Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Saatnya Belajar Bahasa Inggris Secara Otodidak Dengan 3 Media Ini!

Ditulis Oleh Dandy Rustam

Belajar bahasa inggris sangat berpengaruh  dalam Perkembangan ilmu pengetahun dan informasi hingga saat ini masih sulit dibendung dan akan terus berkembang pesat. Era globalisasi dan informasi ini membuat bangsa Indonesia harus mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain, hal ini tentu saja berhubungan dengan peningkatan sumber daya manusia itu sendiri.

Pelan-pelan tapi pasti, masyarakat dari berbagai belahan bangsa mulai mempersiapkan diri untuk bersaing dalam segi kemampuan dan keahlian agar mampu mendominasi lapangan pekerjaan atau bidang-bidang usaha lain yang ingin ditekuni. Sehingga kemampuan dari setiap individu bangsa Indonesia juga harus didorong agar mampu besaing dengan individu-individu dari bangsa lain.

Sebenarnya tenaga kerja ahli asal Indonesia cukup unggul dan mampu bersaing. Namun kendala yang banyak sekali dijumpai adalah dari segi bahasa dalam hal ini bahasa inggris. Bahasa Inggris sangat penting untuk dipelajari mengingat bahasa ini merupakan bahasa yang dipergunakan untuk berkomunikasi secara internasional. Bahkan tak jarang saat ini, banyak sekali perusahaan dari dalam maupun luar negeri yang merekrut karyawan dengan kualifikasi penguasaan bahasa inggris. Bukan hanya pada aspek dunia kerja, tapi bahasa inggris juga mempengaruhi seluruh aspek kehidupan. Sehingga bahasa inggris penting untuk dipelajari hingga dikuasai dan dijadikan sebagai bahasa kedua dalam kehidupan sehari-hari.

Keterbatasan waktu dan juga tidak adanya tempat untuk belajar adalah kendala yang sering didengar dari mulut setiap orang yang ingin belajar bahasa inggris. Kendala tersebut biasanya dipengaruhi oleh banyaknya kesibukan lain dikerjakan. Sehingga tidak punya cukup banyak waktu untuk memulai belajar bahasa inggris. Di era sekarang ini. kita dituntut untuk lebih kreatif lagi dalam memanfaatkan waktu dan fasilitas yang ada. Ditambah lagi banyaknya media di dunia maya yang dapat membantu kita dalam mempelajari hal-hal yang ingin kita pelajari, membuat kita dapat belajar dengan lebih mudah.

Maka dari itu, dalam artikel ini saya akan membagikan 3 media yang bisa dimanfaatkan dalam belajar bahasa inggris agar jauh lebih kekinian dan pembelajarannya jauh lebih menarik. Serta yang tidak kalah penting untuk memanfaatkan media ini untuk belajar adalah gratis dan fleksibel.

1. Youtube

Media yang pertama ini adalah sebuah situs web untuk berbagi video. Saat ini banyak dimanfaatkan oleh semua jenjang umur untuk menonton video yang diinginkan. Youtube sangat dekat dengan smartphone yang dimiliki setiap orang saat ini. Bahkan aplikasi ini telah ada sejak pertama kali smartphone tersebut dibeli. Nah, di youtube sendiri kalian bisa menjumpai berbagai macam jenis video dari berbagai gendre untuk ditonton. Salah satu genrenya adalah gendre edukasi seperti pembelajaran bahasa inggris. Banyak sekali channel youtube yang menyediakan pembejalaran bahasa inggris. Kalian tinggal memilih channel mana yang cocok untuk diri kalian, agar mudah dalam memahami materi yang disampaikan. Beberapa contoh channel youtube yang bisa anda kunjungi seperti English Class 101, BBC Learning English, VOA Learning English, dan Kampung Inggris LC-Language Center. Serta masih banyak lagi channel youtube yang bisa anda kunjungi untuk belajar secara gratis.

2. Podcast

Podcast adalah berkas digital berupa audio yang dapat didengarkan di beberapa platform yang menyediakan layanan podcast tersebut. Podcast adalah layanan audio non-streaming, sehingga sangat berbeda dengan radio. Baru-Baru ini podcast muncul menjadi media yang kembali digemari oleh orang-orang yang tertarik dengan layanan tersebut. Padahal podcast sudah ada sejak 2004 silam. Hinga saat ini, podacast banyak digunakan oleh banyak orang untuk mendengar berita, ilmu pengetahuan dan sharing ilmu pengetahuan. Karena podcast bersifat dapat diulang melalui aplikasi yang digunakan. Bahkan di podcast itu sendiri, kalian bisa belajar bahasa inggris melalui beberapa nama-nama podcast yang ada di dalam aplikasi Spotify. Kalian bisa melatih kemampuan listening kalian di podcast in karena layanan yang berbentuk audio. Beberapa podcast yang bisa kalian gunakan untuk belajar bahasa inggris seperti The English We Speak, Elementary Podcast by the British Council, Better at English. Serta masi dan beberapa nama podcast lainnya.

3. Games

Siapa sih yang hingga saat ini belum mengenal games? Pastinya sudah tahu semua kan apa itu game. Games adalah permainan yang terstruktur, biasanya dilakukan untuk hiburan atau kesenangan dan juga kadang-kadang digunakan sebagai alat pendidikan. Nah salah satu fungsi alat pendidikan dari games tersebut adalah dapat menjadi alat dalam belajar bahasa inggris bagi yang menjalankan suatu games. Emangnya bisa belajar dari game? Yah bisalah, belajar itu bisa belajar dari mana saja, tergantung dengan cara apa kalian mudah untuk memahami apa yang kalian pelajari. Belajar bahasa inggris melalui game dapat memberikan kalian keuntungan berupa kemampuan dalam membaca dan juga dapat membantu kalian dalam melatih skill listening bahasa inggris teman-teman sendiri. Beberapa games yang dapat menjadi sarana belajar bahasa inggris seperti Simon Says,Word Match, Miming, Dota 2, Mobile Legend,Free Fire,  PUBG. Serta masih banyak lagi games yang bisa kalian unduh untuk belajar bahasa inggris.

Baca Juga : Ini Dia, Beasiswa Luar Negeri Yang Tidak Mewajibkan TOEFL, Yuk Dikepoin!

Nah, itulah tadi 3 media yang dapat digunakan untuk belajar bahasa inggris secara otodidak, bagi kalian yang suka belajar dengan cara yang lebih santai dan rileks, saatnya mencoba cara ini untuk mulai meningkatkan skill bahasa inggris kamu.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas untuk menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Dandy Rustam

Sharing is a good thing.