Pehatikan Bahasa Tubuh saat Sedang Wawancara, Dengan Melakukan 6 Hal ini!

Salah satu hal yang harus dilalui pada saat melamar kerja pada sebuah perusahaan adalah melakukan tahapan wawancara. Tahap ini adalah tahapan yang mendebarkan bagi para pelamar kerja. Banyak diantara orang-orang yang melamar kerja pada sebuah perusahaan tidak diterima pada tahap wawancara yang disebabkan oleh beberapa faktor. Salah satu faktornya adalah gugup pada saat menjawab pertanyaan yang dijejalkan oleh pewawancara. Tentu pada tahapan wawancara ini pihak perusahaan menilai tentang diri anda, dengan memperhatikan kesesuaian kualifikasi yang diinginkan. Salah satu hal yang sangat berpengaruh dalam menjawab pertanyaan yang diberikan oleh pihak perusahaan yang bisa ditunjukkan adalah dengan memperhatikan bahasa tubuh. Bahasa tubuh akan memberikan isyarat kepada pihak perushaan untuk menilai kepribadian anda, sehingga memiliki pengaruh yang besar pada saat tahapan wawancara.

Nah, dalam artikel ini, akan disampaikan 6 bahasa tubuh yang perlu ditunjukkan pada saat melakukan wawancara dalam melamar pekerjaan. Berikut penjelasannya.

1. Jangan Menunduk

Berusahalah untuk tidak memiringkan ke kanan atau ke kiri  atau bahkan menunduk pada saat wawancara berlangsung. Jika anda terus-terusan menundukkan kepala, itu memberikan isyarat kepada pihak pewawancara bahwa anda tidak percaya diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan tersebut. Posisi kepala anda sebaiknya berada dalam keadaan lurus dan sejajar dengan pandangan pewawancara. Namun jangan pernah dalam keadaan tegang, usahakan untuk selalu santai dalam menanggapi pertanyaan dari pihak pewawancara.

2. Senyum dan Ucapkan Terima Kasih

Senyuman yang anda berikan kepada pihak pewawancara dalam melamar pekerjaan akan mengirimkan sinyal pada otak anda untuk menguatkan dan meningkatkan perasaan senang dan bahagia. Jika anda ingin seorang pewawancara merasa relaks dan menikmati proses wawancara, anda sebisa mungkin untuk melemparkan senyum kepada pewawancara. Juga jangan lupa untuk mengucapkan terima kasih apabila pada saat setelah sesi wawncara. Ucapan terima kasih akan meninggalkan kesan yang baik pada proses yang telah dijalankan.

3. Jabat Tangan Dengan Tegas atau Namaskara

Pada saat pertama kali bertemu dengan pihak pewawancara pastinya hal yang dilakukan pertama kali adalah melakukan jabat tangan. Pastikan anda berjabat tangan dengan tegas. Dengan berjabat tangan saja pihak pewawancara akan menilai kepribadian dirimu. Setelah berjabat tangan, pastikan untuk duduk dengan kondisi tangan diatas paha tanpa diresahakan dengan keadaan kaku. Tidak perlu menggerakkan tangan yang tidak perlu, hal itu Cuma akan membuatmu terlihat gugup dan tidak nyaman dengan diri anda sendiri.

4. Tetap Jaga Kontak Mata

Tatapan mata perlu anda perhatikan pada saat melakukan wawancara pada saat melamar pekerjan, pewawancara bisa mengetahui kalau anda sebagai kandidat yang tepat untuk perusahaan hanya dengan tatapan mata yang anda tunjukkan di depannya. tidak perlu dengan mata yang melotot, cukup dengan tidak menghindari penglihatan dari pewawancara dan tidak terlihat kaku pada saat  menjawab pertanyaan yang diberikan.

5. Mengangguk Sambil Menyimak

Kamu diperbolehkan untuk mengangguk pada saat diwawancarai, mengangguk memberikan isyarat bahwa anda mengerti dengan hal yang disampaikan oleh pihak pewawancara. Tapi perlu diketahui, bahwa anda tidak perlu menunjukkan anggukan yang berlebihan, cukup dengan anggukan sewajarnya dengan memahami konteks pembicaraan pewawancara dengan sebaik mungkin.

6. Duduk Tegak dan Tenang

Duduk dengan posisi yang membuat anda merasa nyaman namun tetap dalam kondisi tengak dan tetap tenang untuk menjawab pertanyaan dari seorang pewawancara. Posisikan kaki anda dalam kondisi menyentuh lantai untuk menggambarkan rasa percaya diri anda. Juga anda boleh mencondongkan sedikit tubuh anda kea rah pewawancara untuk memberikan isyarat bahwa anda fokus dan antusias dengan proses wawancara tersebut.

Tentu dengan melakukan atau menunjukkan bahasa tubuh diatas akan memberikan anda referensi dalam menghadapi tahapan wawancara dalam melamar pekerjaan. 6 bahasa tubuh diatas perlu disertai dengan ketenangan yang ada dalam diri setiap orang yang akan menghadapi proses wawancara. Itulah tadi 6 bahasa tubuh yang perlu anda perhatikan pada saat melakukan tahap wawancara, semoga bermanfaat.

Baca Juga : Lelah Mencari Kerja dan Tak Kunjung Dapat? Berhenti Sejenak, Coba Lakukan 5 Hal ini!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.


Diterbitkan

dalam

,

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *