Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

SUKSES KKN. KENAPA TIDAK!

Kuliah Kerja Nyata atau KKN

Adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa. Dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu, sebelum diberangkatkan ke tempat tujuan KKN oleh kampus, kalian akan diberi bekal ilmu terlebih dahulu.

Setiap anggota kelompok KKN, biasanya berasal dari fakultas yang berbeda. Dan saat pembekalan KKN, barulah kalian dipertemukan untuk pertama kalinya. Kecuali kalian memang berteman sebelumnya.

Tak sedikit mahasiswa yang tidak merasa puas dengan KKN yang dilakukannya. Biasanya mahasiswa kupu-kupu yang sering merasa seperti ini.

Yuk, simak tips sukses ber-KKN !

112-700x350

1. IKUTI PEMBEKALAN KKN
Tentu pembekalan jadi hal pertama yang wajib kalian perhatiman, karena disitulah kalian akan mendapatkan gambaran tentang desa yang di tempati. Biasanya akan diberikan juga pengetahuan tentang budaya, adat istiadat serta kebiasaan warga tempat desa yang akan kamu tempati untuk KKN.

2. LAKUKAN SURVEY DI DESA YANG AKAN KALIAN TEMPATI
Survey berfungsi agar kalian dapat mengetahui bagaimana keadaan desanya dan kebiasaan masyarakat didesa itu. Cari masalah apa saja yang ada di desa tersebut dengan cara lebih mendekatkan diri kalian pada kepala desanya dan bertanya secara sopan agar beliau mau bercerita ada apa aja di desa ini.

3. RAMAH DAN WAJIB SOSIALISASI
Perbanyaklah bersosialisasi dengan masyarakat sekitar. daripada memikirkan program kerja atau bahkan nilai di akhir. Minggu pertama maksimalkan untuk keliling kampung mulai dari kepala dusun dan pemuda sekitar untuk saling kenal. Kendala bahasa jangan jadikan alasan untuk tidak ber interaksi.Berbuatlah sekecil apapun yang kamu bisa. Senyum salam sapa yang sangat penting!

4. PERTIMBANGAN PENDANAAN
Semua program KKN kalian baik besar atau kecil tetap membutuhkan yang namanya uang. Betul tidak? Untuk menyukseskan program pengabdian masyarakat, kalian bisa membuat proposal. Penawaran dalam proposal pendanaan yang dibuat harus mempertimbangkan manfaat yang mungkin didapatkan oleh seluruh pihak.

5. BAGI PERAN DAN TUGAS DENGAN SESAMA ANGGOTA
KKN merupakan program bersama. Agar selaras, kalian harus berbagi peran dengan teman anggota KKN yang lain. Bagi peran sesuai dengan bidang keilmuan teman KKN kamu. Selain itu, kekompakan dan kerjasama tim juga diperlukan agar program yang sudah direncanakan dapat berjalan maksimal.

Semoga sukses KKN nya ๐Ÿ™‚

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Ainunnisa Dhika Fajri

Born to shine!