Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Lifestyle Wisata & Kuliner

Bosan Tahun Baru di Rumah Aja? INI DIA 5 REKOMENDASI TEMPAT BUAT PERAYAANNYA

Ditulis Oleh Dandy Rustam

Halo teman-teman pembaca, apa kabar nih hari ini? Semoga selalu dalam keadaan sehat yah. Jangan lupa untuk selalu tetap mematuhi protokol kesehatan kemanapun kalian pergi, agar penularan COVID-19 bisa segera teratasi.

Tidak terasa yah 2020 akan segera berakhir. Tahun ini benar-benar memberikan banyak pelajaran bagi kita semua melalui fenomena-fenomena yang terjadi salah satunya yaitu pandemic COVID-19 seperti sekarang ini. Nah, tahu kan apa yang identik dengan akhir tahun? Ya, benar sekali. Pergantian tahun yang sering dirayakan di suatu tempat bersama keluarga, kerabat dan mungkin saja para teman-teman yang ada disekitar kita. Kalian pasti sering merayakan tahun baru di suatu tempat, baik itu tempat wisata, tempat nongkrong, atau ditempat-tempat lainnya. Tapi, kalian mungkin saja bosan merayakan tahun baru di tempat itu-itu saja.

Maka dari itu, saya akan memberikan 5 rekomendasi wisata yang bisa kamu jadikan tempat untuk merayakan tahun baru kali ini. Dan pastinya berada di daerah Sulawesi Tengah ada juga yang tidak terlalu jauh dari kota Palu. Mau tahu apa saja? Yuk dibaca secara lengkap  artikelnya.

1. Tabingga Hills Uwemanje, Kabupaten Sigi

Nah tempat wisata yang pertama ini tidak jauh dari kota Palu loh, waktu tempuh dari kota Palu menuju Tabingga Hills hanya berkisar 45 menit saja. Tempat wisata ini tepatnya terletak di desa Uwemanje, Kecamatan Kinovaro, Kabupaten Sigi, Sulawesi Tengah. Tabingga Hills ini merupakan camping ground dan juga taman bunga matahari. Kalian bisa menikmati keindahan bunga matahari di siang hari. Sedangkan untuk malam harinya, kalian akan disuguhkan dengan kerlap-kerlip lampu kota Palu yang bisa dipandang dari ketinggian.

Source: Google Maps

Cocok banget untuk menikmati akhir tahun bersama keluarga, kerabat, ataupun orang-orang tersayang lainnya. Tarif yang harus dikeluarkan juga tidak banyak, cukup dengan Rp.10.000 per orang ditambah dengan biaya parkir Rp.5.000 per kendaraan. Nah kalau kalian mau kemping, kalian hanya cukup membayar Rp.20.000 per orang dan kalian sudah bisa menikmati fasilitas yang ada.

2. Café & Resto North Abel Beach, Palu

Lokasi yang berada di pinggir pantai ini memberikan kesempatan kepada kalian untuk bersantai ditemani suara ombak. Di tempat ini kalian juga bisa menikmati senja di sore hari ditemani segelas kopi. Café & Resto North Abel Beach terletak di Jalan Yodo Nomor 168 Kelurahan Panau, Kecamatan Tawaeli, Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Source: Instagram @as1.captures

Seperti yang dilansir KabarSelebes.id – penataan Café & Resto North Abel Beach didesain khusus sebagai tempat yang direkomendasikan untuk berkumpul bersama teman, sahabat, juga keluarga. Sehingga tempat ini sangat cocok untuk dijadikan tempat merayakan tahun baru, apalagi jaraknya juga tidak terlalu jauh dari kota Palu. Hanya sekitar 30 menit saja kalian sudah bisa menikmati keindahan tempatnya yang berada di pinggir pantai.

3. Pantai Labuana, Kabupaten Donggala

Donggala memang selalu terkenal dengan wisata pantainya. Salah satu pantai indah yang ada di Kabupaten Donggala yaitu pantai Labuana. Pantai ini terletak di kecamatan Sirenja. Jarak dari kota Palu Menuju pantai ini memang sedikit jauh yakni 105 km. Namun jika kalian berkunjung ke tempat ini, perjalanan yang jauh akan terbayar dengan keindahan alam yang disuguhkan pantai ini. Pohon kelapa dan pohon ketapang yang ada di sekitar pantai menambah kecantikan dari pantai ini. Apalagi terdapat dermaga kayu yang menjorong ke laut sepanjang 50 meter yang bisa menjadi spot foto, juga menjadi tempat loncat ke laut untuk berenang.

Source: mldspot.com

Bagi kamu yang menyukai kegiatan di pantai, tempat ini bisa menjadi pilihan kalian dengan teman-teman lainnya untuk merayakan tahun baru. Jarak yang tidak terlalu jauh, pemandangan yang indah akan memberikanmu kenikmatan di akhir tahun untukmu.

4. Danau Poso, Kabupaten Poso

Siapa sih yang tidak kenal dengan danau poso? Danau terbesar ke tiga di Indonesia yang ada di kota Tentena, kabupaten Poso, Sulawesi Tengah. Berada di ketinggian 657 mdpl dengan luas mencapai 32.000 Ha serta kedalaman yang berkisar 450-500 m danau ini terbilang unik. Bagaimana tidak, gelombang permukaan air danau ini mirip dengan permukaan laut. Dihiasi dengan pasir kuning keemasan yang ada di tepinya, membuat tempat ini semakin eksotis untuk dikunjungi. Karena sebagian tepinya ditutupi oleh pasir yang berwarna kuning keemasan, sehingga kalian bisa menemukan suasana layaknya pantai di laut namun dengan air yang berbeda. Hal ini dikarenakan kalian bisa menikmati air tawar yang jernih di danau ini.

Baca juga: 6 Tempat Ini Wajib Kamu Datangi saat Berkunjung ke Poso!

Source: id.wikipedia.org

Jarak dari kota Palu menuju danau Poso sekitar 283 km, sehingga waktu tempuhnya sekitar 7 jam. Perjalanan untuk menuju danau Poso mungkin sangat lama, tetapi ketika kalian sudah sampai di tempat ini, rasa lelah kalian saat perjalanan akan dibayar tuntas oleh keindahannya. Kalian tidak perlu khawatir jika ingin bermalam disana. Karena disana sudah ada begitu banyak penginapan dan fasilitas umum lainnya. Sehingga untuk merayakan akhir tahun, tempat ini juga bisa menjadi pilihan bersama keluarga, sahabat, dan juga teman-teman lainnya.

5. Pulau Pasoso, Kabupaten Donggala

Sebuah pulau kecil yang luasnya tidak lebih dari 64 hektar merupakan pulau yang terletak di Pantai Barat Kabupaten Donggala. Secara administratif, pulau ini masuk dalam wilayah kecamatan Balaesang. Pulau ini dinamakan pulau Pasoso, yang dikenal sebagai tempat populasi dari penyu hijau. Hal itulah yang membuat pulau Pasoso ini ditetapkan sebagai area konservasi penyu yang memiliki panorama laut yang indah.

Source: KSMTour.com

Banyak jalur yang dapat ditempuh untuk sampai ke pulau ini. Namun jalur utama yang biasa dilalui adalah dari desa Mapaga yang jaraknya dari kota Palu sekitar 108 km disebelah utara. Setelah sampai di desa Mapaga, kalian akan melakukan penyeberangan ke pulau Pasoso dengan menggunakan kapal motor dari pelabuhan Mapaga.

Hal-hal yang bisa kalian nikmati di tempat ini yaitu keindahan bawah lautnya yang dapat kalian eksplorasi dengan melakukan snorkeling maupun diving. Juga tidak kalah indahnya, kalian bisa berburu matahari terbit dan tenggelan dari pulau ini. Yuk nikmati tahun baru bersama orang-orang tersayang ditempat ini.

Nah itulah tadi 5 rekomendasi tempat yang bisa dijadikan sebagai tempat merayakan tahun baru bersama keluarga, sahabat, ataupun teman-teman lainnya. Tapi jangan lupa, di tengah situasi pandemic seperti saat ini tetap patuhi protokol kesehatan agar terhindar dari penularan COVID-19.

Baca Juga : Kamu Harus Tau : Pentingnya Membuat Usaha sendiri

Referensi

Gemasulawesi.com 2020, diakses melalui https://gemasulawesi.com/wisata-tabingga-hills-sulteng-butuh-perawatan/ pada 13 November 2020.

KabarSelebes.id 2020, diakses melalui https://www.kabarselebes.id/berita/2020/11/06/bersantai-tanpa-was-was penularan-covid-19-wajib-mencoba-kunjungi-cafe-resto-north-abel-beach-palu/ pada 13 November 2020

BackpackerJakarta.com 2020, diakses melalui https://backpackerjakarta.com/pantai-labuana-pantai-terindah-di-sulawesi-tengah/ pada tanggal 13 November 2020.

IndonesiaKaya 2020, diakses melalui https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/berkemah-di-pantai-labuana pada tanggal 13 November 2020.

IndonesiaKaya 2020, Diakses melalui https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/danau-poso-danau-unik-berpasir-rasa-pantai pada tanggal 13 November 2020.

Tempatwisataseru.com 2020, diakses melalui https://tempatwisataseru.com/danau-poso-danau-pasir-putih-indah-di-sulawesi-tengah/ pada tanggal 13 November 2020.

Ksmtour.com 2020, diakses melalui https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/sulawesi-tengah/pulau-pasoso-indahnya-dunia-bawah-laut-di-sulawesi-tengah.html pada tanggal 13 November 2020.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Dandy Rustam