Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Info Event

Komunitas anakUntad Sukseskan Kegiatan AYL 2019

Ditulis Oleh Nurhakiki B

Komunitas anakUntad kembali adakan pelatihan AnakUntad Youth Leader (AYL) 2019 dengan tema “Be The Best Version Of You“, kegiatan ini dilaksankan pada tanggal 15-17 November 2019 bertempat di Gedung BAPELKES Palu Sulawesi Tengah.

Pelatihan AnakUntad Youth Leader (AYL) pertama dilaksanakan pada 7-9 September 2018 di MAN 2 Model Palu, yang diselenggarakan oleh Komunitas anakUntad. Dalam hal ini, Komunitas anakUntad telah berhasil menyukseskan dua angkatan AYL yang telah bergabung dalam Komunitas anakUntad.

๐Ÿ“ท AYL 2018 (-) Banyak

๐Ÿ“ท AYL 2018 (-) Banyak

Kegiatan tersebut, merupakan salah satu program dari Komunitas anakUntad itu sendiri. Dimana melalui pelatihan AYL sepenuhnya, dapat menjadi pintu masuk untuk gabung di Komunitas anakUntad. Selain itu, AYL juga merupakan ajang penjaringan dan pelatihan bagi calon pemimpin muda potensial.

Anak muda dari berbagai daerah di Sulawesi Tengah akan dilatih selama 3 hari 2 malam. Tujuan pelatihan AYL ialah pengenalan dan penyadaran bahwa setiap pemuda adalah pemimpin bagi diri dan lingkungan sekitarnya, dan bahwa berhimpun dalam lingkungan sevisi (anakUntad) sangat penting untuk menumbuh kembangkan kapasitas diri.

Langsung pada rangkaian kegiatan ini mulai dari Jum’at, 15 November 2019 peserta AYL melakukan registrasi dan pemberian merchandise sekaligus pengisian pretest. Setelah itu, peserta diarahkan ke lokasi pemilihan kamar. Pada malam hari, akan dilangsungkan Pembukaan Kegiatan yang dihadiri oleh beberapa Komunitas dan Lembaga yang ada di Sulawesi Tengah.

Adapun rangkaian kegiatan Pembukaan AYL 2019 :

  1. Pembukaan
  2. Laporan Ketua Panitia
  3. Sambutan
    – Presiden Komunitas anakUntad (anakUntad Kini dan Nanti)
    – Pembina Komunitas anakUntad (Pemuda Pelapor Gerakan Perubahan)
    – Kepala Dispora Provinsi Sulawesi Tengah (Tantangan Pemuda Sulawesi Tengah di Era 4.0)
  4. Seremonial Pembukaan Kegiatan
  5. Persembahan Panitia dan Pentas Seni (Sanggar Seni Bahana)

PadaSabtu, 16 November 2019 panitia menghadirkan beberapa materi buat peserta yakni :

  1. Who You Are
    Pemateri : I Putu Ardika Yana (Founder sejenakhening.com dan rumahberbagi.id)
  2. How to Manage; People and Time
    Pemateri : Nur Safitri Lasibani (Deputi Direktur Sikola Mombine)
  3. How to Be A Leader
    Pemateri : Fitri Mastura (Direktur Utama MS Radio Palu)
  4. Be The Best Version of You
    Pemateri : Andi Risky Hardiansyah (Founder Banua Mentor)

Malam hari, akan dilangsungkan Malam Gelar Talenta (MAGENTA) untuk peserta yang terdiri dari 10 kelompok. Penampilan MAGENTA beragam diantaranya : teaterikal, puisi, drama, dan sebagainya. Dalam penampilan ini, peserta dapat melatih atau menampilkan bakat yang dimilikinya. Acara ini berlangsung meriah, dan dinilai oleh juri.

๐Ÿ“ท Usai penampilan MAGENTA

Pada hari Minggu, 17 November 2019 panitia dan peserta melakukan senam pagi bersama. Setelah itu, diadakan sesi Fasil oleh peserta bersama dengan Fasilitator. Sesi Fasil merupakan tempat buat peserta untuk sharing kepada Fasilitator mengenai keluh kesah peserta selama kegiatan berlangsung. Kemudian melakukan Outbond buat peserta yang diselenggarakan oleh Rumahberbagi.id.

Setelah itu, peserta diberi arahan untuk melakukan challenge Positif Fighter. Selesai kegiatan ini, peserta beristirahat sambil menunggu Penutupan kegiatan AYL 2019.

Adapun rangkaian kegiatan Penutupan AYL 2019 :

  1. Pengumuman Perolehan Hasil Positif Fighter
  2. Kesan dan Pesan Positif Fighter
  3. Pemilihan Kapten dan Wakil Kapten AYL 2019
  4. Pengumuman Juara MAGENTA
  5. Sesi Tukar Kado
  6. Penutupan (Do’a)

Kegiatan ini disponsori oleh anakUntadclothing.

Berlangsung suksesnya kegiatan AYL 2019, pastinya ada usaha serta kerja keras Panitia dan Fasil yang sangat-sangat mengharapkan kegiatan ini bisa berlangsung sukses dan berkesan. Oleh karena itu, sangat diapresiasi kepada semua panitia yang terdiri dari sekitaran 30 orang serta Fasil yang telah memberi bimbingan dan bantuan langsung kepada panitia pada kegiatan ini.

Output yang dihasilkan dari kegiatan ini adalah bertambahnya calon pemimpin muda potensial yang siap bertumbuh di Komunitas.

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat bagi kita semuanya serta dapat menambah ilmu, pengalaman, dan pembelajaran sehingga dapat di terapkan kepada masyarakat sekitar melalui jiwa kepemimpinan yang potensial.

Baca juga Tips & Trik : Membuat Daftar Pustaka Otomatis dengan Aplikasi Mendeley

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Nurhakiki B

Menulis adalah salah satu obat yang efektif menyembuhkan luka akibat patah hati karena dapat mengeluarkan emosi yang ada dalam pikiran.
Teruslah menulis apapun itu! Jangan takut jika tulisanmu tidak dibaca orang-orang, karena suatu saat pasti akan berguna.