Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Opini

Kisah Mahasiswa Inspiratif | Mahasiswa Hero Di Balik Jeruji Besi

Mahasiswa Hero Di Balik Jeruji Besi
Ditulis Oleh imanjihad17
Mahasiswa Hero Di Balik Jeruji Besi

Rekan-rekan sekalian tau nggak sih bahwasannya di kampus kita ini terdapat begitu banyak mahasiswa yang berprestasi dan menginspirasi namun jarang diketahui dan dipublikasikan, hal tersebut sering terjadi loh di sekitar kita, bukan karena kita tidak mengetahuinya atau kurangnya informasi, namun para mahasiswa yang menginspirasi tersebut sangat canggung untuk mempublikasikan diri mereka karena mereka ingin menjadi sosok pejuang yang tak di kenal namun jasa nya dapat berguna bagi bangsa dan negara.

Kali ini saya akan membahas tentang komunitas yang memfokuskan diri mereka untuk berguna bagi bangsa dan negara dengan cara mengajar, turut serta dalam perlindungan dan pendidikan anak marginal.

Komunitas yang berdiri sejak tahun 2017 namun telah aktif di tahun 2016 ini jarang di kenal publik apalagi dikalangan mahasiswa. Komunitas yang mandiri ini merekrut beberapa pahlawan muda (relawan) untuk bergabung kedalam komunitas tersebut untuk menjadi seorang pengajar muda yang menyalurkan ilmu dengan cara yang santai.

Gen AnT itulah nama organisasi yang disematkan kepada komunitas ini, Gen AnT atau singkatan dari Generasi Anak Teladan ini telah mampu mengubah pola pikir anak yang tadinya masih awam kini menjadi seorang yang berpendidikan. Gen AnT sendiri memiliki filosofi tersendiri di balik namanya yaitu Gen Semut (ANT dalam bahasa inggris). Sebagaimana yang kita ketahui bahwa sekawanan semut akan saling tolong menolong jika ada salah satu dari mereka sedang mengalami kesulitan dan akan saling membantu untuk mencapai tujuan bersama. Itulah filosofi yang di adobsi oleh Gen AnT sendiri.

Gen AnT untuk saat ini masih memfokuskan diri mereka untuk mengajar di Lembaga Pembinaan Khusus Anak Palu (LPKA) di jalan Dewi Sartika, kota Palu. Mereka mengajar secara sukarela tanpa mengharakan, meluangkan waktu untuk mengajar pendidikan kepada anak-anak di balik jeruji besi atau hotel prodeo. Walaupun mengajar di LPKA, para mahasiswa pahlawan ini tidak pernah merasakan adanya tekanan sewaktu mengajar walaupun mereka dikerumuni beberapa orang yang sedang terlibat masalah dengan hukum. Hal seperti itu tidak mengurangi semangat para pahlawan ini untuk terus meluncurkan serangan kebaikan kepada anak-anak di LPKA.

Untuk menjadi sukses bukan berarti harus terkenal namun sukses adalah ketika seseorang telah berhasil mensejaterahkan orang lain. Untuk menjadi pandai tidak harus bergelar sarjana yang tinggi tapi bagaimana kira menyalurkan ilmu kita walau hanya secercik pengetahuan. Keberhasilan tidak dapat di capai dengan seorang diri namun harus bersama dalam mencapai kesuksesan yang diinginkan. Itulah beberapa prinsip yang di pegang beberapa pahlawan muda kita yaitu mahasiswa Universitas Tadulako.

Mungkin cukup sekian fakta menarik dan tersembunyi yang saya beberkan kali ini. Tunggu fakta unik dan informasi maupun berita lainnya dari saya.

Baca Juga : Tadulako Menginspirasi “Dari Angan Menjadi Dorongan”

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

imanjihad17