Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Lifestyle Tips & Trick

Tips sehat selama bulan Ramadhan!

Ditulis Oleh Soraya putri yakub

Awal Ramadhan 1442 H jatuh pada Selasa, 13 April 2021 yang disepakati dalam sidang isbat yang dipimpin oleh Menteri Agama Yaqut Choil Qoumas pada Senin, 12 April 2021 malam.

Umat muslim tentunya menyambut baik bulan suci ini, karena banyak amalan menanti salah satunya ibadah puasa.

Pada bulan puasa umat muslim akan memulai kebiasaan berbeda dengan bulan-bulan sebelumnya. Mulai dari bangun dini hari untuk mempersiapkan sahur, hingga harus menahan lapar dan haus kurang lebih 13 jam. Hari pertama puasa biasanya menjadi hari terberat.

Tak jarang karena tidak terbiasa, akan bangun kesiangan untuk sahur dan merasa lemas saat menahan lapar dan haus. Untuk menjaga daya tahan tubuh selama bulan Ramadhan, tentunya membutuhkan asupan yang baik.

Ada yang sahur dengan mengkonsumsi sayur-sayuran agar lebih sehat dan ada juga yang sahur dengan makanan yang enak,  simple serta harga makanan yang terjangkau.

Bagaimana sih tips menjaga kekebalan tubuh selama puasa di bulan ramadhan? untuk itu simak tips dibawah ini yaa!

Seperti yang diungkapkan oleh dr. Tirta Prawita Sari, Sp.GK, M.Sc selaku dokter spesialis ahli gizi ini menyebut salah satu persiapan puasa yang penting untuk dilakukan adalah menjaga kesehatan dan stamina tubuh dengan mengatur asupan makan yang sehat serta bergizi.

Agar puasa terasa lebih ringan dan lancar, perhatikan dan seimbangkan antara kebutuhan energi, protein, lemak dan penuhi pula zat besi dan cairan bagi tubuh baik pada waktu sahur maupun berbuka dengan baik.

“Perhatikan kebutuhan energinya dulu, kemudian perhatikan kebutuhan protein kita dulu, itu bagaimanapun aktivitas kita tergantung apakah anda akan segera beristirahat atau tidak setelah sahur gitu. Nah kemudian setelah energi kita sudah tahu, protein kita sudah tahu, kemudian yang perlu kita perhatikan adalah zat gizi mikro, tuturnya”

Zat gizi mikro ini adalah zat yang dibutuhkan oleh tubuh dalam jumlah yang sedikit, namun memiliki peran yang sangat penting dalam mengatur fungsi sistem imun diantaranya seperti zat antioksidan yang terdiri dari berbagai macam mineral dan vitamin.

Baca juga . 5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan agar tidak Lemas saat Berpuasa

Ahli gizi juga menambahkan tubuh akan beradaptasi dengan kebiasaan baru selama 3 hingga 5 hari. Disarankan saat tubuh beradaptasi dengan pola puasa, kurangi aktivitas berat yang terlalu menguras tenaga.

Namun jangan lupa meskipun bulan Ramadhan, sempatkan juga untuk berolahraga. Olahraga ringan yang dapat anda lakukan adalah seperti berjalan kaki setelah sholat subuh, tentunya akan menyehatkan tubuh dan memperbaiki mood untuk dapat beraktivitas seharian penuh sampai waktu berbuka.

Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga bulan Ramadhan ini penuh berkah dan memberikan kita semua kedamaian, kebahagiaan dan rahmat yang melimpah. Marhaban ya Ramadhan, selamat puasa teman-teman semua!

sc : YT CNN Indonesia

Baca juga . Suka Duka Mahasiswa Bulan Ramadhan di Perantauan

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Tentang Penulis

Soraya putri yakub

Tumbuhlah menjadi diri yang kuat, untuk mimpi yang besar