Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Info Event

Notesa Show 1 – Personal Branding, Temukan Dirimu!

Ditulis Oleh Arum Sekar Wangi

Jumat (22/11) Notesa Show pertama sukses dilaksanakan di Ballroom Hotel Rama Garden dengan mengusung tema Personal Branding, dengan dua pemateri hebat, yaitu Yaumil Masri dan Pandji Pragiwaksono.

Notesa Nte Notutura merupakan creative event yang bermula dari empat orang anak muda yang memiliki visi dan misi yang sama, ingin menjadi wadah dan menyebarluaskan hal-hal inspiratif yang berada di kota Palu. Bermula dari teras rumah, bulan Juli 2019 mereka memutuskan untuk memulai membuat podcast yang sekarang dapat di akses di spotify, youtube hingga soundcloud. Notesa Show ini merupakan salah satu langkah besar teman-teman Notesa  untuk menyebarkan kisah inspiratif dan mengenalkan apa sih itu Notesa Nte Notutura kepada khalayak ramai.

Notesa Show pertama ini mengundang kak Yaumil Masri (founder sikola pomore) dan Pandji Pragiwaksono seorang entertainer, komika, penulis yang pastinya sangat terkenal, terlebih dikalangan anak muda. Mereka berdua sama-sama membagikan tips dan trik untuk membangun personal branding.

Menurut kak Yaumil Masri Personal branding adalah segala kegiatan kita setiap hari, yang dilakukan secara konsisten, sehingga tercipta branding bagi diri sendiri. Kak Yaumil masri sendiri menceritakan kisahnya sebelum mengetahui bagiamana caranya membangun personal branding.

Pria yang saat ini aktif dalam misi mengajari anak-anak melalui sekolah yang berlandaskan metode belajar di alam ini nyatanya pernah memutuskan untuk keluar dari kampus karena merasa itu bukanlah sesuatu yang dia inginkan. Setelah itu ia pun merantau ke ibukota Jakarta, belajar dari forum ke forum untuk mengenali jati dirinya.

Lepas itu ia sadar, kalau ia, seorang Yaumil Masri yang kesehariannya senang menggunakan sarung, kaos oblong dan sendal jepit ini memiliki hobi membagi ilmunya, terutama pada anak-anak, maka ia pun  membentuk sikola pomore, yang berarti sekolah bermain, yang menanamkan nilai-nilai karakter pada anak-anak.

Menurut kak Yaumil Masri, personal branding itu harus dibentuk secara jujur, tulus dan dilakukan terus walau mendapatkan banyak cemooh.

“Temukan apa yang kamu mau, belajar terus, lakukan secara konsisten dan temukan personal brandingmu”

Pembicara berikutnya adalah Pandji Pragiwaksono atau yang akrab dipanggil bang Pandji, dikenal sebagai seorang aktor, penyiar radio, penulis buku dan komika juga memberikan tips-tips dalam membentuk personal branding. Dengan pembawaannya yang lucu, pria berumur 40 tahun ini berhasil membuat penonton tertawa terpingkal-pingkal, saat menyampaikan materinya.

Personal branding adalah kegiatan bilang kepada orang-orang kita siapa, supaya kita dapat peluang yang kita inginkan.

Menurut bang Pandji, di era yang semakin maju ini, anyone can be anything, semua mimpi orang-orang adalah valid, sah! Dulu kalau kita berkata kepada orang-orang bahwa kita ingin menjadi seorang youtuber, mungkin orang-orang akan merespon dengan “kamu gila ya?”. Tapi lihat sekarang? Orang orang beramai-ramai ingin mencoba membuat konten youtube. Personal branding mempunyai dampak besar bagi kehidupan tiap individu dan juga cara melakukannya mudah.

Ia menekankan bahwa untuk membentuk Personal branding adalah :

  1. Mencari tahu kita siapa, dengan cara menempa diri dengan banyak pengalaman

  2. Melakukan sesuatu secara probono, yaitu melakukan sesuatu tanpa mengharapkan imbalan. “Kalau kamu suka, dan tidak mengharapkan imbalan berupa uang, jangan-jangan kamu sudah menemukan cita-cita kamu”.

  3. Lakukan secara konsisten, lakukan secara terus menerus, disiplin!

  4. Selalu lebih baik, setiap karya pada awalnya pasti akan terasa sangat jelek. Disinilah kamu harus selalu mencoba untuk menjadi lebih baik, dan lakukan ini secara presisten.

  5. Lakukan secara jujur

Terakhir sebelum menutup kegiatan Notesa Show dia menyampaikan

“Sukses itu adalah bagaimana kamu mengawinkan dua dunia, antara kesukaan dan kemampuan kamu. Jangan pernah percaya, dimana kamu berada tidak akan menjadi penghalang kesuksesanmu”

Percaya Diri,

Percaya Mimpi,

Percaya Proses

-Pandji Pragiwaksono, 2019.

Ayo kita membentuk personal branding bagi diri kita, together we make the world to be a better place.

Baca juga :Begini Rasanya Jadi Mahasiswa Jurusan Agroteknologi

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Arum Sekar Wangi

Fakultas Pertanian - Agroteknologi - '17
"Let's change the world to be a better place for us❤"