Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Cari Lowongan Kerja? Ini Dia Aplikasi yang Cocok Buat Kamu!

Ditulis Oleh Anggita Rezkia

Buat kamu yang ingin bekerja, berikut aplikasi pencari kerja yang tepat buat kamu, aplikasi ini menarik karena akan disedikan pekerjaan diluar kota sangat cocok buat anak untad yang baru Wisuda, berikut deskripsi aplikasinya.

  • Jojoba merupakan platform pencarian kerja yang fokus menghubungkan calon pekerja dari kalangan kerah biru dengan perusahaan.
  • Fitur Rank & Match merupakan algoritme penyaringan di Jojoba yang mampu membuat daftar peringkat pelamar paling cocok berdasarkan lowongan pekerjaan yang dipublikasikan perusahaan.
  • Tahun ini, Jojoba bakal meluncurkan tiga fitur baru, antara lain E-Learning, Psikometrik Test, dan Video Interview.

Memiliki pengalaman tinggal di beberapa negara seperti Jerman, Amerika Serikat, Hong Kong, dan Singapura, Andreas Setiadi melihat sistem on demand job matching cukup sukses di negara-negara tersebut. Ia pun terpikir untuk menerapkan sistem serupa di tanah air. Ia pun  mendirikan platform on demand job matching bernama Jojoba pada Juni 2017.

Seiring berjalannya waktu, Andreas Setiadi merupakan Founder dari aplikasi joJOBa melihat adanya masalah: sumber daya manusia di Indonesia tidak memenuhi standar kualitas industri. Karena itu, ia mengubah sistem on demand job matching menjadi pencocokan tenaga kerja berkualitas dengan menawarkan fitur Rank & Match kepada perusahaan yang menjadi klien mereka.

Fitur Rank & Match merupakan algoritme penyaringan yang mampu membuat daftar peringkat pelamar paling cocok berdasarkan lowongan pekerjaan yang dipublikasikan perusahaan.

Kami tidak hanya menjadi platform yang mempertemukan atau memberikan data saja. Tetapi juga melatih dan menyaring calon pelamar untuk mendapatkan kualitas yang baik. Kami juga melakukan research langsung untuk mengetahui permasalahan sebenarnya yang dialami pelamar dan industri.

Baca Juga : Satu Lagi Aplikasi Karya Anak Untad, CARRY

Jojoba sendiri masih fokus menghubungkan calon pekerja dari kalangan kerah biru dengan perusahaan. Pasar pencarian kerja untuk kalangan kerah biru, kata Andreas, belum dibantu secara penuh dan memiliki potensi besar bagi Indonesia.

“Selain itu, saya juga bisa memberikan social impact yang besar terhadap Indonesia dengan membantu kalangan ini. Di Jojoba, kami benar-benar mencoba membantu untuk mengetahui lebih mendalam permasalahan kalangan kerah biru. Hanya dengan hal itu kami yakin bisa memberikan impact besar dan membantu meningkatkan kesejahteraan mereka,” paparnya.

Siap Hadirkan Tiga Fitur Baru

Jojoba bukan satu-satunya platform yang mempertemukan pekerja dari kalangan kerah biru dengan perusahaan. Saat ini ada beberapa platform yang menawarkan layanan serupa seperti Rob’s Jobs, YesJob, hingga Gawean.

Mengingat mereka bukan pemain tunggal dalam industri ini, Jojoba terus mengembangkan fitur Rank & Match untuk memenuhi kebutuhan pasar dan bersiap meluncurkan tiga fitur baru sepanjang tahun 2018. Tiga fitur tersebut yakni:

  • E-Learning: pelamar bisa mendapatkan soft skill, hard skill, dan training khusus dari perusahaan. Andreas menuturkan fitur ini akan dihadirkan pada kuartal ketiga 2018.
  • Psikometrik Test: pelamar bisa mengetahui kemampuan, bakat, dan sifat pelamar sehingga membantu mengarahkannya bekerja sesuai dengan kemampuan dan bakatnya. Sama seperti E-Learning, fitur ini juga akan diluncurkan pada kuartal ketiga 2018.
  • Video Interview: perusahaan bisa membuat daftar pertanyaan yang akan diajukan kepada pelamar. Nantinya, pelamar akan diminta mengunggah jawaban yang sudah dibuat dalam bentuk video melalui aplikasi.

“Saat ini kami memiliki jumlah pengguna sekitar enam ribu lebih. Sedangkan jumlah perusahaan sekitar lima ratus lebih,” kata Andreas.

Sudah Lakukan Monetisasi

Hingga kini, Jojoba sudah melakukan monetisasi melalui beberapa cara. Pertama, Jojoba memperoleh pendapatan yakni melalui iklan lowongan kerja dari perusahaan yang menjadi klien mereka. Cara kedua, Jojoba juga menerapkan biaya bagi perusahaan yang ingin mendapatkan kontak dari tiap pelamar secara detail.

“Selain itu kami juga memberikan small charge kepada pelamar untuk mendapatkan CV fisik, hasil psikometrik, dan beberapa pembelajaran online,” ujarnya.

Dapatkan aplikasinya di Play Store anda dengan kata kunci “joJOBa”.

Sumber: Septa Mellina

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Anggita Rezkia