Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Ini cara efektif belajar selama daring!

Persiapan yang optimal menjadi hal mutlak yang harus dilakukan sebelum belajar di masa pandemi.

Lantas, seperti apa cara belajar efektif yang dapat kamu terapkan?

Pandemi sedikit banyak mengubah pola hidup manusia. Semua kegiatan yang dulunya dapat dilaksanakan secara bertatap muka, kini harus bermigrasi menjadi kegiatan daring, tak terkecuali pada kegiatan pembelajaran.

Ini dia, cara belajar yang efektif selama daring !

index

baca juga : Bisnis modal receh untuk mahasiswa

1. Siapkan Ruangan Yang Aman, Nyaman, dan Tentram
Ruangan yang nyaman sangat berpengaruh pada proses belajar di rumah. Bayangkan saja, kalian pasti tidak semangat belajar apabila ruangan yang kalian tempati kotor dan berantakan. Pastikan untuk selalu membersihkannya. Kalian bisa menambahkan aksesoris atau dekorasi ruangan yang menarik sesuai selera, supaya tidak bosan berada di ruang belajar tersebut.

Ruangan yang menarik akan menambah semangat kalian dalam belajar! Jadi, jangan biarkan ruangannya berantakan. Beri tahu keluarga yang ada di rumah kalau sedang belajar, sehingga memerlukan suasana yang tenang. Bagi kalian yang punya adik kecil, hindari suara yang dapat mengganggu konsentrasi kalian.

2. Disiplin Mengatur Waktu
Mulailah setiap hari dengan bangun subuh dan mandi sebelum jam belajar dimulai. Mandi akan bermanfaat untuk menghilangkan rasa kantuk ketika proses belajar dimulai. Duduk di meja dan siapkan perangkat belajar online di waktu yang sudah ditentukan. Biasanya, belajar di kamar akan menimbulkan keinginan untuk kembali ke tempat tidur. Jadi, cobalah untuk pindah ke ruangan lain agar tetap fokus dan tidak tergoda tidur kembali.

Energi yang dihabiskan untuk belajar di rumah mungkin membuatmu tidur lebih malam. Jika hal ini terjadi, seimbangkan dengan melakukan aktivitas atau hobi lain agar energi di dalam tubuh tersalurkan. Nah, jam tidur sebaiknya juga bisa kembali normal.

3. Tidur Cukup dan Tidak Begadang
Aktivitas di rumah memang membuat sebagian orang juga lebih santai. Mungkin banyak orang yang tidur lebih malam. Namun, terlalu sering begadang juga bisa mengganggu metabolisme tubuh terganggu. Sebaiknya, kurangi begadang agar fungsi tubuh tetap optimal dan proses belajar tetap nyaman meski berada di rumah. Jangan biarkan masa pandemi mengganggu proses belajar, ya. Tetap pastikan kondisi tubuh yang prima agar materi yang diserap oleh otak tetap optimal.

4. Beri Hadiah untuk diri sendiri
Saat Anda belajar dengan giat, jangan lupa untuk menghargai diri sendiri. Hadiahi dengan makan makanan penutup favorit, menonton serial web favorit atau hanya tidur, apa pun yang disukai lakukan itu.

5. Selesaikan Tugas Tepat Waktu
Fokus untuk menjadi mahasiswa yang lebih baik. Catat tugas-tugas yang mendekati deadline. Dan kerjakan sesegera mungkin. Jangan biarkan tugas kalian menumpuk. Itu dapat membuat mood kalian turun apabila melihat setumpuk tugas kemarin yang belum sempat dikerjakan.

Jadilah mahasiswa yang terorganisir, selesaikan tugas kalian tepat waktu!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Ainunnisa Dhika Fajri

Born to shine!