Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Bisnis Mahasiswa Lifestyle

Bisnis modal receh untuk mahasiswa

Bisnis sangatlah penting untuk mahasiswa. Kenapa? Karena saat memasuki dunia perkuliahan, kebutuhan mahasiswa sangatlah banyak. Otomatis, uang yang dikeluarkan pun tak sedikit.

Terlebih lagi untuk para mahasiswa yang merantau, di mana mereka juga harus menyisihkan uang sakunya untuk biaya kos dan pengeluaran rutin penting lainnya.

Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan kamu adalah dengan berbisnis. Bisnis mahasiswa seperti apa yang tidak menggunakan modal besar yah?

images-4

Ini dia bisnis yang sangat cocok untuk Mahasiswa ! :

baca juga : Curhatan Mahasiswa Untad Selama Masa Pandemi Covid-19

1. Jasa ngetik dan print makalah
Bagi kamu yang masih kuliah, kegiatan mengetik dan mengeprint makalah merupakan kegiatan yang paling setiap hari kamu lakukan. Kamu dapat membuka pengetikan dan mencetak makalah yang dilingkungan kamu, karena bagi orang yang tidak biasa komputer akan membutuhkan kesulitan dan membutuhkan waktu yang lama untuk mengetik. Oleh kerena itu dibutuhkan jasa pengetikan juga ditambah degan jasa cetak.

2. Desain grafis
Jika kamu memiliki ketertarikan yang menarik dibidang desain grafis kamu dapat memperbaiki hasil tersebut, dan membuatnya sebagai ladang bisnis kamu. Mengingat cukup jarang orang yang memiliki keterampilan ini. Misalnya, dengan menawarkan spanduk, kartu nama, logo, dan sebagainya yang terkait dengan desain grafis.

3. Membuat masker unik.
Menjual masker saat pandemi ini merupakan pilihan yang tepat karena barang ini sedang banyak dicari. Melihat harga masker yang kini melambung tinggi, kamu bisa mencari bahan-bahan yang tidak terlalu mahal, misalnya dengan kain bekas di rumah.

Jika ada niat, kamu bisa melihat tutorial pembuatan masker kain di Facebook, seperti video buatan Dr Chen. Dokter yang berasal dari Taiwan ini memberikan tutorial sederhana membuat masker handmade. Untuk pemasarannya, kamu bisa memanfaatkan media sosial. Supaya menambah nilai jual, disarankan membuat masker dengan motif yang lucu dan menarik.

4. Menjadi Reseller
Berjualan produk mungkin sudah ada dipikiran kamu untuk menjalankan bisnis sampingan, karena kegiatan ini mudah untuk dipelajari dan dilakukan. Kamu bisa menjadi reseller sebuah produk yang sedang laku dan ngetren saat ini, supaya produk kamu laku dan tidak sia-sia. Jangan lupa untuk mencari supplier yang terpercaya, supaya dapat menunjang barang-barang yang kamu butuhkan. Pastikan kamu mendapatkan kualitas terbaik dan pertimbangkan juga harga yang kamu peroleh, supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan lebih.

5. Menjadi Freelance Writer
Menjadi freelance writer sangat cocok untuk kamu yang gemar menulis, karena tulisan kamu akan dibayar oleh perusahaan yang tertarik dengan tulisan kamu. Ada beberapa jenis freelance writer, seperti ghostwriter, technical writer, web content writer, dan copywriter.

6. Menjual pulsa elektrik
Merintis bisnis pulsa elektrik menjadi pilihan tepat untuk para mahasiswa yang memiliki modal awal terbatas. Selain hanya perlu menyiapkan modal awal kurang dari Rp50 ribu, bisnis ini juga sangat mudah dioperasikan dan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup besar. Dalam sekali penjualan, kita bisa mendapatkan keuntungan mulai dari Rp. 1000 hingga Rp. 2000.

 

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Ainunnisa Dhika Fajri

Born to shine!