Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Jangan Takut Belajar Politik! Ketahui 8 Manfaat Belajar Politik Bagi Anak Muda

Ditulis Oleh Dandy Rustam

Belajar Politik, Dalam karya Aristoteles yang berjudul “Politics” mengatakan bahwa manusia adalah “Zoon Piliticon” atau makhluk politik. Hal ini ditandai dengan adanya relasi politik dari manusia satu dengan manusia yang lain dengan adanya kesamaan kepentingan serta tujuan yang hendak dicapai. Hubungan relasi ini pula lah yang memberikan dampak yang nyata terhadap terbentuknya sebuah negara karena adanya hubungan-hubungan politik. Proses politik tersebut juga akan berlangsung sangat panjang sesuai dengan kehidupan negara, dengan melibatkan warga negaranya.

Indonesia sebagai negara demokrasi, melibatkan warga negara dalam politik yang didasari dari pemahaman tentang kedaulatan negara berasal dari rakyat. Sehingga dalam penentuan atau pengambilan keputusan politik harus melibatkan peran serta rakyat di dalamnya.

Akan tetapi persoalan sesaat setelah pasca reformasi, keikutsertaan masyarakat dalam arena politik menunjukkan gejala kelesuan dari segala lapisan masyarakat, khususnya dari kalangan anak muda. Salah satu indikasi sederhana yang menyebabkan kurangnya keinginan anak muda untuk belajar politik karena kurangnya pemahaman terhadap manfaat yang akan didapatkan saat belajar politik. Padahal belajar politik memberikan manfaat yang baik bagi diri anak muda jika ingin mempelajarinya.

Maka dari itu, tulisan ini akan memberikan 10 manfaat belajar politik yang akan diperoleh oleh setiap diri anak muda yang ingin mempelajarinya.

1. Dapat mempelajari kebijakan dari pemimpin terdahulu

Dari zaman ke zaman, pergantian pemimpin dari suatu negara akan berganti sesuai dengan masa jabatan yang telah ditentukan. Dalam periode masa jabatan dari setiap pemimpin dalam suatu negara akan terdapat berbagai kebijakan yang dikeluarkan terkait dengan kondisi satu negara tersebut. Sehingga kebijakan-kebijakan tersebut dapat dipelajari terkait dengan dampak yang diberikan oleh kebijakan yang dikeluarkan tersebut terhadap kehidupan masyarakat dalam masa jabatannya

2. Dapat mempelajari gagasan bernegara

Kita sepakat jika mengatakan bahwa antara satu negara dengan yang lainnya tidak memiliki gagasan yang sama. Gagasan dari sebuah negara tentu didasari dari sebuah sejarah dan latar belakang kemerdekaan. Sehingga hal tersebut dapat dipelajari dan disesuaikan dengan kondisi dari negara saat ini.

3. Dapat mempelajari sistem politik dunia

Sistem politik mulai dari totaliter, demokrasi, otokrasi, oligarki, dictator, otoriter hingga demokrasi liberal akan memberikan pandangan yang jelas kepada kita tentang memapuan untuk memilah dan menganalisa sistem politik yang baik diterapkan dalam bernegara dengan memperhatikan dan menyesuaikan kondisi dari masyarakat dari negara itu sendiri.

4. Dapat memperbaiki kekeliruan politik saat ini di masa depan

Kepentingan bersama adalah dasar dari politik, maka dari itu kebijakan dan peraturan dikeluarkan untuk mengatur kepentingan bersama tersebut. Dengan penngetahuaan politik yang kita miliki, tentu kebijakan dan peraturan yang dikeluarkan tersebut dapat dievaluasi agar lebih tepat dalam pengimplementasiannya.

5. Dapat mempelajari teori dan praktik politik

Sebagai sebuah ilmu sosial tertua, ilmu politik menjadi pelajaran terhadap teori dan praktek politik dari tokoh-tokoh terdahulu. Dengan pengetahuan terhadap teori dan praktek ilmu politik, maka hal tersebut dapat memberikan kita kemampuan dalam melakukan penelitian dan kajian secara lebih komprehensif. Sehingga apabila ada praktek politik yang tidak baik di sekeliling kita, maka kita tidak lagi gagap dalam menaggapi dengan kritik yag disertai dengan solusi

6. Dapat melatih berfikir kritis

Belajar ilmu politik akan memberikan kita wawasan kebangsaan dan wawasan kemasyarakatan yang luas. Dengan wawasan tersebut, kita memanfaatkannya menjadi sebuah kesempatan untuk terlibat dalam sebuah masalah yang terjadi di sekitar kita. Dengan keterkaitan politik yang begitu luas dengan kehidupan, tentu politik mengisyaratkan jajak pendapat dengan memberikan kritik dan saran yang memungkinkan anda untuk terlibat secara lebih aktif.

7. Dapat melatih rasa toleransi

Perbedaan pendapat merupakan hal yang wajar dalam interaksi masyarakat dengan tujuan membuat kebijakan secara bersama. Sehingga dengan pemahaman politik yang matang, kita dapat memberikan ruang terhadap rasa toleransi atas perbedaan di antara masyarakat.

8. Dapat meningkatkan kepekaan terhadap kondisi negara

Atas ilmu pengetahuan yang telah kita dapatkan dan pelajari, hal-hal tersebut akan memberikan kita kemampuan untuk lebih peka terhadap fenomena-fenomena politik yang mempengaruhi kehidupan sosial masyarakat. Sehingga dengan wawasan yang kita miliki akan mendorong naluri kepekaan kita terhadap keadaan berbangsa dan bernegara.

Baca Juga : Himbara Kenakan Tarif Cek Saldo dan Tarik Tunai di ATM Link mulai 1 juni

Nah, 8 manfaat dari belajar politik tersebut akan memberikan pengaruh terhadap pengembangan diri anda. Perlu diketahui, bahwa belajar politik bukanlah hal yang yang perlu kita hindari. Hal ini di karena belajar politik membantu kita dalam memahami gejala-gejala sosial yang terjadi dilingkungan kita dan membantu kita dalam terlibat dalam penyelesaiannya. Maka dari itu, sebagai anak muda, jangan takut berpolitik.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Dandy Rustam

Sharing is a good thing.