Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini Tahukah Kamu

Isra Mi’raj 2021, berikut Amalan dan Dzikir yang dianjurkan Nabi

Ditulis Oleh Soraya putri yakub

Isra mi’raj merupakan peristiwa yang sangat suci dan bersejarah bagi umat Islam. Pada tahun ini, Hari isra mi’raj itu jatuh pada Kamis (11/03/2021) seluruh umat Islam akan memperingatinya.

Apa itu isra mi’raj?

Isra mi’raj adalah suatu perjalanan Nabi Muhammad SAW yang menembus langit ke tujuh dalam waktu satu malam saja. Hal ini merupakan peristiwa penting bagi seluruh umat islam, karena pada moment inilah Nabi Muhammad SAW mendapat perintah dari Allah SWT untuk menunaikan shalat 5 waktu dalam sehari semalam. Kala itu Rasulullah berpindah dari Masjidil Haram kemudian ke Masjidil aqsha, lalu menuju Sidrarul Muntaha.

Untuk waktu pelaksanaan isra mi’raj ini setiap hari ke-27 dari bulan ke tujuh (Rajab) sesuai dengan kalender Hijriyah.
Isra mi’raj sebenarnya adalah dua kejadian yang berbeda, namun dalam waktu yang bersamaan.

Isra adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram di Makkah ke Masjidil Aqsa di Yerusalem. Sedangkan mi’raj adalah perjalanan Nabi Muhammad SAW dari bumi, menuju lapisan langit ketujuh, kemudian ke Sidratul Muntaha bersama dengan Malaikat Jibril. Selama Rasulullah SAW menapaki langit ketujuh, beliau sempat bertemu dengan beberapa nabi. Berdasarkan firman Allah :

سُبْحَانَ الَّذِي أَسْرَى بِعَبْدِهِ لَيْلاً مِّنَ الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ إِلَى الْمَسْجِدِ الأَقْصَى
“Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al Masjidil Haram ke Al Masjidil Aqsha “ (Al Isra’:1)

Seluruh umat muslim di dunia memiliki cara sendiri dalam memperingati isra mi’raj. Seperti dengan melakukan amalan-amalan dan doa yang bisa diamalkan. Tergantung dari bagaimana setiap muslim memaknainya, karena bagaimanapun cara merayakan isra mi’raj itu jika dengan niat baik dan hati yang tulus Insya Allah akan memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

Ada yang merayakan isra mi’raj dengan menceritakan kepada anak-anaknya tentang bagaimana kisah perjalanan Nabi Muhammad SAW (sejarah isra mi’raj) dan dibarengi dengan bersholawat.

“Aku bertanya kepada Jibril,” Wahai Jibril, untuk siapakah sungai ini? “Jibril pun menjawab, “Untuk orang yang bersalawat kepadamu di bulan Rajab.” (Durrah Al-Nasihin, hal. 85)

Pada kondisi pandemi covid 19 saat ini, salah satu amalan yang paling mudah untuk diterapkan adalah melantunkan dzikir. Dalam perjalanannya ke langit ketujuh, berikut dzikir yang diajarkan Nabi Ibrahim As kepada Nabi Muhammad SAW juga dianjurkan dibaca oleh umat Rasulullah, berikut bacaanya:

لاَ حَوْلَ وَلاَ قُوَّةَ إِلاَّ بِاللَّ
Laa haula walaa quwwata illa billah
Artinya : “Tidak ada daya dalam menjauhi maksiat dan tidak ada upaya menjalankan ketaatan melainkan dengan pertolongan Allah.”

Adapun doa bulan Rajab yang bisa diamalkan yaitu:

اللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِي رَجب وَشَعْبَانَ ، وَبَلغنَا رَمَضَانَ
Allahumma baariklanaa fii rajaba wa sya’baana wa ballighnaa ramadhoona.
Artinya : “Ya Allah berkahilah kami pada bulan rajab dan sya’ban, dan sampaikan kami di bulan ramadhan.”

Berikut doa lainnya yang bisa diamalkan di bulan Rajab yaitu:

اللَّهُمَّ أَهْلِلْهُ عَلَيْنَا بِاْلأَمْنِ وَاْلإِيْمَانِ وَالسَّلاَمَةِ وَاْلإِسْلاَم رَبِّيْ وَرَبُّكَ اللهُ هِلاَلَ رُشْدٍ وَخَيْرٍ
Allahumma ahlilhu ‘alayna bil-amni wal iimaani wassalaamati wal islaami, Robbii wa Robbukallahu, hilala rusydin wa khoirin.
Artinya: Ya Allah, Jadikanlah bulan ini kepada kami dalam kondisi aman dan hati kami penuh dengan keimanan, dan jadikanlah pula bulan ini kepada kami dengan kondisi selamat dan hati kami penuh dengan keislaman. Rabb ku dan Rabb mu Allah. Bulan petunjuk dan bulan kebaikan.” (HR. Turmudzi).

Selain itu, dalam memperingati hari isra mi’raj, kita bisa mengambil hikmah dari perjalanan Nabi Muhammad SAW. Dengan memperbanyak istighfar dan bertobat dengan memohon ampunan kepada Allah SWT. Sebenarnya masih banyak amalan-amalan baik yang dapat kita lakukan seperti dengan bersedekah, berpuasa dan lain sebagainya.

Selamat memperingati hari Isra Mi’raj untuk seluruh umat Muslim di dunia. Hendaknya kita lebih banyak bersyukur kepada Allah SWT, semoga kita lebih baik lagi dan bisa meneladani akhlak Rasulullah SAW.

Baca juga: Karimah : Mari Persiapkan Dirimu Menuju Ramadhan

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Soraya putri yakub