Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Bosan di rumah aja akibat pandemi? Yuk upgrade dirimu!

Ditulis Oleh Soraya putri yakub

Pandemi covid-19 yang melanda dunia saat ini, memiliki dampak yang sangat besar. Baik dari aspek pendidikan, ekonomi, kesehatan serta berbagai aspek lainnya. Seperti halnya pembatasan aktivitas masyarakat yang diharuskan agar tetap berada didalam rumah. Namun bukan berarti itu menjadi penghalang untuk kita bisa tetap produktif di tengah pandemi covid-19.

Berstatus sebagai mahasiswa, selain kuliah online, kita bisa ngapain lagi ya? Bayangkan saja guys kuliah dalam sehari biasanya masuk 2-3 mata kuliah (tergantung jadwal sih). Berarti terhitung kurang lebih memakan waktu 6 jam untuk kuliah online. Masih banyak waktu yang  tersisa kan? Belum lagi waktu libur di hari wekeend. Pasti banyak yang rebahan nih wkwk. Tapi gak mungkin lah ya rebahan mulu, yang ada kita tetap berada ditempat dan tidak akan berkembang. Yuk upgrade diri kita guys! Tahukah kalian, sebenarnya banyak sekali hal yang bisa kita lakukan di rumah. So, simak tips-tips di bawah ini :

  • Kembangkan potensi dirimu

shutterstock-412492687

Setiap orang pasti memiliki kemampuan. Yakin, kamu adalah anak yang berbakat dan bisa menjadi kebanggan bagi orang-orang disekitarmu. Sebelum itu, biasanya muncul pertanyaan “apasih bakatku? Keahlianku kira-kira apa ya?”. Ternyata ada beberapa orang yang masih bingung nih. Kalian terlebih dahulu harus tau dan benar-benar memahami hal apa yang kalian gemari atau yang sering dilakukan ya. Contohnya nih kalian tertarik dalam bidang seni, musik, fotografi, videografi, menulis, desain, menggambar atau bidang lainnya. Sudah terjawab kan? Next, Gimana sih cara kita untuk mengembangkan potensi diri? Jawabannya cukup simple, yaitu “practice”. Jadi guys, kita harus rutin untuk melakukan praktek atau latihan secara berulang, sehingga itu bisa menjadi kebiasaan yang baik bagi kita. Oh iya jangan lupa untuk selalu mengingat kata-kata ini sebagai motivasi diri

“Pastikan setiap hari ada perubahan baik terjadi dalam dirimu, walau hanya 1%.”

  • Mengikuti kompetisi online

logro-objetivo-carrera-desafio-ilustracion-plana-159757-83

Ketika kita sudah tau apa potensi yang ada dalam diri kita, nah kita bisa langsung untuk mengasah kemampuan diri dengan mengikuti kompetisi online. Itulah mengapa poin pertama dan kedua ini sangat sinkron. Jangan salah loh di tengah pandemi ini, justru banyak sekali lembaga atau yayasan yang mengadakan kompetisi online. Mulai dari biaya pendaftaran yang free hingga  berbayar. Ada kategori yang mengutamakan kerjasama tim atau per individu, namun kamu mesti sering mengecek dan mencari tahu informasi terkait kompetisi online, dengan selalu bertanya kepada orang yang menurut kamu lebih berpengalaman dan sering mengupdate informasi dari berbagai media.

Menang atau kalah bukanlah segalanya. Tapi siapa sih yang nggak senang kalo menang kompetisi? Sebaliknya perasaan kecewa adalah hal yang wajar jika kita menerima kekalahan, yang penting adalah bagaimana kompetisi itu sebagai pengalaman yang luar biasa, untuk menjadikan dirimu lebih baik lagi dari segi kemampuan dan karakter. Selain bisa menjadi kebanggan tersendiri, karya kita dapat diapresiasi dan dinikmati oleh banyak orang. Bisa saja, ini jalan kita untuk melakukan personal branding.

  • Belajar bahasa inggris

gambar-artikel-2-eden-everyday-english

Bahasa Inggris bisa dibilang wajib untuk kita kuasai guys. Bahasa Inggris sebagai bahasa persatuan internasional yang sering digunakan oleh penutur bahasa asing di penjuru dunia. Ketika kita mencari pekerjaan, saat presentasi, syarat beasiswa dan masih banyak sekali hal lain yang membutuhkan kemampuan berbahasa Inggris. Dengan mengusai bahasa inggris, dapat menjadi value kamu dimata orang lain dan akan lebih di hargai di dunia kerja tingkat internasional. Belajar bahasa Inggris tidak perlu mahal-mahal untuk mengikuti kursus. Di era digital yang semakin canggih sekarang, banyak sekali platform yang bisa kita akses untuk belajar bahasa inggris. Sudah banyak video-video tips dan trik belajar bahasa Inggris dengan cepat. Vocabulary yang dikemas dengan konten yang menarik dapat kita jumpai pada aplikasi youtube, seperti pada channel Kampung Inggris Lc, guruku Mr D dan Joesin translation. Di aplikasi play store juga tersedia aplikasi gratis seperti aplikasi Belajar Bahasa Inggris Cepat, Cake, Kamus Inggris Indonesia, U-dictionary: Kamus & Pembelajaran Bahasa Inggris dan lain-lain.

Baca juga. Begini Rasanya Jadi Mahasiswa Bahasa Inggris

  • Mengikuti pelatihan soft skill

pexels-photo-257897

Pelatihan soft skill dapat menjadi pilihan untuk mengembangkan skill kita di masa pandemi walaupun hanya secara online. Selain menghemat biaya akomodasi, training online lebih fleksibel karena bisa dilakukan dimana saja. Ada beberapa benefit yang bisa kamu dapatkan dengan mengikuti pelatihan soft skill seperti, bisa mengembangkan wawasan berpikir yang luas, mendapatkan pengalaman dari mentor-mentor yang hebat, bisa menjadi modal berharga untuk terjun ke dunia pekerjaan, menambah jaringan pertemanan lintas provinsi bahkan negara untuk sharing atau melakukan forum discussion. Hal ini ternyata dapat mengajari kita untuk lebih respect kepada orang lain, seperti pribahasa berikut

“Padi semakin berisi, semakin merunduk. Ilmu yang kita miliki semakin membuat kita merendah terhadap sesama.”

  • Membuat tulisan di anakUntad.com

Pasti ada beberapa dari kalian yang suka menulis, tapi bingung cara publishnya gimana ya? Tenang aja. Di anakUntad.com, kalian bisa menulis konten apapun sesuai dengan minat kalian. Ada tips dan trik, cerpen, essai, puisi, opini dan pilihan kategori lainnya. Semakin sering menulis, tentu akan bisa terus mengasah kemampuan menulis kalian. Bisa memperkaya pengetahuan dan cara berpikir yang kritis. Keunggulan menulis di anakUntad.tcom, karya tulisan kita bisa tersalurkan dengan baik karena pilihan kategori yang lebih beragam. Artinya, ada banyak kesempatan bagi kita untuk menulis sesuai kategori yang kita suka sekaligus bisa menantang diri untuk menulis dengan kategori yang diluar dari kebiasaan. Dengan menulis, dapat memiliki kesempatan untuk mengenal teman baru dan karya kita bisa dinikmati oleh khalayak.

Baca juga. Mau tulisan kamu dimuat di anakuntad.com? Ini panduannya!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Soraya putri yakub