Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Begini Tips Menghindari Rasa Jenuh Saat Kuliah Online

Ditulis Oleh Fadli Sahi

Apa kabar para mahasiswa, yang katanya agen perubahan namun di pandemi covid 19 ini memaksa kalian untuk menjadi kaum rebahan. Sekilas kondisi yang dilihat dari paradigma indrawi memang terlihat baik-baik saja, namun eksistensi berbicara lain, apakah selama kuliah daring ini membawa kita kedalam suatu pernyataan, yaitu “PAHAM”?

Pada dasarnya hal ini memang menjadi perbincangan antara para mahasiswa dengan dosen mata kuliah mereka. Menurut bapak Dr. Siswanto, dosen Fakultas Psikologi Unika Soegijapranata mengatakan

“Bahwa dalam perkuliahan pasti akan muncul rasa kejenuhan dalam menerima pembelajaran secara daring”.

Nah, untuk menghadapi problem seperti yang diatas, kami akan memberikan tips buat kamu agar bisa mengoptimalisasi kegiatan kuliah kalian secara baik tanpa adanya rasa jenuh dan mugkin bisa memunculkan rasa percaya diri kembali para mahasiswa.

1. Membuat daily reminder selama perkulihaan

Mengatur-Waktu-Belajar-Buat-Jadwal-Harian

Tipe-tipe setiap mahasiswa itu berbeda-beda, ada mungkin yang mencatat sebagian besar jadwal mata kuliah  yang diberikan dosen, ada juga yang hanya menggunakan otak sebagai media penyimpanan. Disini kita juga harus tahu posisi kita sebagai mahasiswa, walaupun kita belajarnya secara online, tetap kita juga harus terlihat seperti mengikuti perkuliahaan seperti biasanya.

Nah dengan membuat daily reminder ini, bisa lebih memudahkan kita dalam mengikuti kuliah secara online secara nyaman karena kita sudah mengatur waktu dengan sebaik-baik mungkin, sehingga membuat konsentrasi kita ini tetap terjaga pada saat perkulihaan.

2. Hindari deadline (kerja tugas diwaktu mepet)

2591986599

Dalam kuliah online biasanya kebanyakan dosen lebih memilih memberikan tugas-tugas kepada mahasiswa, namun biasanya tugas yang diberikan juga dalam porsi yang  banyak, hal dimaksudkan agar mahasiswa bisa lebih mandiri.

Baca Juga : Tips Agar tidak jenuh Menggerjakan Tugas

Namun kenyataannya ini sangat memberatkan bagi para mahasiswa, karena sebagian mahasiswa juga pasti punya kesibukan selain dari kegiatan perkulihaan.

Oleh karena itu, kita juga harus menghindari menunda-nunda mengerjakan tugas supaya kita tidak mengalami kewalahan. Buatkan list untuk tugas , kemudian prioritaskan tugas yang mana harus dikerjakan.

3. Mencatat hal-hal yang penting

content-persiapan-wawancara-kerja-EKRUT

Mencatat poin-poin penting bisa dilakukan untuk bisa mengulang materi kembali dan menjadi aktivitas lain untuk menghindari jenuh saat belajar daring.

Dengan demikian meskipun kuliah kita dilakukan secara daring, kita akan tetap paham dengan materi yang dosen kita berikan, akibat dari mencatat sebagian pokok-pokok penting dalam materi.

Menulis/mencatat juga sudah menjadi salah satu bukti bahwa ini merupakan teknik belajar yang efektif guna memperdalam pengalaman. Olehnya kita tidak boleh meningalkan kebiasaan-lebiasaan seperti ini.

4. Olahraga secara rutinshutterstock-354442001

Sebagai mahasiswa, rebahan sudah menjadi salah satu hal yang sangat lazim terjadi. Apalagi di kondisi pendemi sekarang ini. Tetapi perlu kita tahu bahwa otak dan tubuh kita juga butuh refresing agar terhindar dari depresi dan nyeri punggung.

Hal yang dilakukan untuk menghindari dari kedua penyakit ini yaitu dengan berolahraga, karena dengan berolahraga bisa dapat menigkatkan imun tubuh, menghindari resiko sakit punggung serta mengurangi rasa stress dan depresi.

Baca Juga : Yuk, Kurangi Stress-mu dengan Journalling!

Kenyataannya bahwa secara kimia, peredaran darah dan berbagai hormon yang muncul setelah kita berolahraga sangat bermanfaat pada pola pembelajaran kita karena membuat pikiran kita menjadi fresh kembali.

5. Mengubah pola pikir dan nikmati kuliahmu

022844100-1544590608-Bisnis-Travel

Walaupun kita melakukan kuliah tidak secara tatap muka, kita tidak boleh anggap hal seperti ini sebagai liburan. Hal membedakan adalah tempat, sistem dan suasana saja kok!

Nah oleh karena itu kita harus rubah mindset seperti ini. Kita harus tetap berpikir posisif dan percaya bahwa usaha tak menghianati hasil serta buat diri kita se-nyaman-nyamannya dalam mengikuti kuliah.

Selain itu kita juga punya waktu yang banyak untuk keluarga akibat kuliah daring ini, oleh karena itu manfaatkan sebaik mungkin dan temukan potensi dalam diri kita dengan mengubah pola pikir kita.

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 

 

Tentang Penulis

Fadli Sahi