Info Event

Tim ENJ UNTAD Terus Kumpulkan Donasi untuk Desa Sonit

tim enj untad
Ditulis Oleh dwikagungpramono

Tim ENJ UNTAD Kumpulkan Donasi untuk Desa Sonit

Palu, AnakUntad.com – Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) merupakan kegiatan besar yang menjadi langkah awal bagi Kementrian Kordinator bidang Kemaritiman untuk melakukan aksi nyata menuju poros maritim dunia. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan konektivitas di pulau-pulau terdepan, terpencil, dan wilayah perbatasan, melalui peningkatan akses terhadap kebutuhan bahan pokok, fasilitas kesehatan, fasilitas pendidikan, sarana dan prasarana, serta percepatan pembangunan di wilayah pulau-pulau dan perbatasan.

Tim ENJ UNTAD 2018 melaksanakan kegiatan ini di Pulau Masoni, Desa Sonit, Kecamatan Bokan Kepulauan, Kabupaten Banggai Laut, Sulawesi Tengah. Pulau ini berbatasan langsung dengan Provinsi Maluku Utara dengan akses perjalanan laut selama 7 jam dari Kota Banggai.

Pada sektor kesehatan terdapat satu unit Puskesmas pembantu (Pustu) dan satu orang tenaga medis yang melayani tiga desa. Pelayanan kesehatan ini tidak efektif mengingat petugas kesehatan harus membagi kerja setiap minggunya. Sehingga masyarakat Desa Sonit akan kesulitan bila petugas kesehatan sedang betugas di desa lain. Selain itu walaupun terdapat kartu askes, masyarakat tetap membayar biaya obat, ini dikarenakan petugas kesehatan membeli obat dengan biaya sendiri, dan saat ini tidak adanya bantuan obat dari kecamatan maupun kabupaten ke pustu tersebut. Sementara di sektor pendidikan, terdapat dua sekolah yakni, Sekolah Dasar Negeri Sonit dan SLTP dibawa yayasan Karya Sama Membangun (KSM). Siswa di SLTP berjumlah 27 orang dengan 5 tenaga pengajar. Kegiatan belajar mengajar tidak berjalan normal dikarenakan guru berada di Banggai sementara sarana trasportasi dari Sonit ke Banggai hanya dilakukan seminggu sekali.

Hal inilah yang membuat Tim ENJ UNTAD 2018 melaksanakan kegiatan ini di Pulau Masoni, Desa Sonit. Sampai saat ini Tim ENJ UNTAD 2018 terus menggalang donasi yang ditargetkan sebesar 94 juta rupiah. Bentuk donasi berupa 300 paket pendidikan, 100 paket buku bacaan edukatif, 100 paket sembako, alat peraga dan donasi uang yang nantinya digunakan untuk memenuhi masyarakat Desa Sonit. Selain itu bentuk donasi dapat berupa pakaian, kertas bekas dan buku bacaan yang akan di peruntukkan untuk masyarakat dan siswa/siswi di Desa Sonit.

Bagi kamu yang ingin memberikan bantuan dapat melalui jalur donasi berikut:

Transfer rekening BNI :
0526043118 (Rifky Dirgantara)
Konfirmasi (Nama_Jumlah Donasi_Alamat) kirim ke 0853 4216 1262 (Rifky Dirgantara)/0823 9483 9036 (Mahindra Widyanata)

Donasi yang kamu berikan siap dijemput oleh Tim ENJ UNTAD 2018, 0822 7109 7113 (Dhei)/0815 2375 9687 (Rachel)

Baca Juga :

Grand Launching Ekspedisi Tapal Batas Pulau Sebatik

Ekpedisi Nusantara Jaya Sulteng 2017 Telah Usai Ini Cerita Mereka!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

 

Tentang Penulis

dwikagungpramono

Pekerja sesuai naluri hati~