Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Aplikasi Zotero, senjata ampuh Mahasiswa dalam penulisan KTI!

original-1
Ditulis Oleh Soraya putri yakub

Dalam membuat karya tulis ilmiah seperti makalah, paper atau laporan menyebutkan referensi dari sumber rujukan menjadi hal yang sangat penting. Mengapa? Agar tulisan kita dapat terhindar dari perilaku plagiarisme. Namun kadang-kadang seseorang membuat tulisan yang mengacu pada beberapa referensi tertentu, penulis tidak memasukkan semua referensi yang ada karena ketidakmampuan untuk memasukkan referensi secara berulang dan terkesan ribet.

Seiring berjalannya waktu, perkembangan teknologi dan informasi yang pesat banyak menyediakan aplikasi yang memberi kemudahan kepada penulis untuk membuat standar penulisan sitasi dan daftar pustaka otomatis. Biasanya dosen meminta mahasiswa yang mana dalam penyusunannya menggunakan standar penulisan sitasi Zotero.

Zotero dikembangkan oleh Roy Rosenzweig Center for History and New Media yang tujuannya non komerisal. Zotero adalah aplikasi yang reference manager yang dapat memudahkan penulis dalam mengelola sumber-sumber referensi atau rujukan seperti pada buku, jurnal, website dan lain-lain.

Berikut cara menggunakan aplikasi zotero untuk menambahkan sitasi dan membuat daftar pustaka secara otomatis. Simak langkah-langkah dibawah ini ya!

Memasukkan referensi jurnal dan membuat daftar pustaka secara otomatis

  1. Sebelum itu download aplikasi zotero pada laptop kalian dan pastikan sudah terhubung pada microsoft word yang digunakan seperti pada gambar di bawah ini, saya menggunakan aplikasi zotero 0.5 for windows dan microsoft word 2010.
  2. Pastikan jaringan internet kalian terhubung, lalu seret jurnal yang sudah kalian download sebelumnya ke dalam aplikasi zotero.
  1. Kemudian copy.
  2. Tunggu beberapa menit, kemudian akan muncul judul jurnal yang kalian masukkan tadi.
  • Jika muncul tampilan bahwa jurnal yang kalian masukkan tidak berubah menjadi sebuah judul, melainkan seperti 2 jurnal pada gambar di bawah ini berarti jurnal yang di masukkan tidak bisa menjadi bahan referensi.
  • Jika judul jurnal telah muncul pada aplikasi zotero kalian, setelah itu masuk ke dokumen microsoft word yang akan kalian tambahkan referensi jurnal, lalu klik zotero, kemudian klik “Add/Edit Citation”. Selanjutnya akan muncul kotak dialog untuk memilih gaya sitasi, disini saya pilih style “American Psychological Association (APA) 7 th Edition”.
  • Akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, silahkan tulis judul referensi jurnal yang akan di masukkan pada karya ilmiah kalian, kemudian klik judul yang muncul tersebut.
  • Kemudian akan muncul nama penulis dari referensi jurnal tersebut, lalu klik enter pada keyboard kalian.
  • Secara otomatis akan muncul seperti ini.Selanjutnya untuk membuat daftar pustaka otomatis, sangatlah mudah. Kalian cukup meng-klik zotero pada microsoft word, kemudian pilih “Add/Edit Bibliography”, daftar pustaka otomatis berhasil dibuat.

Selamat mencoba guys dan semoga bermanfaat ya, yuk share informasi ini kepada teman-teman yang lain untuk kemudahan dalam memasukkan bahan referensi dan daftar pustaka secara otomatis. Good luck ya!

Baca juga: Membuat Daftar Pustaka Otomatis dengan Aplikasi Mendeley

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya 

Tentang Penulis

Soraya putri yakub