Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Berita Terkini

Himbara Kenakan Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link mulai 1 juni

ATM Himbara
Ditulis Oleh Soraya putri yakub

Per 1 Juni Himpunan Bank Milik Negara atau singkatan dari (Himbara) akan mengenakan tarif untuk cek saldo dan tarik tunai di ATM Link dengan rincian biaya masing-masing Rp2.500 dan Rp5.000 per transaksi.

Penyesuaian tarif tersebut meningkat dari yang sebelumnya tidak dikenakan biaya atau gratis. Adapun Bank yang tergabung dalam Himbara adalah PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI), dan PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN).

Penyesuaian itu terhitung mulai 1 Juni 2021 dan berlaku sampai dengan adanya penyesuaian di kemudian hari. Sedangkan untuk transaksi transfer antar bank tidak mengalami perubahan atau tetap dikenakan tarif Rp4.000.

“Penyesuaian biaya tersebut juga menjadi bentuk healthy business untuk menciptakan bisnis yang berkelanjutan. Selain itu, penyesuaian biaya transaksi tersebut juga merupakan komitmen untuk meningkatkan layanan perbankan inklusif, peningkatan keamanan dan kualitas layanan yang pada akhirnya menciptakan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi,” ujar Aestika yang dilansir dari Bisnis.com (21/05/2021)

Lebih lanjut, dia menambahkan hal ini juga dilakukan demi mendukung Gerakan Nasional Non-Tunai (GNTT) atau mendorong cashless society agar mengurangi ketergantungan masyarakat terhadap penggunaan uang tunai dalam bertransaksi.

“Bagi nasabah, hal ini menjadi momentum untuk mendorong nasabah bertransaksi secara cashless dan menggunakan digital banking utamanya Internet Banking, BRImo, dan Mobile Banking yang lebih praktis, mudah dan murah bagi nasabah,” tukasnya.

Walaupun demikian, nasabah BRI dapat bertransaksi dengan biaya lebih hemat di ATM Link (Bank Himbara) tersebut jika dibandingkan dengan biaya transaksi pada non-ATM Link. Dimana, biaya transaksi di non-ATM Link tersebut sebesar Rp4.000 untuk cek saldo, Rp7.500 untuk tarik tunai dan Rp6.500 untuk transfer.

Selain bertransaksi di ATM Himbara (BNI, Mandiri, BTN) atau ATM Link, nasabah BRI juga tetap bisa bertransaksi melalui 16.558 mesin ATM BRI dan 5.707 mesin CRM BRI yang tersebar di seluruh Indonesia tanpa adanya penyesuaian biaya.

Untuk nasabah BRI, khusus transaksi cek saldo melalui ATM BRI, Internet Banking dan BRImo tidak dikenakan biaya atau gratis. Begitupun untuk transfer sesama BRI baik melalui Internet Banking, BRImo maupun ATM BRI/Link juga tidak dikenakan biaya. Selain itu transaksi tarik tunai kartu BRI di ATM BRI juga tidak dikenakan biaya/gratis.

Baca juga . Bank Mandiri Pastikan Transaksi di ATM Link Tetap Gratis Asal…

“Selain itu, untuk transaksi yang lebih praktis, mudah dan juga lebih murah, BRI menghimbau nasabah untuk dapat bertransaksi secara cashless dan melakukan berbagai macam transaksi perbankan secara digital, seperti menggunakan internet banking BRI, BRImo, maupun mobile banking”, tutup Aestika.

Source : Web Bisnis.com dan Investor.id

Baca juga . Yuk aktifkan M Bangkingmu untuk membayar UKT!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya. 

Tentang Penulis

Soraya putri yakub