eLSAM FMIPA UNTAD Sukses Adakan Seminar VCT dan Tes VCT

Lembaga Studi Advokasi Mahasiswa (eLSAM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Tadulako telah mengadakan kegiatan Seminar VCT dan Tes VCT (Voluntary Counselling and Testing) pada Rabu, 18 September 2019 dengan tema “Cegah dan Lindungi Diri, Keluarga dan Masyarakat BEBAS dari HIV-AIDS” bertempat di Aula FMIPA.

VCT adalah singkatan dari Voluntary Counselling and Testing atau biasa diartikan sebagai konseling dan tes HIV sukarela (KTS). Pada prinsipnya VCT bersifat rahasia dan dilakukan secara sukarela, artinya hanya dilakukan atas inisiatif dan persetujuan seseorang yang datang pada penyedia layanan VCT untuk diperiksa. Layanan ini bertujuan untuk membantu pencegahan, perawatan, serta pengobatan bagi penderita HIV/AIDS. VCT bisa dilakukan di puskesmas atau rumah sakit maupun klinik penyedia layanan VCT. Hasil pemeriksaan terjaga kerahasiaannya.

Dalam kegiatan ini, eLSAM FMIPA UNTAD bekerja sama dengan PKBI (Perkumpulan Keluarga Berencana Indonesia) Sulawesi Tengah dan juga DINKES (Dinas Kesehatan) kota Palu.

Dengan mengadakan kegiatan yang menyediakan dukungan psikologis, informasi dan pengetahuan HIV/AIDS, mencegah penularan HIV/AIDS, mempromosikan perubahan perilaku yang bertanggung jawab, pengobatan ARV dan memastikan pemecahan berbagai masalah terkait HIV/AIDS.

Semoga kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa maupun instansi terkait yang hadir pada kegiatan Seminar VCT dan Tes VCT tersebut. Harapannya kegiatan ini dapat menjadi kegiatan tahunan kepengurusan selanjutnya, dengan persiapan yang lebih matang nantinya. Dengan adanya VCT ini sangat berperan dalam mencegah penyebaran penyakit HIV/AIDS.

Baca juga : Malam Puncak Dies Natalis HIMAFAR FMIPA UNTAD

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 


Diterbitkan

dalam

,

oleh

Tags:

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *