Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Esai Kreasi Mahasiswa Opini

Terniat KKN di Waktu Libur

Ditulis Oleh Nurhakiki B

Halooo.. Kakak-kakak yang baru aja melewati semester 6, nilainya udah keluar semua belum? Pastinya udah dong *Alhamdulillah bungkus*๐Ÿ˜‚

Gimana waktu liburnya? Kurang banget ya atau tergesa-gesa, namanya sih libur dikampung halaman tapi pikiran di perantauan *hiks.๐Ÿ˜Ÿ
Pastinya lagi siap-siapin diri nih ya kan? Karena sebentar lagi akan melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi, salah satunya yaitu Pengabdian Kepada Masyarakat.
Yah, Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Kuliah Kerja Nyata (KKN) adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.
KKN menjadi salah satu mata kuliah wajib setelah mencapai jumlah SKS tertentu.

Di kampus kita, sekarang ini sudah memasuki masa perkuliahan Semester Antara atau biasa kita sebut Semester Pendek (SP). Masa perkuliahan saat ini rasanya terlalu cepat. Bagi mahasiswa yang rela mengorbankan waktu liburnya demi mendalami ilmunya ataupun ingin cepat menyelesaikan atau menambah SKSnya, pastinya ikut SP. ๐Ÿ’ช

Bagi mahasiswa atas yang terniat untuk mengikuti KKN di waktu libur ini juga pastinya siap mengorbankan liburnya dong, di saat mahasiswa lain sedang menikmati liburan setelah ujian akhir semester mahasiswa semester atas harus mengikuti KKN. Ya udah, waktu liburnya di pindahkan di posko lokasi KKN aja๐Ÿ˜‰

Btw, sudah sampai mana nih persiapan kakak-kakak yang ingin ber-KKN? Pastinya sudah siap dong dan harus bisa menjaga kesiapan fisik, mental, materi, jiwa, raga, hati, LDR *uuppsss.๐Ÿ˜‚
Ada pepatah mengatakan
Yang jauh akan terkalahkan dengan yang selalu ada
Intinya : saling percaya๐Ÿ‘๐Ÿ˜Š

Eeiitsss,,, jangan sampai niat awalnya untuk ber-KKN lain-lain ya! Pasti sudah terlintas dibenak.

Selain sebagai mata kuliah wajib, KKN merupakan ajang belajar mahasiswa untuk hidup berkemanusiaan. Tujuan resmi KKN untuk mengabdi kepada masyarakat sehingga mahasiswa harus diterjunkan langsung ke lingkungan masyarakat, agar mahasiswa juga dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah dipelajari selama di perguruan tinggi dan dapat di terapkan langsung ke masyarakat.

So, perbaiki memang niat sebelum berangkat KKN. Jangan sampai niatnya lain-lain, kuatkan niat bahwa kita terjun ke masyarakat buat mengabdi. Pastinya, mahasiswa yang menunggu moment KKN agar bisa secara langsung merasakan bagaimana kondisi masyarakat dan berbuat untuk mereka, setelah melihat situasi kehidupan warga desa di lokasi KKN.
Ingat bahwa di balik ilmu akademik yang telah kita tempuh, ada tanggungjawab moral di balik itu.

Terlepas dari pemikiran-pemikiran yang terlintas dibenak itu, pastinya kita sudah menyadarinya dan telah siap untuk menjalaninya.

Masyarakat desa lokasi kamu akan ber-KKN sudah menanti kedatangan kalian. Jadi, terus semangat buat mahasiswa semester atas yang telah memprogramkan KKN di waktu libur ini. Saatnya dirimu mengabdi.๐Ÿ’ช๐Ÿ˜Š

Tentang Penulis

Nurhakiki B

Membaca, lalu kembangkan dengan menulis.