Annisa Salah Satu Perwakilan Indonesia Dalam Pertemuan (APMCDRR)

Annisa, Mahasiswa FKM angkatan 2021 menjadi salah satu perwakilan remaja dan anak muda Indonesia dalam Pertemuan Asia-Pasific Ministerial Conference on Disaster Risk Reduction (APMCDRR) di Brisbane, Australia (19/9/2022).

Annisa mendapat undangan khusus bersama 100 peserta delegasi pemerintah Indonesia yang berasal dari berbagai lembaga seperti BNPB, Bappenas, BRIN, BMKG, PMI, Save the Children, serta belasan kementrian/lembaga terkait.

Annisa sendiri merupakan local champion program Children and Youth Advisory Network (CYAN) dibawah naungan Yayasan Save the Children Indonesia.

Dalam forum yang dihadiri oleh puluhan negara Asia Pasific tersebut, Annisa berbicara mengenai pentingnya peran serta remaja dan anak muda dalam pengurangan risiko bencana terutama pada sektor pendidikan. Annisa menjelaskan mengenai Comprehensive School Safety Framework yang merupakan pedoman global untuk menciptakan lingkungan pendidikan yang aman dari bencana.

Lebih jauh Annisa menjelaskan mengenai tiga pilar sekolah aman bencana meliputi tersedianya sarana dan prasarana fasilitas sekolah yang aman, adanya manajemen bencana di sekolah, dan terselenggaranya pendidikan pencegahan dan pengurangan risiko bencana di sekolah.

Gadis cantik berusia 19 tahun asal kabupaten Sigi ini berharap seluruh lingkungan pendidikan baik itu di sekolah maupun perguruan tinggi dapat menerapkan framework global tersebut.

“Saya tidak ingin selesai sampai disini, sudah berbicara mengenai school safety di luar negeri tetapi tidak menginformasikan hal ini di daerah sendiri. Saya ingin terlibat, membuka ruang penguatan di komunitas lokal, mengajak anak dan remaja untuk ikut serta menciptakan lingkungan sekolah yang aman dari bencana.” Harapnya.

Saat ini Annisa telah bergabung dalam Forum Pengurangan Risiko Bencana Kota Palu, dan juga perwakilan mahasiswa dalam Satgas PPKS Universitas Tadulako. Dalam waktu dekat Annisa juga tengah mempersiapkan diri dalam Konfrensi Young 20 yang merupakan rangkaian dari agenda Presidensi G20 Indonesia yang akan berlangsung di Solo pada peringatan hari Sumpah Pemuda mendatang.

Ragam aktivitas dan prestasi Annisa ini sangat layak mendapat apresiasi dan menjadi inspirasi kawan-kawan mahasiswa Untad lainnya. Mari terus berkarya untuk bangsa dan almamater.


Diterbitkan

dalam

, ,

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *