5 Hal Yang Harus di Lakukan Oleh Calon Mahasiswa KKN


3.    Mempersiapkan Amunisi  Sebelum Turun KKN

Jendral sekalipun akan mempersiapkan amunisisnya sebelum turun membela Negara ini. apalagi kalian yang apa atuh. sebelum bertempur selama satu bulan kalian juga harus mempersipakan amunisi. Agar selama turun di lapangan kalian ga akan terbagi fokus antara program kerja dan kebutuhan kalian yang tidak juga terpenihi sampai akhirnya program kerjapun ikut terganggu. Waktu satu bulan bukan waktu yang lama tapi bukan juga waktu yang sebentar apalagi bagi mahasiswa perantau yang ibaratnya hanya masalah pindah tempat saja, semuanya harus butuh perbekalan khususnya kebutuhan pribadi.

  • Terminal atau cok rol, hal ini wajib kamu bawa meskipun kalian akan tinggal di rumah tidak akan menutup kemungkinan kalian akan kekurangan, mengingat akan banyak orang yang membutuhkan aliran listrik (printer, cas Hp, setrika, speaker, leptop dll).
  • Setrika, jangan karena kalian turun di desa terus kalian juga akan tampil urakan seperti anggapan kalian tentang orang-orang desa. jangan ya, usahakan kalian bisa tampil rapih ya. ingat rapih ga mesti glamour ya, karena hakikat manusia akan senang melihat yang indah dan rapih.
  • Hangir/Gantungan baju, hal ini penting ya, agar setelah di strika baju ga kusut lagi, dan gak akan banyak baju-baju yang di gantung sembarangan. atau karena dalam satu posko rata-rata ada 10 orang (KKN 75) resiko jemuran pakaian ful bisa saja terjadi, alternaifnya adalah dengan menggunakan hangir.
  • Jangan lupa kaos kaki dan jilbab pasang, khusus yang ini urgent untuk yang perempuan ya. waktu satu bulan bukan hal yang cukup menguntungkan untuk mahasiswa KKN pada umumnya. karena kalian akan lebih sibuk menyelesaikan program kerja dalam waktu singkat, akhirnya waktu pribadi jadi sedikir berkurang. nah silahkan bawa kaos kaki lebih agar kalian punya rentang waktu untuk mencucinya, begitupun jilbab pasang supaya kalian ga ribet pake jilbab segi empat ya.
  • Perlengkapan pribadi, nah yang ini paling penting, jangan lupa bawa perlengkapan pribadimu. kan ga mungkin kalian pinjam sana-sini sama teman lain. khusus untuk kalian yang perempun masalah kosmetik bawa seperlunya saja ya, karena kalau kalian bawa satu box penuh yakin dan percaya gak akan tergunakan semuanya.
  • Buku bacaan, meskipun kalian akan sibuk sekali dengan agenda KKN pastikan kalian gak ketinggalan rutinitas satu ini “Membaca”. Admin ga kebayang kalau harus pergi lama tanpa bawa buku bacaan, hal ini juga dapat mengatasi kejenuhan saat di lapangan ya, buku yang kalian bawa bisa seputar pengetahuan umum, novel, atau bahkan buku mata kuliah (asal jangan semua ya).
  • Alat Dokumentasi, hal ini sebgai penunjang laporanmu ya, bisa HP atau kamera. Tapi ingat KKN bukan ajang selfie keseruanmu ya, tapi benar-benar aktivitas pengabdianmu ya.
    Agar tidak terjadi keterlupaan tipsnya silahkan buat daftar list bawaan kemudian silahkan penihu satu-satu ya.

PREV        1  |  2  |  3  |  4  |  5  |        NEXT


Diterbitkan

dalam

oleh