Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Opini

Jika Kamu Memilih Kuliah

Ditulis Oleh Ashari Ramadhan

Saat  ini, belajar bukan hanya di kampus. Ada banyak sekali hal yang bisa dipelajari secara virtual atau online. Contohnya jika kamu ingin belajar statistik, data science atau programming kamu bisa dapatkan kelas secara gratis (atau dengan harga yang sangat murah) seperti di https://www.freecodecamp.org/ atau https://bookdown.org/

Biasanya kelas-kelas di atas terdiri dari banyak praktek dan teori-teori yang (hanya) dibutuhkan dalam industri dan dunia kerja. Kelasnya pun bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat, bisa 2 bulan, 1 bulan atau bahkan seminggu. Tanpa perlu susun skripsi dan ujian komprehensif.

Tentunya, tidak ada yang salah jika kamu memilih kuliah, yang terpenting kamu mendapatkan apa yang tidak bisa didapatkan orang yang belajar lewat internet. Sebagai contoh, kamu harus memanfaatkan fasilitas kampus seperti alat-alat laboratorium untuk bereksperimen, dimana alat-alat ini tidak bisa didapatkan atau terlalu mahal jika dibeli secara mandiri.

Contoh lain, harusnya kamu bisa berorganisasi dan bersosialisasi dengan banyak orang, hal ini tentunya sulit didapatkan jika belajar virtual. Berorganisasi akan mengasah kemampuan memimpin, mengemukakan pendapat dan banyak softskill lainnya. Asah itu jika kamu memilih untuk kuliah. Bersosialisasi tak kalah penting, kita bahkan tidak yakin akan berkarir dimana. Siapa yang tau, bisa jadi maba yang dulu kita teriaki “woy botak!” jadi HRD di perusahaan yang kita lamar. Bersosialisasilah dengan baik. Temukan teman, biasanya orang yang kita kenal di awal-awal kuliah menjadi teman seperjuangan hingga selesai.

Jika kamu memilih kuliah, jangan hanya bergantung dengan pelajaran di kelas. Dosen-dosen kita adalah hasil pendidikan 10 tahun yang lalu. Akan bagus jika mereka masih meng-update pengetahuan kekinian, tapi jangan terlalu mengharapkan itu.

Jika kamu memilih kuliah, jangan tunda skripsimu! Segeralah selesai. Ada yang menantimu selepas wisuda.

Baca juga: Kuliah adalah Kemewahan

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Ashari Ramadhan

Dia mengharapkan mu bersusah payah membaca apa yang ditulisnya dengan susah payah pula.
Multatuli