Berita Terkini

Kemenristekdikti Siapkan 45 Juta untuk Mahasiswa yang Ingin Kembangkan Desa

anakUntad.com – Dalam rangka menumbuhkan rasa peduli mahasiswa untuk berkontribusi kepada masyarakat desa, KemeristekDikti kembali menawarkan Program Hibah Bina Desa bagi para Mahasiswa yang tergabung dalam Lembaga Kemahasiswaan. Tawaran Program ini dirilis langsung oleh Pihak Kementerian melalui website resminya pada 21 Februari kemarin.

Melalui Program ini, Mahasiswa diharapkan mampu menumbuhkan rasa peduli dan berkontribusi kepada masyarakat di desa agar terbangun desa binaan yang aktif, mandiri, berwirausaha, dan sejahtera. Berbeda dengan Program Kreatifitas Mahasiswa, Program Hibah Bina Desa ini diperuntungkan bagi Mahasiswa yang tergabung aktif dalam Organisasi Kemahasiswaan, baik Unit Kegiatan Mahasiswa, Himpunan Mahasiswa, Maupun Lembaga Eksekutif atau Legislatif.

Untuk ikut dalam Program ini, Mahasiswa butuh membentuk kelompok minimal 10 orang dana dari 2 angkatan yang berbeda. Bagi kelompok Mahasiswa yang lolos,  Kemenristekdikti siap menyediakan dana maksimal 45 Juta per kelompok Mahasiswa.

Pada tahun 2015 sebelumnya, Mahasiswa Universitas Tadulako sendiri pernah meloloskan satu Proposal yang berhasil didanai. Mereka adalah anggota UKM Bengkel Seni Pitate Fakultas Pertanian dengan judul Proposal “Bersama Mahasiswa Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Melalui Kebun Energi untuk Mendukung Kedaulatan Energi”. Sayangnya, pada tahun 2017, Untad tidak berhasil meloloskan satupun Mahasiswa untuk mengikuti program ini hingga akhir.

Untuk Panduan Lebih Lengkapnya, silahkan download Pedoman Program Hibah Bina Desa disini.

Baca juga : ON-MIPA PT 2018 Segera Digelar, Simak Informasinya Disini