5 Tantangan Yang Akan Dirasakan Saat Pertama Kali Merantau

Hal apa saja yang paling mendeskripsikan anak rantau? Yah benar sekali, keberanian dan kemandirian dalam diri seorang yang memilih untuk berpindah tempat tinggal baik untuk menetap maupun hanya sementara ke tempat yang cukup jauh dengan tujuan tertentu. Salah satu contoh perantau adalah mahasiswa yang berasal dari suatu daerah yang jaraknya cukup jauh dengan daerah kampus tempat menempuh pendidikan. Hal itu membuat seorang mahasiswa harus memilih untuk tinggal sementara di daerah sekitar kampus. Dengan kondisi seperti tersebut, banyak sekali hal-hal yang dirasakan oleh mahasiswa rantau di tempat tinggalnya. Hal-Hal itu menjadi tantangan dalam kehidupannya selama merantau. Maka dari itu, dalam tulisan ini, akan kami sajikan beberapa tantangan yang dialami oleh mahasiswa yang pertama kali dalam merantau. Yuk baca selengkapnya!

1. Uang Yang Pas-pasan

Tantangan yang pertama ini pasti akan dirasakan bagi mereka yang memilih merantau untuk melanjutkan pendidikan. Apalagi jika dalam menempuh pendidikan di tanah rantau masih mengandalkan kiriman dari orangtua, tentu hal ini akan sangat dirasakan oleh para mahasiswa perantau. Tapi tenang saja, hal itu wajar dialami banyak mahasiswa perantau. Untuk mengatasi hal tersebut biasanya mahasiswa rantau memilih untuk menjalankan usaha ataupun bekerja secara part-time  jika memiliki waktu luang. Bagi kalian mahasiswa rantau yang merasakan tantangan ini, kalian bisa mengatasinya dengan hal tersebut jika memiliki waktu yang dirasa luang.

2. Sakit Tanpa Ada Yang Merawat

Wah, kasihan banget sih kalau sampai sakit di tanah rantau. Apalagi kalau di kosan tinggal sendirian, rasanya ingin pulang ke pelukan ibu. Dengan kondisi seperti ini tentu akan mengingat bagaimana orangtua merawat saat sakit di kampung halaman. Sakit ditambah dengan rindu tentu menambah kesedihan dalam diri. Apalagi kalau orangtua di kampung sampai tahu kalau kita lagi sakit, tentu mereka juga akan semakin resah.

3. Lebih Mandiri Dalam Mengerjakan Sesuatu

Di tanah rantau, orangtua tidak akan ikut untuk mengurusmu selama merantau. Jadi siap-siaplah menjadi orang yang mandiri dalam melakukan berbagai aktivitas yang biasanya dikerjakan oleh ibu. Mulai dari mencuci baju sendiri, masak makanan sehari-hari sendiri akan menjadi hal-hal dasar yang akan kamu kerjakan secara mandiri.

4. Sendiri dan Merindukan Orangtua

Biasanya hal ini dirasakan ketika membutuhkan waktu untuk sendiri di kamar kosan. Sambil baring di tempat tidur, ataupun lagi makan hidangan makanan yang dibuat sendiri biasanya akan membayangkan hal-hal yang membuat rindu suasana rumah. Untuk mengatasi hal-hal tersebut, segeralah untuk menghubungi orangtua jika sudah merasakan kerinduan kepada mereka.

5. Belajar Dalam Memiliki Pergaulan

Mungkin pada saat masih tinggal dengan orangtua, kamu masih merasa diawasi terkait dengan pergaulan. Tapi di tanah rantai, kalian hanya akan mendapatkan nasehat dari orangtua masalah memilih pergaulan. Semua keputusan sudah ada di tangan kalian dalam memilih pergaulan. Jika kalian merasa nyaman dengan suatu pergaulan, pastikan pergaulan tersebut berenergi positif dalam dirimu. Juga memberikan efek yang baik dalam kehidupan sehari-hari dan masa depanmu.

Nah, itulah dati 5 tantangan yang akan dirasakan pada saat memilih untuk merantau ke suatu tempat yang cukup jauh dari daerah asal. Maka dari itu, pandailah menemukan solusi dalam menghadapi tantangan-tantangan tersebut.

Baca Juga : 4 Bentuk Self Reward untuk Menjagamu Tetap Produktif

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.


Diterbitkan

dalam

oleh

Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *