Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Membuat Daftar Pustaka Otomatis dengan Aplikasi Mendeley

Ditulis Oleh Nurhakiki B

Hallo teman-teman, kali ini penulis akan berbagi tips dan trik buat Daftar Pustaka dengan mudah menggunakan Aplikasi Mendeley. Tentunya dalam hal ini, semoga dapat memudahkan bagi teman-teman yang sementara menyusun Proposal ataupun tugas akhir Skripsi.

Mungkin, sebagian dari teman-teman sudah pernah mendengar atau sudah menggunakan Mendeley. Nah, sebelum ke cara pengoperasiannya kita ketahui dulu apa itu Mendeley?

Mendeley adalah software referensi manager yang memudahkan kita dalam penulisan karya ilmiah seperti Skripsi atau lainnya. Dalam penggunaanya Mendeley akan secara otomatis membuat referensi dan daftar pustaka dari suatu karya ilmiah yang sedang dikerjakan.

Mendeley akan bekerja secara otomatis membuat kutipan referensi/daftar pustaka apabila kita sudah membuat library atau perpustakaan di Mendeley. Perpustakaan di Mendeley inilah yang akan membantu kita membuat catatan kaki/bodynote secara otomatis.

Oke, langsung saja ke cara pengoperasian aplikasi Mendeley :

  1. Install Aplikasi Mendeley
    Kita bisa langsung cari di google aplikasi tersebut, kemudian unduh. Sebelum memulai proses instalasi Mendeley Desktop, terlebih dahulu pastikan teman-teman punya akun di Mendeley caranya daftarkan email dan password untuk verifikasi akun Mendeley. Menginstal aplikasi Mendeley yang telah terunduh dilakukan seperti install aplikasi pada umumnya di desktop.
  2. Buka Aplikasi Mendeley
    Jika aplikasi Mendeley sudah terinstall, kemudian buka aplikasi tersebut yang telah terpasang di Desktop maka akan tampil Mendeley Desktop.
  3. Masukkan Referensi
    Semua referensi yang telah kita gunakan baik itu karya ilmiah atau jurnal, ebook dan lainnya lalu dimasukkan pada Mendeley Desktop dalam bentuk PDF.
  4. Hubungkan Mendeley dengan Microsoft Word
    Jika semua referensi dokumen telah di tambahkan ke folder, selanjutnya kita harus menghubungkan Mendeley dengan MS Word agar bisa digunakan. Caranya Klik menu Tools > Install MS Word Plugin pada Mendeley Desktop.
  5. Buka dokumen yang telah di buat untuk meletakkan Daftar Pustaka
    • Jika sudah selesai mengutip kalimat dalam jurnal, klik References > insert citation > go to Mendeley > klik jurnal/referensinya > klik Cite.
    • Apabila ada jurnal yang kurang memiliki keterangan seperti tahun publish, penulis dll, maka dapat diedit dengan cara klik References > insert citation > go to Mendeley. Klik jurnal/referensinya > lihat kolom disisi kanan jurnal > masukan keterangan yang belum ada, misalnya keterangan tahun publish, penulis dan edisi jurnal > klik Cite.
    • Jika ingin mengutip kalimat dari sebuah buku maka referensi bisa ditambahkan, caranya klik References > insert citation > go to Mendeley > add file ∇ add entry manually masukkan keterangan buku > klik Save > klik Cite.
    Membuat Daftar Pustaka Otomatis, klik References > insert bibliography.
    • Metode penulisan sitasi, klik References > style > pilih jenis penulisan sitasi > Done.

Selesai.
Saat ini masih banyak yang tidak mengetahui manfaat aplikasi ini, sementara aplikasi ini sangat berguna bagi kita terutama yang masih duduk di bangku perkuliahan.
Nahh, itulah tadi sedikit informasi tentang aplikasi Mendeley dan cara pengoperasiannya. Semoga bermanfaat.

Semangat pejuang Skripsi!!!

Baca juga : Tips & Trick – Bangun Pagi Walaupun Begadang

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Nurhakiki B

Menulis adalah salah satu obat yang efektif menyembuhkan luka akibat patah hati karena dapat mengeluarkan emosi yang ada dalam pikiran.
Teruslah menulis apapun itu! Jangan takut jika tulisanmu tidak dibaca orang-orang, karena suatu saat pasti akan berguna.