5 Rekomendasi Aplikasi Edukatif

Anak kecanduan Smartphone? Ini Dia 5 Rekomendasi Aplikasi Edukatif

5 Rekomendasi Aplikasi Edukatif

Perkembangan Telepon Canggih atau smartphone sekarang ini telah banyak menunjukkan kemajuan yang luar biasa. Kehadirannya telah memberikan dampak yang cukup besar terhadap kehidupan umat manusia dalam berbagai aspek dan dimensi.

Penggunanya pun bukan hanya dari kaum Dewasa, Namun anak dibawah umur juga makin piawai mengopersikan nya. Tak heran jika zaman sekarang, anak-anak semakin kecanduan menggunakan fitur aplikasi yang disediakan oleh Gadged tersebut.
Memberikan tablet atau smartphone untuk menghibur anak di waktu sibuk memang menjadi cara yang ampuh bagi sebagian orang tua. Tapi membiarkan mereka bermain tanpa pengawasan juga membahayakan kesehatan mata maupun perkembangan mental. Bisa saja mereka tak sengaja membuka konten yang tidak seharusnya dilihat.
Jadi tak ada salahnya jika orang tua mengatur settingan smartphone agar smartphone lebih bersahabat dengan anak. Salah satu caranya adalah dengan menonaktifkan aplikasi yang dinilai membahayakan. Selain itu orang tua harus memasang aplikasi yang bersifat edukasi. Berikut ini adalah beberapa contoh aplikasi gratis Google Play yang bermanfaat untuk anak.

Berikut 5 Rekomendasi Aplikasi Edukatif

1. Kids Music Instruments Sounds

Aplikasi yang satu ini bisa melatih anak untuk mengenal nada. Ada beragam alat musik yang ditawarkan. Si kecil bisa bermain dengan nada-nada yang mereka ciptakan. Seru bukan?

2. Kids Coloring Fun

Banyak aplikasi mewarnai yang ditawarkan oleh Google Play, tapi aplikasi ini benar-benar-benar lengkap untuk si kecil. Terdiri dari 220 halaman mewarnai yang disusun ke dalam sebelas tema menarik, beragam warna menarik plus navigasi yang mudah membuat si kecil nggak bakalan bosan dengan kegiatan mewarnainya. Ada glitter dan sticker-nya juga lho.

Baca Juga : Tik Tok Aplikasi goblok | Benarkah ??

3. Video Lagu Anak

Miskinnya lagu anak di televisi membuat anak-anak cenderung menghapalkan lirik lagu-lagu untuk orang dewasa. Padahal ada berbagai macam lagu anak yang menarik untuk mereka dengar. Nah, aplikasi ini akan menghapus kekhawatiran kamu tentang masalah itu. Ada banyak video lagu anak yang ditawarkan lengkap dengan lirik lagu agar mereka dapat bernyanyi dengan ceria.

4. Lagu Wajib Nasional

Ayo jujur, ada berapa banyak lagu wajib yang kamu hafalkan? Jika jawabannya nggak banyak, maka aplikasi ini juga wajib kamu instal. Jadi kamu pun bisa menemani si kecil saat menyanyikan lagu wajib nasional.

5. Lagu Daerah Nusantara

Bukan hanya lagu anak, Lagu-lagu dari seluruh penjuru nusantara pun menjadi sesuatu yang asik untuk dinyanyikan. Aplikasi ini menawarkan 70 lagu yang akan menambah kecintaan mereka pada Indonesia.

aplikasi yang direkomendasikan di atas hanya beberapa contoh saja, di google play store masih banyak lagi aplikasi yang mengandung unsur edukasi yang fiturnya lebih layak di gunakan anak dibawah umur, dibandingkan aplikasi unfaedah yang bisa saja meracuni generasi yang akan datang.

Kebiasaan anak untuk bermain dengan gadgetnya memang sulit dihilangkan. Namun kamu bisa mengubah kebiasaan main mereka ke arah yang lebih positif dengan aplikasi-aplikasi edukasi tadi.

Tapi ingat, batasi waktu penggunaan gadget untuk anak. Dan akan lebih baik lagi jika kita sebagai orang dewasa mengaktifkan filter sinar biru agar penglihatan mereka tidak terganggu.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *