Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini

Gerakan Mahasiswa FISIP (GMF) Gelar Aksi Hari Tani Nasional

Ditulis Oleh Anggita Rezkia

Gerakan mahasiswa FISIP (GMF) gelar Aksi Hari Tani Nasional sebagai aksi peduli terhadap Petani Indonesia terutama kota palu yang mana masih mengalami banyak kendala dalam bertani antara lain, kurangnya lahan untuk bertani, kurangnya permodalan bagi petani pemula, kelangkaan saprodi (sarana produksi) saat musim tanam sehingga kurangnya produksi yang dihasilkan selain itu masuknya barang impor saat panen raya sehingga jadi kendala utama bagi pasar pertanian Indonesia.

Aksi Mahasiswa FISIP

Yang terlibat dari aksi tersebut adalah seluruh mahasiswa FISIP antara lain 5 himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) dan 7 unit kegiatan mahasiswa (UKM) FISIP. lokasi aksi tersebut bertepatan di Anjungan Nusantara Palu pada hari ini tanggal 24 September pukul 17:00 hingga selesai. Tema dari aksi tersebut adalah “Petani Tulang Punggung Negara” yang artinya sektor pertanian sebagai penggerak perekonomian bagi Negara maupun dunia, jika suatu saat nanti sektor pertanian berjalan dengan baik dan benar maka rantai kemiskinan di Negara akan terputus, tidak ada lagi kemiskinan tidak akan ada rakyat yang kelaparan. Ketahuilah, Indonesia mempunyai sumber daya pertanian yang sangat besar namun masih banyak kendala dalam mengembangkannya.

Aksi ini sudah dilakukan selama 2 tahun berjalan, pada tahun kemarin (2017) dilakukan oleh tim solidaritas tanpa batas FISIP. Aksi ini sebagai gerakan mahasiswa untuk membangkitkan semangat para petani dan menghargai keringat mereka dengan menampilkan teatrikal, orasi dan puisi di Anjungan Nusantara yang ditonton secara free dan umum. Harapan dari Rivaldi selaku ketua panitia GMF.

Baca Juga : Aksi Protes Mahasiswa Fisip, Gedung Dekanat Dibanjiri Massa

“Agar supaya mahasiswa maupun pemerintah kota palu mengetahui dan
menyadari bahwasannya diluar sana masih banyak petani yang menderita
saat ini, masih banyak hak-haknya yang dirampas contohnya seperti
tanah maupun lahan milik mereka yang didirikan sebuah bangunan
pemerintah maupun tempat wisata”.

Perlu diketahui bahwa Indonesia merupakan Negara Agraris, dan pernah mendapat penghargaan dari FAO (Food and Agriculture Organization) atas keberhasilan dalam swasembada beras pada tahun 2013. Selamat Hari Tani Nasional semoga sektor pertanian Indonesia semakin maju.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Anggita Rezkia