Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Menjadi Perempuan Mengagumkan

Ditulis Oleh Ainunnisa Dhika Fajri

Seperti apa perempuan mengagumkan itu?

images

Apa yang ada di pikiranmu mendengar kata perempuan yang mengagumkan? Pasti sangat banyak jawaban yang berbeda-beda.

Waktu kecil, bagi saya perempuan hebat dan mengagumkan itu seperti Ariel Disney yang menjadi tokoh utama film animasi Disney ke-28 The Little Mermaid. Tentu itu tidak benar! Sekarang saya baru paham seperti apa perempuan yang mengagumkan itu. Perempuan yang mengagumkan itu bukan perempuan yang berparas cantik, punya badan yang bagus, atau memiliki harta yang tak habis 7 turunan. Bukan itu!

Perempuan yang mengagumkan tidak tercipta dari kemewahan ataupun pendidikan yang tinggi. Semuanya berawal dari perilaku dan mindset.

Dalam tulisan ini, saya merangkum beberapa tips menjadi perempuan yang mengagumkan. Penasaran? Yuk simak :

1) BERANI :

Keberanian bukanlah tentang sesuatu yang ajaib yang terjadi di dalam diri untuk membuat kita merasa tidak takut. Tapi ini tentang sesuatu yang terjadi di dalam diri kita yang mampu membuat kita melewati rasa takut, ragu, cemas, dan pikiran negatif. Keberanian membuat kita lebih percaya diri dalam mencoba sesuatu yang baru untuk meningkatkan kualitas diri kita.

2) MENGHABISKAN WAKTU SECARA BERKUALITAS :

Daripada waktu kosongmu terbuang dengan hal yang tidak berguna, yuk coba menghabiskan waktu dengan menjadi orang yang bermanfaat. Sekarang banyak komunitas maupun organisasi yang sudah bergerak memberikan solusi bagi isu sosial di Indonesia, mulai dari pendidikan, lingkungan hingga kemanusiaan. Kamu bisa ikut serta menjadi relawan dalam kegiatan sosial yang ada di daerahmu.

3) MENJADI INSPIRASI :

Sebagai perempuan kita bisa menginspirasi anak muda untuk dapat melakukan perubahan. Kegigihan, kecerdasan, kemampuan yang akan membuat kita menjadi pusat perhatian. Menginspirasi orang lain dengan pencapaian diri yang luar biasa, menjadi contoh yang baik dengan tindakan-tindakan terpuji, peduli dengan orang lain, bersemangat dan pantang menyerah untuk menggapai cita-cita. Manfaatkan masa mudamu untuk mengukir prestasi yang bisa membuatmu menjadi sosok inspirasi oleh orang lain.

4) BERTINGKAH LAKU YANG SOPAN DAN SANTUN :

Sopan santun yaitu sikap atau perilaku yang ramah pada orang lain, pada apa yang ia saksikan, ia rasakan, serta dalam kondisi, dan keadaan apa pun. Sopan santun mesti dikerjakan dimanapun, seperti di rumah, di sekolah, di lingkungan orang-orang. Dasarnya sopan santun mesti dikerjakan ditempat di mana ada hubungan antar individu. Karenanya, kita harus mendorong tingkah laku kehidupan yang santun, dan saling menghormati.

5) MENJADI PENGGUNA INTERNET DAN MEDIA SOSIAL YANG BAIK :

Di era globalisasi ini, media sosial memegang peranan yang sangat penting dalam kebutuhan bersosialisasi dan komunikasi. Kemudahan mengakses internet maupun konten yang kita buat atau terima kadang bisa berdampak positif dan negatif. Kita juga harus menjaga etika ketika bermain media sosial. Media sosial memang memberikan kebebasan bagi para penggunanya, tetapi bukan berarti bebas pula dalam beretika. Jaga selalu etika, sopan santun, dan selalu bersikap respect kepada teman atau orang-orang yang terkoneksi di akun media sosial kita.

6) MANDIRI :

Perempuan yang manja memang terkadang menggemaskan, tetapi perempuan yang mandiri terlihat lebih menarik. Dia tidak takut menghadapi masalah dan mampu mencari solusi untuk menyelesaikannya. Perempuan seperti ini tidak mudah bergantung kepada orang lain, berkepribadian tangguh dan kuat dalam kesehariannya. Selama sesuatu bisa dikerjakan atau dilakukan sendiri, sebisa mungkin dia tidak akan meminta bantuan orang lain. Tapi bukan berarti selamanya tidak membutuhkan bantuan orang lain yah!

Baca juga : Lanjut Kuliah (Lagi) atau Kerja? Tentukan Dengan 4 Tips Ini!

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Ainunnisa Dhika Fajri

Born to shine!