Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Opini

Dampak Game Terhadap Perkembangan Anak

Ditulis Oleh Fahmitif_
Dalam globalisasi ini, kemajuan dalam sains dan teknologi telah menjamur. Mudah untuk mengakses berbagai hal dengan mengakses Internet, entah melalui ponsel atau laptop. Akses ke Internet juga tersedia dalam banyak kalangan. Jika pada mulanya akses Internet dapat diakses dan dipahami oleh orang dewasa, bahkan anak-anak kecil dan dewasa ini dapat mengakses Internet melalui ponsel.

Khususnya, yang terutama menjadi trending di kalangan anak-anak sekarang adalah bermain game di internet. Permainan daring adalah permainan yang dapat diakses oleh beberapa pemain yang daring Sebelum pertandingan, anak-anak cenderung bermain dengan teman-teman mereka berhadapan muka.

Dan permainan yang ia mainkan hanya permainan tradisional yang tidak hanya menghibur tetapi juga melatih kecerdasan otak anak. Games Online adalah aktivitas yang kita kenal. Dimana teknologi canggih, semakin banyak game Online bermunculan dan banyak orang yang berminat memainkannya. Dari orang dewasa sampai anak-anak, Game Online hampir sama dengan game pada umumnya. Tetapi perbedaannya adalah bahwa game Online biasanya harus menggunakan koneksi Internet. Selain itu, game online dapat dimainkan oleh beberapa orang di tempat-tempat yang berbeda yang terhubung dengan satu koneksi jaringan.

Hari ini, permainan Online itu ramai dengan anak-anak yang penasaran tentang segala sesuatu. Ketika anak membuat hak menggunakan permainan Online. Tetapi, sewaktu seorang anak kecanduan game Online, game itu secara otomatis berdampak buruk terhadap jadi daring, yang salah satunya adalah berkurangnya minat untuk belajar.

Dalam proses pembelajaran ini akan mempengaruhi minat belajar siswa. Jumlah waktu yang diluangkan untuk permainan daring akan mempengaruhi perilaku siswa termasuk kemalasan, bolos sekolah, dan sering keterlambatan dan juga akan mempengaruhi kesehatan dan kesejahteraan emosi mereka.

Sering kali, anak-anak yang kecanduan suatu kegiatan akan meninggalkan atau mengesampingkan kegiatan lain ,Dampak tersebut sangat sering dialami oleh Anak-anak, sering bermain game, termasuk dampak kesehatan fisik dan mental. Kebiasaan menghabiskan waktu pada permainan dapat menyebabkan kecanduan yang ditandai dengan kecemasan dan mudah kesal ketika tidak ada yang diizinkan untuk bermain, kesulitan berhenti dari permainan, tidak peduli tentang orang-orang di sekitar. Maka dari itu jagalah durasi waktu ketika main game kepada anak kecil, agar anak kecil tersebut tidak meninggalkan kegiatan lain selain main game.

Ketagihan game Online ini membuat seorang anak lupa kapan waktunya belajar dan kapan ia bisa bermain game Online, dikutip dari web “klikdokter” Batas anak bermain game yaitu dalam sehari? Sebenarnya tidak ada aturan khusus tentang hal ini. Namun, para pakar umum nya menyarankan agar anak-anak bermain selama tiga jam sehari. Namun para orang tua seharusnya menyediakan variasi atau alat yang biasa dimainkan oleh anak, contoh nya yaitu: bermain balok, bermain di halaman rumah seperti ayunan, perosotan, dan lain-lain.

Dampak kecanduan game daring adalah minat yang meningkat pada pembelajaran anak-anak dan konsekuensi-drop dalam pembelajaran. Hal ini dapat terjadi apabila anak-anak dibiarkan kecanduan game Online. Jadi, apa yang dapat dilakukan orang tua sebagai pengganti guru sewaktu belajar adalah melalui internet ialah bahwa orang tua perlu lebih memperhatikan si anak dan juga menuntut sikap yang tegas dari orang tua sewaktu sang anak memilih game di internet ketimbang belajar.

Manusia dan sains (teknologi dan komunikasi) memiliki hubungan yang sangat erat. Kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) telah berdampak besar pada kehidupan manusia. Internet adalah salah satu bentuk nyata kemajuan IPTEK dalam kehidupan manusia. Manusia dapat dengan mudah mengakses Internet untuk mendapatkan informasi. Berbagai aplikasi tersedia yang dapat diakses melalui Internet. Fenomena yang merajalela dalam kehidupan manusia dewasa ini sehubungan dengan pengembangan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan Teknologi) merupakan salah satu game daring.

Hal ini akrab juga saat kita mendengarkan game online. Game Online adalah game virtual Online yang di lalui jaringan Internet dan smartphone. Berbagai jenis game di internet digunakan oleh manusia.Game Online memiliki daya tarik khusus bagi para pemain game. Tampilan dan tantangan permainan membuat para penggemar game semakin tertarik untuk menggunakannya. Terutama dengan game online yang dapat dengan mudah digunakan di mana saja tanpa menggunakan perangkat berat dan sulit.

DAFTAR PUSTAKA

https://journal.stkipsingkawang.ac.id/index.php/JERR/article/download/2154/pdf
https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3614714/berapa-lama-idealnya-waktu-bermain-untuk-anak-dalam-sehari
https://hellosehat.com/mental/kecanduan/kecanduan-game-online/?amp=1
https://www.kompasiana.com/amp/asriani4215/5ff7f1098ede481801721472/dampak-game-online-terhadap-minat-belajar-siswa
https://jptam.org/index.php/jptam/article/download/1132/1014

Tentang Penulis

Fahmitif_

Haloo perkenalkan nama saya Fahmi latif,biasa dipanggil fahmi, hobi saya adalah bermain basket, saya adalah anak ke 2 dari 6 saudara, saya sekarang berkuliah tepat nya di UIN Syarif hidayatullah jakarta