Hadapi Pemilu 2024, DKIPS Sulteng Bekali Siswa Lewat Workshop Literasi Digital

Dampelas, anakUntaddotcom – Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (DKIPS) Provinsi Sulawesi Tengah, gelar Workshop Literasi Digital dengan mengusung tema “Cerdas Bermedia Sosial Bagi Pemilih Pemula Berbasis Gender Dalam Menghadapi Pemilu 2024” Bertempat di SMA Negeri 1 Dampelas. Kamis (6/04/2023).

Kegiatan ini merupakan kegiatan lanjutan yang telah digelar di 5 (lima) sekolah yang berada pada tingkat Provinsi dan Kabupaten/kota se-Sulawesi Tengah. Wokshop ini digelar dengan tujuan agar para siswa-siswi dapat membantu mengidentifikasi, melakukan klarifikasi serta menyebarkan klarifikasi tersebut agar hoks yang terjadi tidak tersebar luas.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Sekolah SMAN 1 Dampelas beserta guru dan staf, Pejabat DKIPS Sulteng, dan Siswa-siswi.

Dalam materi yang disampaikan oleh Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Publik DKIPS Sulteng, Hasim R selaku narasumber mengatakan, bahwa media digital dan internet telah membuka akses dari yang tadinya bersifat eksklusif dan membuat dunia maya menjadi lebih inklusif, misalnya berbagi informasi bermanfaat mengenai pemilu, iptek dan lain-lain.

Namun, tren penyebaran berita hoaks cenderung meningkat menjelang pemilu. Berdasarkan data hal yang dilakukan responden dalam mencegah penyebaran hoaks yaitu, mencari kebenaran informasi, menegur oknum penyebar berita hoaks dan melaporkan oknum penyebar berita hoaks.

Penyalahgunaan media sosial yang paling sering ditemui seperti upload video tidak senonoh, berbagi foto korban kecelakaan, mengumpat dengan kata kasar, berjudi, mem-bully, ingin eksis tetapi merusak alam, pencemaran nama baik dan penipuan.

Banyak yang melanggar rambu-rambu etika dalam bermedia sosial menjelang pemilu,” ujar Hasim


Pada kesempatan yang sama, Kepala SMA Negeri 1 Dampelas, Irham memberikan tanggapan, bahwa informasi pada workshop ini banyak memberikan pengetahuan kepada guru-guru maupun peserta didik sehingga banyak mengetahui dan dapat memilah berita hoaks ataupun yang benar.

Anak-anak peserta didik kita banyak yang tidak mengetahui literasi digital, dengan adanya wokshop literasi digital ini banyak memberikan informasi bagi kami para guru dan para siswa,” tutup Irham


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *