Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Lanjut Kuliah (Lagi) atau Kerja? Tentukan Dengan 4 Tips Ini!

Ditulis Oleh Dandy Rustam

Lulus dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau bahkan setelah lulusan sarjana  seseorang akan diperhadapkan dengan pilihan untuk menentukan nasib dalam menjalani kehidupan. Salah satu bentuk pilihan yang diperhadapkan seseorang setelah lulus SMA atau bahkan lulusan sarjana adalah terkait masalah karirnya kedepan. Masalah karir tersebut diperhadapkan dua pilihan yakni memilih melanjutkan kuliah atau langsung bekerja. Tak jarang seseorang merasa bingung dengan pilihan yang diperhadapkan ini. Sehingga tak jarang juga kita temukan orang-orang tidak bisa membuat keputusan dalam hidupnya terkait karirnya kedepan.

Maka dari itu, dalam artikel ini, akan kami sajikan 4 tips yang bisa dicoba untuk menentukan nasib karir kedepannya. Berikut tips tersebut.

1. Kenali Impian Utama

Mengenali tujuan utama yang ingin dicapai dalam hidup kalian akan sangat membantu dalam menentukan karir kalian kedepannya. Tanyakan pada diri kalian tentang hal ini, berikan waktu anda dan diri anda untuk berkomunikasi mengenai impian kalian. Dengan hal tersebut, kalian dapat dengan lebih mudah mengenali impian diri kalian dalam menjalankan kehidupan.

2. Minta Pendapat Orang Terdekat

Selain diri sendiri, orang terdekat  dapat menjadi teman berkomunikasi untuk membahas hal-hal yang berkaitan dengan pilihan karir kalian kedepannya. Orang terdekat dapat berupa orangtua, sahabat, teman ataupun pacar kalian sekalipun jika punya. Jangan ragu untuk menceritakannya kepada orang terdekat kalian, barangkali kalian dapat menemukan saran dari pendapat mereka.

3. Kenali Lingkungan yang Ingin Dituju

Salah satu hal yang perlu anda perhatikan sebelum terjun di salah satu pilihan tujuan karir anda kedepannya adalah mengenali lingkungan yang ingin anda tujui kedepannya. Dengan mengenalinya terlebih dahulu, anda memiliki pandangan tentang kehidupan didalam lingkungan yang akan anda tempati melakukan berbagai aktivitas prioritas.

4. Perhatikan Kondisi Ekonomi

Hal terakhir dan yang paling penting untuk kalian perhatian dalam menentukan tujuan kalian adalah perhatikan kondisi ekonomi anda. Apabila anda merasa sangat ingin melanjutkan kuliah namun terkendala biaya, cobalah untuk menemukan beasiswa yang dapat membantu anda dalam menyelesaikan studi anda. Namun apabila anda merasa biaya untuk melanjutkan pendidikan tidak cukup dan keinginan anda untuk melanjutkan kuliah tidak besar, maka cobalah untuk mencari pekerjaan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari anda dan berbagi kepada orang-orang yang ada di sekeliling anda.

Semoga 4 tips ini dapat membantu anda dalam menentukan nasib anda kedepannya. Hal ini memang menjadi hal yang sangat penting dikarenakan  hal tersebut berhubungan dengan kehidupan anda kedepannya.

Baca Juga : Garuda Nusa Scholarship, Daftarkan dirimu pada program beasiswa ini!

AnakUntad.comadalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Dandy Rustam

Sharing is a good thing.