Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Info Kampus Tahukah Kamu

Tipe dosen seperti apa yang kalian andalkan?

Dosen adalah pendidik profesional yang bekerja di satuan pendidikan tinggi tertentu. Dosen sering disebut sebagai guru besar. Tugas utama seorang dosen adalah mengembangkan dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, juga seni melalui Tri Dharma Pendidikan Tinggi.

karikatur-dosen-mengajarBuat yang baru kuliah, dan baru akan berhadapan dengan yang namanya dosen, biasanya kita bakal bingung tentang segala hal yang berkaitan dengan dia. Meski sama-sama berstatus sebagai pengajar, dosen ini punya karakter yang berbeda. Itu artinya, tiap dosen punya perlakuan yang berbeda.

Uniknya, di tiap kampus dan angkatan, karakter dosen yang ditemukan biasanya terdiri dari 5 tipe besar. Kenalan yuk sama beberapa tipe dosen ini!1

baca juga : Bisnis modal receh untuk mahasiswa

1. Dosen Berhati Malaikat

Dosen berhati malaikat artinya dosen itu sangat baik hati terhadap mahasiswanya. Ada suka dan duka kalau ketemu dosen yang seperti ini. Sukanya dosen tipe ini gampang meluluskan mahasiswa di mata kuliahnya jadi tidak perlu banyak drama air mata jika masuk di kelasnya. Jadi buat kalian yang super malas, ini akan menjadi Surga. Sedangkan dukanya, dosen seperti ini sebenarnya tidak selalu enak! Biasanya dosen tipe ini akan membebaskan mahasiswanya dan terkesan kurang peduli. Mau rajin, malas, pintar sekalipun kesannya sama saja. Kita pun jadi tidak paham dengan pembelajaran dikelas.

2. Tukang Curhat

Tidak hanya hanya mahasiswa yang suka curhat, si dosen type ini juga suka curhat. Secara tidak langsung ia bisa menceritakan banyak hal termasuk masalah keluarganya, tentang anak-anaknya, bahkan terkadang menceritakan perjuangannya kuliah dulu dengan membanding-bandingkan dengan kalian. Waktu untuk curhatnya juga beragam, biasanya ia curhat di awal perkuliahan atau saat dipertengahan hingga berakhirnya jam kuliah.

Meski demikian, maksud dosen ini baik kok yaitu mereka ingin berbagi pengalaman dan sharing tentang keras kehidupan walau kadang curhatnya suka kelupaan waktu. Tapi kalian suka kan? hihihi

3. Tipe Dosen Killer

Istilah killer sudah tidak asing asing lagi di telinga? Ya, identik dengan membunuh, jahat, dan lainnya. Berbeda dengan dosen tipe pertama, dosen ini selalu menekankan mahasiswanya untuk disiplin, berbagai tugas bakalan jadi teman tidur apabila berhadapan dengan dosen ini. Terlebih lagi jika kamu tidak memperhatikan dia menjelaskan di atas atau ribut pada saat mata kuliah. Dijamin kamu akan dikeluarkan dari kelasnya dan tidak lulus mata kuliahnya!! Ngeri sedap ya gais.

Kalau kamu berhadapan dengan dosen tipe ini, Kamu harus menyimak baik-baik materi yang ia ajarkan. Karena biasa dosen seperti ini akan pelit kasih nilai. Jadi kalau tidak belajar apalagi pada saat final siap-siap saja dapat CenDol alias C dan D, tidak jarang juga E! Eitsss, tapi dosen ini bagus supaya mahasiswa benar-benar belajar. Biasa dosen ini meskipun tidak pernah diliat, namanya akan melegenda di kalangan mahasiswa berbagai angkatan.

4. Si Sibuk yang Jarang Masuk

Disetiap kampus hingga fakultas pasti adanya aja dosen jenis ini. Dosen ini biasanya memiliki banyak prestasi dan tidak sedikit dari mereka yang menjabat di fakultas bahkan kampus. Dosen ini jarang masuk kampus secara umum karena adanya dinas keluar kota, acara besar kampus hingga agenda yang harus diselesaikan bukam alasan pulang kampung yah hihihi

Meski begitu, biasanya beliau sudah memberitahu para mahasiswanya dari jauh-jauh hari bahwa beliau tidak bisa mengajar walaupun tidak sedikit juga yang dadakan tidak bisa memberikan kuliah pada hari itu. Tapi, untuk soalnya ujiannya sendiri sudah terbilang gampang. Hal ini karena sang dosen juga sadar bahwa beliau jarang masuk sehingga tidak ingin merepotkan para mahasiswanya.

5. Seenaknya memberikan tugas

Dosen tipe ini sering mengecewakan perasaan mahasiswa bahkan hingga membuat mahasiswa frustasi.Biasanya ia akan memberikan tugas pada mahasiswanya berlapis-lapis gais dan dikumpul besok harinya! Tak jarang bahkan ia memberikan tugas dan dikumpul di hari yang sama. Tugasnya sudah bagaikan kasih ibu gais, tak terhingga sepanjang masa.

Hal tersebut tentu membuat mahasiswa membencinya dan tidak menginginkan untuk mengambil mata kuliah yang diampuhnya, mahasiswa mungkin akan terpaksa masuk ke kelasnya bila kelas lain sudah terisi penuh dan hanya kelas dari dosen yang mahasiswa benci ini yang masih tersisah.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Ainunnisa Dhika Fajri

Born to shine!