Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Mau Presentasimu Efektif ? Yuk Ikuti 5 Tips Ini

Ditulis Oleh Dandy Rustam
Presentasi dan Manfaatnya

Presentasi memiliki peranan penting dalam hal berkomunikasi di depan audiens dengan menyampaikan gagasan. Dewasa ini, presentasi telah berkembang menjadi sebuah media yang dapat digunakan untuk meyampaikan informasi, baik dalam hal menyampaikan materi di kelas, organisasi, ataupun rapat bisnis. Presentasi memiliki beberapa manfaat yakni menjelaskan inti sebuah pembahasan, sebagai alat pendukung dalam proses pembelajaran dan lebih menarik perhatian dan kefokusan terhadap inti pembahasan. Sehingga dapat dikatakan presentasi hadir menjadi sesuatu yang bisa mempermudah hal-hal yang disampaikan jika dikemas menjadi lebih efektif.

Tak jarang, presentasi dalam menjalankan perkuliahan memiliki peranan penting dalam menyampaikan materi, baik oleh dosen ataupun oleh mahasiswa pada saat dilaksanakan diskusi. Maka dari itu, kemampuan dalam membuat presentasi sangat penting dimiliki oleh mahasiswa dalam menunjang penyampaian materi dalam aktivitas perkuliahan.

Oleh karena itu, untuk membuat presentasi yang mudah dipahami oleh audiens, berikut 5 tips yang dapat kalian baca untuk membuat sebuah presentasi yang efektif.

1. Meminimalkan Jumlah Slide

Informasi yang lengkap dalam sebuah presentasi tidak selalu ditentukan oleh banyaknya jumlah slide yang dibuat. Slide yang terlalu banyak mungkin saja akan membuat audiens merasa bosan atas informasi yang di sampaikan. Maka dari itu, untuk menjaga informasi yang disampaikan tidak teralih, salah satu hal yang perlu dilakukan adalah meminimalkan jumlah slide. Penyampaian materi yang ada dalam presentasi menjadi faktor yang sangat penting dan slide presentasi menjadi pendukung atas informasi yang disampaikan.

2. Memilih Jenis Font Yang Mudah Dibaca

Hindari memilih jenis font yang sulit dibaca. Pemilihan font dalam membuat presentasi sangat penting dalam tersampaikannya informasi kepada audiens. Pertimbangan atau parameter yang dapat digunakan dalam pemilihan font antara  lain adalah semua audiens harus mendapatkan informasi yang jelas dan mudah dipahami. Maka dari itu, hindari memilih font yang rapat, menyempit, dan yang sulit dibaca dari jarak jauh.

Dalam hal pemilihan jenis font, tentu juga sangat berhubungan dengan penentuan ukuran font. Penentuan ukuran font dapat di ukur melalui layar komputer yang digunakan dalam pembuatan. Jika sudah tampat mudah untuk dibaca melalui layar komputer yang digunakan untuk membuat, maka font tersebut sudah terbilang mudah terbaca.

3. Menjadikan Teks dalam Slide Tetap Sederhana

Ada dua opsi penulisan dalam pembuatan slide presentasi yakni baik berbentuk poin ataupun berbentuk kalimat singkat. Gunakan poin atau kalimat singkat untuk menyampaikan informasi. Poin atau kalimat singkat tersebut harus berisikan garis basar dari informasi yang ingin disampaikan. Hal ini penting untuk dilakukan karena mengingat apabila kalimat di dalam presentasi sangat panjang, maka akan membuat audiens merasa bingung bahkan bosan atas apa yang disampaikan.

Selain itu, dalam pembuatan presentasi juga bisa ditambahkan sebuah grafik, label, ataupun bagan yang didukung dengan penyampaian yang diberikan. Sehingga informasi yang disampaikan dapat singkat, padat dan jelas.

4. Template Slide Presentasi Harus Tetap Jelas dan Konsisten

Template slide presentasi harus tetap halus dan konsisten. Hal ini sangat penting untuk diperhatikan demi menjaga kenyamanan audiens pada saat menyampaikan informasi. Hindari menggunakan Template yang mencolok atau sangat tidak memiliki hubungan dengan presentasi yang disampaikan. Juga perlu diperhatikan adalah kontras antara template dan font harus diperhatikan. Sesuaikan antara template dan font, apabila template memiliki warna yang terang, maka font harus menggunakan warna yang gelap dan begitupun sebaliknya. Jika hal ini tidak diperhatikan, maka akan membuat presentasi yang disampaikan menjadi kabur dari sudut pandang audiens.

5. Periksa Ejaan dan Tata Bahasa

Ejaan dan tata bahasa yang baik akan menambah nilai dari presentasi yang dibuat. Ejaan dan tata bahasa yang digunakan akan membantu dalam hal mendapatkan hormat dari audiens. Maka hal-hal yang perlu diperhatikan adalah selalu memastikan dalam setiap slidenya.

Nah, setelah membaca beberapa tips untuk membuat presentasi menjadi efektif diatas, selanjutnya dapat kalian praktekkan dalam membuat presentasi. Baik dikelas pada saat perkuliahan berlangsung ataupun kegiatan-kegiatan yang membutuhkan presentasi.

Baca Juga : Ini dia website yang menyediakan template PPT yang menarik!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Dandy Rustam

Sharing is a good thing.