langkah-langkah di atas untuk menggunakan kuota belajar kalian untuk mengakses apapun secara umum. Juga kalian tidak perlu khawatir lagi, kuota kalian banyak tersisa.

Aplikasi untuk mengubah kuota belajar menjadi kuota umum bukan hanya AnonyTun, masih ada lagi aplikasi yang bisa digunakan. Tapi untuk sekarang, yang paling aku rekomendasikan yaitu AnonyTun. Karena AnonyTun dapat dengan mudah dioperasikan.

NOTE: Sebelum mengaktifkan aplikasi AnonyTun, pastikan kuota utama kamu sudah benar² habis/0 MB. Jika masih ada kuota utama tidak perlu aktifkan aplikasi tersebut karena sama saja, kuota utama kamu yang terlebih dahulu terkuras. Alangkah baik aplikasi AnonyTun di download dan instal memang teman², semangat belajar.🔥💪

Penjelasan sebelumnya: INI DAFTAR APLIKASI YANG BISA DIAKSES DENGAN KUOTA BELAJAR TERMASUK WHATSAPP DAN ZOOM

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Dandy Rustam

Sharing is a good thing.