Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Penyebab kamu salah pilih jurusan kuliah!

Jurusan kuliah adalah hal yang sangat penting. Karena itu bisa mempengaruhi masa depan kita yang akan menjalaninya. Jadi, sangat perlu untuk berpikir dengan matang sebelum memilih jurusan yang akan di ambil untuk kuliah.

077692700-1496996489-046444500-1491900509-Stress15

Ciri-ciri kamu merasa salah pilih jurusan adalah saat kamu tidak memiliki mata kuliah favorit satupun. Kamu juga menjadi sulit konsentrasi ketika kuliah. Meski sudah belajar terlebih dulu sebelum kelas dimulai, kamu masih saja sulit berkonsentrasi. Padahal materi yang diberikan tidaklah rumit. Memang pada dasarnya sudah tidak memiliki ketertarikan sehingga kamu tidak fokus ketika materi kuliah diberikan.

Sobat, jangan sampai salah pilih jurusan kuliah yah.

Mengapa hal ini menjadi penting? sebab jurusan yang akan kamu pilih sekarang akan kamu jalani selama masa perkuliahan dimasa yang akan datang. Ingat, 3-4 tahun kamu akan menjalaninya? siap?

Nah, dibawah ini ada beberapa penyebab kita merasa salah pilih jurusan kuliah.

1. Keinginan Orangtua

Tak sedikit seseorang kuliah karena keinginan orang tuanya. Misalnya dia ingin kuliah di jurusan seni, sedangkan orang tuanya ingin dia kuliah di jurusan kedokteran demi gengsi semata dan tak melihat kemampuan anaknya. Akhirnya sang anak mengambil jurusan tersebut karena keinginan orangtuanya. Tetapi karena dari awal keinginannya bukan di jurusan kedokteran, makanya dia kuliah tidak dengan sepenuh hati dan menyebabkan dia salah jurusan.

2. Ikut-ikutan teman

Kuliah karena ikut-ikutan teman bisa menjadi penyebab seseorang salah jurusan. Sebenarnya dia tidak ada minat di jurusan tersebut, tetapi dia tetap mengambil jurusan tersebut karena teman-temannya banyak di jurusan itu. Mengambil jurusan yang sama dengan teman sekolahnya dulu, karena malas mencari teman yang baru.

3. Kurangnya Informasi Tentang Program Studi

Dengan kurangnya informasi mengenai berbagai macam pilihan jurusan atau program studi di peguruan tinggi, hal ini menyebabkan kamu akan memilih jurusan yang hanya dikenal banyak orang umum dan apa yang ada.

4. Terobsesi dengan jurusan yang bergengsi

Kalian terlalu terobsesi dan fokus hanya satu pilihan saja. Prinsip kalian pokoknya harus ada di jurusan tersebut demi gengsi. Terkenalnya jurusan itu, membuat kalian semakin semangat untuk masuk disana tapi tidak di modali dengan kemampuan. Artinya, cuma modal nekat saja. Bukan berarti aku melarang kamu untuk yakin dengan mimpi atau impianmu. Hanya saja segala sesuatu yang berlebihan tidak baik.

Baca juga : Lelaki Pejuang Rupiah

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Ainunnisa Dhika Fajri

Born to shine!