Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Lifestyle Wisata & Kuliner

Luwuk Kota Mungil Kaya Akan Objek Wisata

Ditulis Oleh Muh. Afrizal Apok

Hallo mahasiswa untad dan alumni untad, kalian tahu ngga tentang kota Luwuk ? Kota luwuk memiliki banyak objek wisata yang menarik, tentunya tidak akan menguras kantung teman-teman. Letaknya pun masih di Sulawesi Tengah, tepatnya di Kab.Banggai. Untuk menuju ke kota luwuk kalian bisa melalui 2 jalur. Jalur udara dan jalur darat

Kota Luwuk

Luwuk adalah sebuah kecamatan sekaligus pusat pemerintahan Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah, Indonesia. Luwuk berjarak 610 kilometer dari Kota Palu, ibu kota provinsi Sulawesi Tengah. Setelah pemekaran kecamatan Luwuk Utara, Luwuk Timur, dan Luwuk Selatan, kecamatan Luwuk memiliki wilayah seluas 72,82 km² dengan kondisi geografi berbatasan dengan laut dan dikelilingi perbukitan dengan ketinggian mencapai 170 mdpl. Berdasarkan data dari Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Banggai tahun 2016, kota ini memiliki jumlah penduduk sebanyak 37.719 jiwa. Luwuk digadang-gadang akan menjadi ibu kota provinsi Sulawesi Timur apabila moratorium pemekaran daerah dicabut dan usulan pemekaran dari provinsi Sulawesi Tengah tersebut disetujui oleh Pemerintah Pusat.

Luwuk dari asal kata Luwok, Huk, yang artinya “Teluk”. Sebelum menjadi nama Kota Luwuk, wilayah ini merupakan pelabuhan masyarakat Keleke, Asama Jawa dan Soho serta Dongkalan. Dalam perjalanan Pemerintahan, Luwuk ditetapkan menjadi pusat pemerintahan oleh Hindia Belanda pada tahun 1906, ibu kota Afdeling Sulawesi Bagian Timur, kemudian tahun 1908 dipindahkan ke Bau-Bau, Luwuk menjadi pusat wilayah onderafdeling pada tahun 1924.

Baca Juga : Objek Wisata di Kabupaten Tolitoli yang Hemat Kantong

Nah, di Kab.Banggai tepatnya Kota Luwuk memiliki banyak objek wisata menarik terutama wisata alam dan wisata bahari. Berikut beberapa objek wisata yang bisa menjadi referensi teman-teman :

  1. Air Terjun Piala
  2. Air Terjun Laumarang
  3. Bukit Kasih Sayang
  4. Bukit Teletubis
  5. Pulau Dongdolang
  6. Pantai Kilo 5
  7. Bukit Kasih Sayang
  8. Air Terjun Salodik
  9. Teluk Lalong
  10. Pulau Dua
  11. Suaka Marga Satwa Bangkiriang
  12. Padang Rumput Lenye
  13. Hutan Pinus Salodik
  14. Bukit Country
  15. Gunung Tompotika

Meskipun Kota Luwuk dan objek wisatanya cukup jauh dikunjungi oleh teman-teman. Tetapi keindahan yang dimiliki akan membayar segala kepenatan dan rasa lelah yang dialami teman-teman saat berkunjung kesana. So, teman-teman jangan lupa ya untuk berkunjung ke Kota Luwuk.

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Muh. Afrizal Apok

Nama saya Muh. Afrizal Apok. Saya lahir di Batui, 25 Nopember 1999. Saya adalah anak ketiga dari lima bersaudara. Ayah saya bernama Aminuddin Apok dan ibu saya bernama Rahma. Saya telah menyelesaikan sekolah dasar di SDN PEMBINA BATUI pada tahun 2011. Setelah itu, melanjutkan ke sekolah menegah pertama di SMPN 1 BATUI dan selesai pada tahun 2014. Kemudian melanjutkan kembali pendidikan saya ke sekolah menengah atas di SMAN 1 BATUI dan selesai pada tahun 2017. Dan sekarang, saya sedang melaksanakan pendidikan di salah satu perguruan tinggi negri yaitu Universitas Tadulako Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Jurusan Kimia