Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Lifestyle Tahukah Kamu

Kerja Part Time Yang Cocok Untuk Mahasiswa

Saat ini pekerjaan tidak lagi mengharuskan karyawannya untuk bekerja full time. Ada banyak pekerja yang memang tidak menginginkan bekerja full time dan memilih untuk bekerja part time karena berbagai alasan. Kuliah, misalnya. Kebutuhan menjadi mahasiswa sangatlah banyak. Jika hanya mengandalkan uang orangtua saja, apakah kamu tidak merasa menjadi beban orangtua?

Menjadi mahasiswa bukan alasan untuk kita tidak berani mengambil resiko untuk mendapatkan uang tambahan lho!

th-2

Siapa bilang bekerja sambil kuliah itu bermasalah?

Nyatanya kuliah sambil bekerja itu justru membangun kemandirian, mentalitas dan meningkatkan kualitas atau keterampilan diri kamu.

Nah, di bawah ini ada beberapa contoh kerja part time yang cocok untuk mahasiswa.

1. Tutor atau guru les
Pekerjaan ini adalah salah satu kerja part time yang banyak diambil oleh mahasiswa, utamanya bagi yang mengenyam kuliah berlatar studi pendidikan. Untuk tutor, di beberapa kampus ada yang menyediakan layanan untuk menjadi tutor bagi junior yang masih di semester awal. Jika kamu cukup menguasai materi-materi perkuliahan, boleh dicoba untuk menjadi tutor, sekaligus bisa berbagi ilmu dan pengalaman selama kuliah kepada junior.

2. Fotografer
Fotografer atau juru foto (bahasa Inggris: photographer) adalah orang-orang yang membuat gambar dengan cara menangkap cahaya dari subyek gambar dengan kamera maupun peralatan fotografi lainnya, dan umumnya memikirkan seni dan teknik untuk menghasilkan foto yang lebih bagus serta berusaha mengembangkan ilmunya. Banyak fotografer yang menggunakan kamera dan alatnya sebagai pekerjaan untuk mencari penghasilan, dan gambarnya akan dijual untuk cover majalah, cover calender, artikel, dan lain-lain (wikipedia).
Setiap momen spesial tentunya ingin diabadikan untuk kenang-kenangan di masa yang akan datang. Terlebih, sekarang semakin banyak orang yang memiliki platform media sosial untuk menunjukkan momen-momen pentingnya. Seiring dengan hal ini, banyak orang yang mulai melirik jasa fotografer untuk mengabadikan momen apa pun. Kamu juga bisa memulai kerja part time dengan menjadi seorang fotografer.

3. Penulis lepas
Penulis lepas adalah seorang penulis yang menulis untuk proyek secara kontrak maupun proyek lepas untuk perusahaan atau pribadi. Penulis lepas bebas bekerja untuk siapa saja dan berapapun kliennya, baik itu pribadi maupun perusahaan. Penulis lepas juga memilih sendiri proyek yang ingin dikerjakan. Pesan saya, jika ingin bekerja menjadi seorang penulis lepas, maka jadilah penulis yang baik. Untuk menjadi penulis lepas, tentu saja kamu harus bisa menghasilkan tulisan yang baik.

4. Waiter/Waitres
Waiter adalah sebutan untuk seorang pramusaji untuk pelayan laki-laki. Waitress adalah sebutan untuk seorang pramusaji untuk pelayan perempuan.

Waiter/Waitres adalah seorang yang bekerja untuk melayani para tamu yang ada di sebuah restaurant atau Cafe. Tugas seorang waiter/waitress yaitu membantu tamu dalam memilihkan tempat duduk, membantu tamu dalam memesan makanan dan minuman, membantu menjelaskan minuman atau makanan yang mungkin belum diketahui oleh tamu. Tidak sulit kan?

5. Dropshipper
Dropship artinya sistem penjualan di mana penjual atau dropshipper hanya perlu memasarkan dan menjual barang milik pihak lain tanpa perlu membelinya terlebih dahulu (menyetok barang). Dropshipper bisa dimulai tanpa modal, tanpa barang, dan hanya dengan pemasaran. Jadi, bekerja dengan menjadi dropshipper memiliki potensi kerugian yang sangat kecil. Kenapa? karena dia tidak mengeluarkan modal sehingga dia tidak perlu menyetok barang. (smesco)

baca juga : Menjadi Perempuan Mengagumkan

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Ainunnisa Dhika Fajri

Born to shine!