Industri Durian Lokal Parimo Milik Maria Tembus Pasar Internasional

PARIMO – Siapa yang menyangka salah satu pengumpul sekaligus mempunyai Industri Durian di Kabupaten Parigi Moutong telah go Internasional.


Sang pemilik dia adalah Niluh Maria Cipta Ninghati. Perempuan Cantik yang awalnya merintis usaha bibit Durian Okulasi kini berkembang ke usaha Industri Durian lokal berbagai variates dan ada pula Durian Montong.

Setiap dua Minggu, Maria mampu mengekspor Durian lokal Parigi Moutong ke China 20 ton dalam bentuk kemasan.

Lanjut Maria, selain Negara Tirai Bambu yang minta pasokan Durian, juga dalam Negeri seperti Medan, Jakarta, Manado dan lain sebagainya minta pasokan Durian lokal dari Parigi Moutong.

“Ekspor kita kemarin untuk luar Negeri baru China yang minta. Untuk dalam Negeri Medan, Jakarta, Manado dan daerah daerah lain juga minta pasokan Durian. Paling banyak permintaan Durian Lokal,”Katanya saat ditemui di tempat Industri olahan Durian Desa Masari Kecamatan Parigi Selatan, Jum’at (16/6/2023).

Lanjut Maria untuk pasokan Durian lokal ia mengumpulkan Durian dari berbagai Wilayah di Parigi Moutong dan paling banyak Durian dari Desa Sidole Kecamatan Ampibabo, dan untuk setiap harinya Durian lokal masuk ke ia sebanyak 7 ribu biji, dan ketika dijadikan kemasan, Maria mampu memgemas setiap harinya 1 ton dengan mempekerjakan banyak karyawan.

“Satu kilonya kami jual 60 ribu rupiah. Jika dikalikan 1 ton 1.000 kilo maka dapatnya 60 juta, kali 20 ton setiap dua minggu kami ekspor ke China maka dapatnya 1 Milyar 200 juta ruliah,” Ujarnya.


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *