Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Mengapa Bersyukur Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental? Ini 4 Alasannya

Ditulis Oleh Dandy Rustam

Yuk, ketahui manfaat bersyukur bagi kesehatan mental!

“Greatitude turns what we have into enough” – Anonymous

Isu kesehatan mental memang selalu menarik untuk selalu diperbincangkan, ada beberapa alasan mengapa kesehatan mental sangat penting bagi setiap individu, yang pertama adalah kesehatan mental berasal dari pengalaman setiap individu baik berupa fisik, emosional, dan mental. Yang kedua kesehatan mental sangat baik untuk menentukan faktor-faktor lain, serta yang terakhir adalah kesehatan mendat dapat mempengaruhi produktivitas seseorang (Aziz et al., 2017).

Dalam salah satu jurnal Psikologi dan Kesehatan Mental yang Berjudul “Kontribusi Bersyukur dan Memaafkan Dalam Pengembangan Kesehatan Mental di Tempat Kerja” menjelaskan bahwa Bersyukur adalah kondisi di mana seseorang merasakan kesenangan dan kepuasan terhadap yang diterimanya, juga memunculkan kondisi psikologi yang positif. Berikut 4 alasan bersyukur dapat meningkatkan kesehatan mental.

1. Dapat mengurangi rasa bosan yang dapat menimbulkan stress dalam diri

Yang pertama adalah bersyukur dapat mengurangi rasa bosan sehingga mampu mengurangi terjadinya stress dalam diri seseorang. Hal ini dikarenakan bersyukur membuat diri setiap individu merasa selalu puas dan tercukupi dengan apa yang telah diperolehnya.

2. Mendorong perilaku prososial

Prilaku prososial adalah perilaku yang terjadi karena adanya kontak sosial. Prilaku ini muncul karena adanya rasa ingin menolong seseorang tambah mengharapkan imbalan dari orang yang ditolong tersebut. Dengan rasa syukur, seseorang senang dalam hal saling tolong menolong

3. Memotivasi untuk bekerja sama dan bertanggung jawab

Tentu dengan rasa syukur yang ada dalam diri, akan mendorong sikap saling menerima kelebihan dan kekurangan dalam sebuah tim kerjasama dalam memperoleh hasil pekerjaan yang cemerlang. Selain memotivasi untuk bekerja sama, bersyukur juga dapat memotivasi untuk memiliki rasa tanggung jawab terhadap apa yang dikerjakan karena adanya rasa bersyukur atas anugerah dari Tuhan Yang Maha Esa.

4. Memberikan persepsi positif

Karena dalam diri setiap orang yang beryukur, selalu ada rasa berprangka baik terhadap apa yang terjadi disekitarnya dengan percaya bahwa semua ini terjadi atas kehendak dari Tuhan Yang Maha Esa.

Nah, itulah tadi alasan mengapa bersyukur sangat baik bagi kesehatan mental seseorang dalam menjalankan kehidupan. Yuk diterapkan untuk tetap menjaga kesehatal mental kita di tengah situasi pandemi seperti saat ini.

Baca Juga : Kuota Belajar Kamu Masih Banyak Tersisa? Begini Cara Pakainya Agar Bisa Akses Semua Aplikasi

Referensi

Aziz, R., Wahyuni, E.N., Wargadinata, W., 2017. Kontribusi Bersyukur dan Memaafkan dalam Mengembangkan Kesehatan Mental di Tempat Kerja. INSAN J. Psikol. Dan Kesehat. Ment. 2, 33. https://doi.org/10.20473/jpkm.V2I12017.33-43

Tentang Penulis

Dandy Rustam

Sharing is a good thing.