Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Opini

Sebuah Playlist Untuk Mencintai Diri Sendiri

Ditulis Oleh Aqshal
2522763234

Self Love

 

Ah, Self-love. Rasanya, topik ini sudah nggak asing dong di telinga kita sehari-hari. Self-love atau mencintai diri sendiri sejatinya adalah konsep penerimaan diri. Dimana kita menerima diri kita secara seutuhnya, baik dengan segala kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Tak jarang, beberapa dari kita kurang menerima diri kita secara utuh dan cenderung merendahkan diri sendiri. Do not go down that road forever. 

Jika kita memiliki kecenderungan untuk merasa diri kita selalu kurang, maka sejatinya, kita tidak akan pernah merasa cukup, karena selalu ada yang lebih dan lebih. Pada akhirnya, kepercayaan diri kita menurun, dan dapat berakibat buruk pada kondisi mental kita.

Nah, banyak sumber yang bisa kita temui untuk membangun kecintaan terhadap diri sendiri. Bukan berarti narsis ya, melainkan untuk melatih diri sendiri untuk lebih bisa menerima semua yang ada pada diri kita seutuhnya. Salah satu caranya adalah dengan musik. Banyak loh, lagu bertema Self-love yang bisa kamu coba dengarkan untuk mulai membangun penerimaan diri. Berikut beberapa di antaranya.

 

1. Don’t Be so Hard on Yourself – Jess Glynne

Don’t be so hard on yourself, no
Learn to forgive, learn to let go
Everyone trips, everyone falls
So don’t be so hard on yourself, no

Semua orang pernah jatuh, semua orang pernah gagal. Kamu tidak perlu terlalu keras terhadap diri sendiri. Jess bilang, jangan biarin kegagalan bikin kamu berlarut-larut. Jika kamu jatuh sekali, kamu harus bisa bangkit dua kali. Tidak apa-apa jatuh dan gagal. Selama kamu bisa bangkit berdiri kembali, maka perjuangan kamu belum berakhir.

 2. Fight Song – Rachel Platten

This is my fight song
Take back my life song
Prove I’m alright song
My power’s turned on
Starting right now I’ll be strong
I’ll play my fight song
And I don’t really care if nobody else believes
‘Cause I’ve still got a lot of fight left in me

Lagu ini mengajarkan kita untuk menyingkirkan semua keraguan yang ada dalam diri dan percaya bahwa kita semua adalah petarung tangguh dengan pertempuran kita masing-masing. Lagu ini juga mengajarkan bahwa kita lebih berharga dari apa yang orang lain pikirkan tentang kita. Tak peduli jika orang lain tak percaya, pada diri kita, setidaknya kita masih punya diri sendiri yang percaya. If no one’s believe in me, i will. 

3. Grow Up – Stray Kids

You’re doing fine
You’re doing fine
You gotta take your time, you can do it
You can do just fine

Lagu-lagu K-Pop ga melulu tentang cinta loh, banyak lagu yang mengajarkan tentang penerimaan diri, salah satunya lagu ini. Bang Chan dan kawan-kawannya ingin menyampaikan kepada kita semua bahwa apapun usaha yang telah kita lakukan, kita telah melakukannya dengan baik. Semua pernah melakukan kesalahan, tidak perlu takut akan kegagalan karena itu adalah salah satu proses untuk menerima diri sendiri ketika beranjak dewasa. Tidak perlu menjadi sempurna dan terburu-buru dalam mengejar sesuatu. Sometimes you just gotta relax and take your time. 

4. Secukupnya – Hindia

Kita semua gagal
Ambil sedikit tissue
Bersedihlah secukupnya

Dalam hidup, masalah yang datang silih berganti seringkali membuat kita tidak percaya diri dan berlarut-larut dalam kesedihan. Baskara Putra atau Hindia mengatakan, hidup akan terlalu singkat jika kita hanya terus merasakan kesedihan. Seringkali kita jadi membenci diri sendiri karena tak mampu menghadapi masalah. Kalo lagu ini bilang, bersedihlah secukupnya. Permasalahan akan sering menghampiri, namun akan selalu ada pengganti yang akan menjawabnya.

5. Rehat – Kunto Aji

Tenangkan hati
Semua ini bukan salahmu
Jangan berhenti
Yang kau takutkan takkan terjadi

Kita semua tak bisa mengendalikan dunia semau kita. Terkadang kita sering menyalahkan diri kita sendiri atas semua masalah yang terjadi dan akhirnya kita juga yang harus mengobati luka kita sendiri. Kunto Aji dalam lagu ini seakan mengingatkan  bahwa semua yang terjadi bukanlah kesalahanmu. Kita perlu rehat sejenak untuk bisa menerima diri kita. Sebagai manusia, kita perlu merasakan sakitnya terlebih dahulu dan mengakui kalau terluka. Setelah itu, pelan-pelan bangun untuk berdiri dan mencoba lagi

Itulah beberapa lagu tentang Self-love atau mencintai dan menerima diri sendiri. Semoga di sisa akhir tahun ini dan seterusnya, kita semua semakin fasih untuk mencintai dan menerima diri kita, dalam keadaan apapun.

Baca Juga : Yuk, Kurangi Stress-mu dengan Journalling!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 

Tentang Penulis

Aqshal

socially awkward but kinda good at social life. hates big crowds and want to live to atleast 70 years old.