Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Tipe-Tipe Mahasiswa Dikampus yang Perlu Kamu Ketahui!

Ditulis Oleh Riswandy

Ketika mendengar kata mahasiswa pasti yang terlintas dipikiran kita adalah seseorang yang sedang menempuh pendidikan di perguruan tinggi dengan menekuni bidang-bidang tertentu, namun pernakah kalian mengamati tingkah, laku dan kegiatan sehari-hari yang dilakukan oleh teman anda sendiri atau mahasiswa pada umumnya yang ada dikampus, karena dari perilaku dan tingkah laku sehari-hari yang dilakukan  mahasiswa dikampus dapat mencerminkan kepribadian tipe mahasiswa tersebut, seperti ada mahasiswa yang sibuk dengan akademiknya, ada yang sibuk dengan organisasinya, dan yang juga yang sibuk manfaatin teman seperkuliahannya hehehe,  jangan seperti itu yah!

Dunia perkuliahan bukan hanya tentang kegiatan akademik, proses administasi dan tugas dari dosen saja, dunia perkuliahan punya banyak cerita baik suka maupun duka, tiap mahasiswa mungkin merasakan sensasi perkuliahan yang berbeda-berbeda tergantung lingkup pergaulan yang mareka jalani dan bagaimana kalian menikmati proses perjalanan dunia perkuliahan tersebut. Karena sejatinya mahasiswa mempunyai ciri khas dan karakternya masing-masing dan mempunyai momen dan ceritanya tersendiri.

 

Nah! Kebetulan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang berbagai macam Tipe-tipe mahasiswa yang ada dikampus yang perlu kamu ketahui!. Yuk! Disimak sampai habis dan cari tau kamu masuk kedalam tipe yang mana? Jangan-jangan kamu masuk tipe mahasiswa yang suka mamfaatin temannya! hehehe jangan yah!

Langsung saja kita bahas tipe-tipe mahasiswa yang ada di kampus, berikut ini :

  1. Mahasiswa Aktivis

Mahasiswa aktivitis biasanya adalah sebutan bagi mahasiswa yang sangat sibuk dengan urusan organisasi atau lembaga fakultas maupun kampus biasanya mahasiswa aktivis sangat jarang hanya memilki satu lembaga atau organisasi saja, biasanya dua atau lebih lembaga yang ia ikuti, menjadi mahasiswa aktivis sangat baik, dan boleh tapi yang paling penting jangan lupain kuliahnya sebagai prioritas utama kalian. Nah! kalian masuk tipe ini atau tidak ? atau teman kalian ada yang seperti ini? Lebih sibuk organisasi daripada kuliah hehehe.

  1. Mahasiswa Agamis

Biasanya mahasiswa yang di cap sebagai mahasiswa agamis adalah, mahasiswa yang masuk sebagai pengurus mushallah/mesjid kampus, biasanya juga disebut Mahasiswa pecinta mushallah atau lembaga keagamaan lainnya, seperti lembaga dakwah dan lain-lain yang ada dikampus, namun semua hal tersebut tidak bisa kita generalkan bahwa mahasiwa yang masuk pengurus mushallah atau mesjid kampus adalah mahasiswa yang agamis. Biasanya mahasiswa agamis yang ada dikampus selalu menyediakan waktu untuk shalat dhuha di mushallah maupun dimesjid dan  saat waktu shalat tiba mereka langsung menuju ke mesjid atau mushallah kampus untuk menjlankan kewajibannya shalat lima waktu, nah tipe seperti yang wajib kalian temukan dan kalian diwilayah lingkaran pertaman kalian, karena mahasiswa tipe seperti akan mengantarkan kalian lebih dekat kepada sang pencipta bukan hanya persoalan dunia semata saja.

  1. Mahasiswa Perfeksionis

Mahasiswa perfeksionis atau biasa dibilang mahasiswa pengejar IPK atau biasa juga disebut sebagai mahasiswa ambis. Mungkin tipe yang satu ini banyak kita temukan di dalam kampus terutama banyak di kalangan mahasiswa baru atau maba, yahh, masih terlalu ambis untuk mendapatkan nilai tinggi beda dengan mahasiswa semester atas atau mahasiswa tingkat akhir, yang penting lulus dan tidak ngulang yah, sudah syukur, nah kalian tipe yang mana nih, apakah termasuk mahasiswa yang ambis pokoknya harus dapat ipk tinggi atau yang penting lulus aja, yang sudah alhamdulillah.

  1. Mahasiswa Apatis

Mungkin tipe mahasiswa yang satu ini cukup banyak kita temui di dalam kampus karena hampir disetiap angkatan pasti ada, tipe mahasiswa seperti ini adalah tipe mahasiswa yang hanya memperdulikan dirinya sendiri, tanpa memperdulikan orang lain yang ada disekirarnya maupun isu-isu sosial yang berkembang di masyarakat atau biasa dikatakan kurang peka terhadap isu sosial. Prinsip mahasiswa apatis adalah yang penting datang ke kampus buat kuliah, jika perkuliahan selesai diapun langsung pulang atau memilih main, intinya mahasiswa apatis tidak meperdulikan keadaan kampus dan isu-isu sosial yang ada. Jangan jadi mahasiswa seperti ini yah!. karena sejatinya mahasiswa adalah harus berguna bagi masyarakat sekitar dan peka terhadap isu sosial yang ada.

  1. Mahasiswa Hedonis

Di era yang serba canggih, serba maju dan serba digital saat ini, perilaku hedonis juga sangat meningkat mengikuti perkembnangan zaman yang ada, termasuk mahasiswa, sikap hedonis dan komsumtif ini umumnya terjadi dikalangan atas atau kalangan yang mampu, tapi tidak semuanya seperti itu. Kegiatan mahasiswa hedonis setiap harinya hanya memikirkan bagaimana untuk tampil Up to date dan stylish supaya mengikuti tren yang ada, katanya supaya tidak ketinggalan zaman, ketika jam kuliah selesai waktunya untuk dihabiskan untuk bersenang-senang pergi Mall, nonton atau ke salon intinya segala kebutuhannya harus terpenuhi untuk terlihat kece.

  1. Datang Ketika ada Maunya.

Mungkin mahasiswa tipe ini juga banyak kita temui dilingkaran pertemanan mahasiswa, atau dilingkaran pertemanan kita sendiri pasti ada teman yang memilki sifat serti ini, hanya datang ketika ada maunya. Biasanya tipe mahasiswa seperti ini hanya suka memafaatin temannya, entah itu ingin maamfaatin kepintaran temannya, atau bahkan mamfaatin finasial temannya, dan kebanyakan juga tipe mahasiswa seperti ini engan mau untuk membantu temannya yang lagi kesusahan ketika dimintai bantuan pasti ada saja alasannya, gilaran dia yang butuh pasti melakukan berbagai cara agar di bantu, nah, mahasiswa tipe yang seperti ini yang harus kalian waspadai ketika berada dilingkaran pertemanan, karena mahasiswa seperti ini hanya akan membawa dampak negetif pada diri kalian. apakah ada teman teman kalian yang seperti tipe ini ? atau jangan-jangan kalian sendiri yang seperti ini ?

Nah, itulah beberapa tipe-tipe mahasiswa yang ada dikampus yang perlu kalian ketahui, untuk kalian jadikan pelajaran dan selektif dalam memilih pertemanan karena siapa yang kalian temani bergaul akan mencerminkan keperibadian kalian, berteman boleh tapi pintar-pintar dalam memili lingkaran pertemenan, apakah lingkaran pertemen kalian membawa dampak positif atau hanya membawa dampak negatif pada diri kalian sendiri dan jangan sampai kalian mendapat teman dalam lingkaran pertemenan seperti di poin 6 yah, hanya datang ketika ada maunya, jangan begitu yah.

Baca juga: Yuk, Kenali Pentingnya Berorganisasi

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Riswandy

Riswandy Mahasiswa Fakultas Hukum Universitas Tadulako Angkatan 2018 Alumni SMAN 9 Pinrang Sulawesi Selatan.