Tips & Trick

Kamu Mahasiswa Tapi Masih Punya Rasa Minder ? Coba Terapkan Tips Jitu Ini!

Ditulis Oleh Ramadhan N.M Ashap

Perasaan minder atau malu adalah suatu keadaan dimana seseorang merasa tidak lebih baik daripada orang lain. Rasa ini tentu saja tidak baik untuk perkembangan mental. Seseorang yang mempunyai tingkat rasa minder yang tinggi akan sulit berkembang.

Perasaan minder merupakan hal yang sangat sering dihadapi oleh kalangan pelajar. Banyak diantara mereka yang hanya duduk diam, termangu, tanpa melakukan apa-apa karna merasa malu untuk mengekspos keterampilan dan kreatifitas mereka, mereka minder karna banyak orang yang bias melakukan lebih dari apa yang mereka bisa.

Nah, disini saya akan memberikan tips dan langkah-langkah untuk menghilangkan rasa minder tersebut. Cekidot

  1. Kuatkan Niat

Hal yang paling utama adalam melakukan sesuatu adalah niat, kalau kata Nabi Muhammad SAW “Innamal A’malu Binniat” artinya segala sesuatu tergantung dari niatnya. So..untuk menghilangkan rasa minder ini kita harus tanamkan dalam diri kita, dan berjanji kedepannya tidakakan lagi menjadi orang yang pemalu, serta melakukan segala hal untuk menghilangkan da nmengalahkan hal-hal yang akan membuat kita minder. Dan selanjutnya pegang janji itu erat-erat, ibarat balon yang tinggal empat dalam lagu balonku ada limaJ. Dan jangan lupa untuk berdo’a kepada Allah SWT agar dimudahkan prosesnyaJ.Tips tambahan, biar lebih semangat, niat ditulis dikertas terus tempel di dinding kamar.

  1. Berhenti untuk Bersikap Pesimis

Pesimis adalah sikap atau pandangan seseorang yang mudah putus asa. Banyak pemuda sekarang yang nggak mau dan takut dalam mengambil tindakan karna udah pesimis diluan. Contohnya saya sendiri, yang awalnya malu membuat tulisan kaya gini karena, malu nanti karya saya diketawain, nanti kata-katanya nggak bagus lagi, nanti tulisan saya nggak sebagus mereka, dan nanti..nanti..dan nanti sampai akhirnya kata nanti meruntuhkan niat awal kita.

Jadi, untuk bisa menjadi orang yang berani dan nggak minderan hal yang harus kita hilangkan terlebih dahulu adalah sikap yang seperti ini. Dan caranya itu kita harus optimis dan percaya dengan karya dan kemampuan kita sendiri, serta jangan membandingkan dengan apa yang dilakukan oleh orang lain. Just trust yourself okey!!!

  1. Membiasakan Diskusi

Bertanya, menjawab atau berargumen bias membantu menghilangkan rasa minder loh. Karna dengan melakukan hal-hal tersebut dapat melatih kita untuk menghapus sikap pesimis. Dengan berdiskusi, mental akan kuat dan meningkatkan retorika dalam berbicara. Selain itu, sekali mencoba berargumen, kita akan menjadi pusat perhatian, yang mana dapat menimbulkan kebanggan tersendiri (kayak artis gitu jadi pusat perhatian hehe). Tapi dengan catatan, jangan takut untuk salah dan takut ditertawakan, cukup lakukan saja. Kalaupun orang-orang menertawakan kita, abaikan saja. Katakan dalam hati,bahwa mereka tidak lebih baik dari saya.

Baca Juga :

 

  1. Mentoring

Mentoring yang dimaksud disini yakni mencari orang hebat (tapi bukan  dukun yah hehe), sehingga bias dijadikan tempat untuk bertukar pikiran serta meminta pendapat dan saran. Ia dapat menjadi penyemangat dan pengingat kita untuk membangkitkan keberanian dan menghilangkan rasa minder.

  1. Kekuatan Cinta

Nah ini nih cara yang paling ampuh untuk menghilangkan rasa minder. Siapa sih yang nggak tahu cinta! Kidz zaman now aja udah tahu apa itu cintaJ. Banyak orang mendefinisikan tentang cinta, cinta itu kebahagiaanlah, cinta itu anugerahlah, cinta itu candulah, cinta itu gila dan masih banyak lagi definisi tentangcinta. Tapi, cinta yang saya maksud disini adalah cinta yang bias memberikan keberanian, cinta yang bias membangkitkan semangat kita dari keterpurukan, seperti cinta kepada sang pencipta, orangtua, saudara dan sahabat, maupun kekasih.

Terus cara untuk memanfaatkan cinta itu, tips dari saya, biasanya ketika saya mulai minder dan malu untuk menampilkan kebolehan saya, saya biasanya mengingat orang yang tersayang sedang menyaksikan saya. Hal itu sangat membangkitkan semangat. Rasa minder dengan seketika menghilang.

Saya teringat dengan kata-kata seorang filsuf Cina, ia mengatakan

Sangat dicintai oleh seseorang membuatmu memiliki kekuatan, sementara sangat mencintai seseorang membuatmu memiliki keberanian”.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Ramadhan N.M Ashap