Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu Tips & Trick

Bahaya Begadang dan Tips Mengatasi Resikonya!

Ditulis Oleh Jeni Homba Homba

Apa itu begadang ?

Begadang adalah keadaan dimana seseorang terjaga untuk tidak tidur sampai larut malam. Padahal, manusia secara normal harus bisa tidur minimal delapan jam sehari. Sedangkan, untuk pelaku-pelaku begadang ini biasanya hanya memiliki waktu jam tidur sebanyak kurang dari enam jam perhari.

Apa sih yang membuat orang begadang ?

Menurut survey dari penulis orang biasanya begadang karena kerja lembur, insomnia, menonton televise, kumpul bersama teman, dan main handphone. Nah, kalo yang paling sering membuat mahasiswa/pelajar sering begadang ialah kerja lembur. Kerja yang dimaksud disini adalah lembur tugas kampus. Apalagi nih ya bagi mahasiswa Untad yang hampir semua baru saja melewati tugas resume yang harus ditulis tangan dengan berlembar-lembar  kertas. Wah yang ini sih waktu tidurnya bukan kurang dari enam jam lagi guys tapi hampir tidak tidur semalam.
Sungguh rasanya seperti ingin kembali ke pangkuan ibu saja dibandingkan harus kuliah. Hehehehe Jangan ya guys!

Lalu mengapa kita harus cukup tidur ?

Karena dengan tidur, kita dapat mengistirahatkan tubuh dan pikiran dari aktivitas sehari-hari. Kita membiarkan tubuh memperbaiki metabolisme dengan cara tidur.

Tidur merileksasikan pikiran !

Sehingga ketika Anda bangun, Anda akan merasa lebih segar, lebih fit, dan siap untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Waktu paling baik untuk tidur pada malam hari adalah antara tujuh sampai delapan jam sehari. Orang yang terbiasa tidur kurang dari enam jam setiap harinya beresiko 48% mengidap penyakit jantung, hipertensi, obesitas serta meninggal di usia muda karena serangan stroke.  Sedangkan orang yang tidur lebih dari sembilan jam setiap harinya merupakan gejala awal terjadinya gangguan kesehatan. Jadi lebih baik Anda tidur secara seimbang antara tujuh sampai delapan jam, tidak kurang dan tidak lebih karena pengaruhnya yang besar bagi kesehatan tubuh Anda.

Apa resiko begadang ?

Orang yang sering begadang lama-kelamaan akan muncul ciri-ciri fisik dalam tubuhnya, misalnya saja adalah wajah yang lesu, kantung mata menghitam dan berkantong, dan mata merah. Orang yang begadang juga selalu tidur larut malam dan baru bangun pada siang hari, bukan pagi hari.

Apa saja bahaya begadang ?

Apa sih bahaya begadang bagi kesehatan tubuh kita? Nah, bahaya begadang terbagi lagi menjadi beberapa, yaitu:
  1. Bahaya begadang yang berpengaruh langsung terhadap tubuh kita, yaitu muka menjadi pucat dan lingkarang hitam dibawah mata, daya tahan menurun, pusing dan susah konsentrasi, mudah mengantuk, dan pola makan tidak teratur.
  2. Bahaya begadang yang berpengaruh terhadap pikirian, yaitu Stress dan depresi, mudah marah, serta merasa gelisah
  3. Resiko penyakit jangka panjang, penyakit yang bisa terjadi akibat begadang adalah hipertensi, penyakit jantung, resiko stroke, diabetes, obesitas,

Bagaimana sih cara mengatasi resiko begadang ?

Sering kali  kita begadang bukan karena mau tetapi karena tuntutan tugas dan sebuah keharusan yang membuat kita harus begadang.

Apakah ada solusi untuk mengurangi efek negative dari begadang ?

Lalu setelah mengetahui bahaya begadang, muncul pertanyaan “apakah ada solusi untuk mengurangi efek negative dari begadang?” Jawabannya adalah ADA pencegahan yang mengurangi efek tersebut tetapi  bukan berarti menghilangkannya. Penulis mengharapkan agar kita bisa menghindari begadang sebisa mungkin karena tubuh kita telah dirancang oleh Sang Khalik sebuah kesimbangan. Ada saatnya untuk bekerja dan ada saatnya untuk beristirahat.

Apa saja tips untuk mencegah bahaya begadang ?

  1. Perbanyak minum air putih
Kenapa harus banyak minum air putih? Karena saat begadang tubuh manusia cenderung mengalami dehidrasi dan air putih jauh lebih diperlukan tubuh daripada minuman lain seperti kopi, teh dan soda. Pada pria air putih justru bermanfaat meningkatkan hormon testosteron sedangkan sebaliknya, minuman soda dapat mengurangi hormon ini.
  1. Konsumsi vitamin dan biji nabati
Untuk menghindari rasa lapar di saat begadang, Anda dapat mengganti camilan atau makanan cepat saji Anda dengan makanan dari biji-bijian. Kacang merah, kacang hijau, dan lainnya yang mampu memberikan kalori yang cukup saat begadang. Jangan memakannya terlalu banyak dan berhenti cukup untuk menghilangkan lapar. Tambahkan vitamin di pagi hari untuk membuat tubuh Anda lebih kuat dan tahan dari penyakit.
  1. Hindari makanan berminyak dan cepat saji
Minyak yang diserap oleh tubuh dapat mengganggu kinerja organ hati. Pada umumnya proses detoxin pada hati berlangsung pada pukul 23.00 malam sampai 03.00 pagi jika ditambah berkurangnya sistem imun karena kurang tidur, pada kasus yang lebih parah dapat membuat organ hati ini tidak berfungsi.
Begitu pula dengan makanan cepat saji. Apakah Anda sering makan mie instan tengah malam atau makanan cepat saji lainnya? Tentu bagi hampir seluruh mahasiswa jawabnnya pasti “Iya” termasuk penulis hehehe. Dengan makan makanan ini saat begadang, jumlah kalori yang mengendap tubuh Anda akan jauh lebih banyak daripada saat makan siang. Perubahan jam biologis saat makan menyebabkan gangguan pencernaan. Proses pembakaran kalori pun berkurang dan akibatnya tubuh dapat semakin “melar”.
  1. Olahraga sore
Untuk menjaga stamina tubuh yang sering merasa capek setelah begadang usahakan Anda berolahraga yang cukup di sore hari. Olahraga di sore hari juga membantu mengurangi insomnia dan mengembalikan jam teratur tidur Anda. Dengan mengeluarkan energi di sore hari membuat tubuh lebih cepat mengantuk dan lebih pulas saat tidur. Hasilnya di pagi hari Anda akan bangun dengan tubuh lebih segar.
  1. Mandi air hangat di pagi hari
Nah, kalau untuk tips yang satu ini teman-teman pasti pernah mendengar mitos yang mengatakan “Jangan mandi setelah begadang nanti bisa mati kena angin duduk “. Secara logis mitos ini tidak masuk akal namun tidak sedikit pula kejadian yang membenarkan mitos ini. Dalam ilmu kedokteran Angina pektoris atau “Angin Duduk” adalah sebuah sindrom penyakit jantung yang disebabkan karena penyempitan pembuluh darah yang mengalirkan oksigen ke otot jantung sehingga menghambat pasokan datangnya darah ke jantung. Jika tidak ada penanganan yang tepat dalam 20 menit dapat berakibat fatal hingga menyebabkan kematian. Pada umumnya mereka yang pernah begadang dan mandi air dingin pada pagi harinya hanya mengalami sedikit pusing namun tidak terserang penyakit ini.  Namun bagi Anda yang memiliki penyakit atau kelainan jantung sudah pasti tidak dianjurkan dokter untuk mandi air dingin di pagi hari terutama setelah begadang. Jika Anda tidak mengetahui akan kondisi jantung Anda, saya sarankan untuk mandi dengan air hangat. Hal ini akan mengurangi efek adanya angin duduk.
Nah, itu dia bahaya begadang dan tips mengatasi resikonya. Silahkan dipraktekkan tips mengatasi bahaya begadang mengingat mahasiswa dan pekerja lainnya tidak pernah bisa lari dari kata kerja begadang. Eitss namun kalian harus sebisa mungkin menghindari kata begadang ya guys.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Jeni Homba Homba

Nama lengkap : Jenisia Paulina Homba Homba
TTL : Fak Fak, 24 Januari 1997
Prodi/Fakultas : Agribisnis, Pertanian
Alamat : Jln. Padat Karya, Tondo
Daerah Asal : Fak Fak, Papua Barat