Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tahukah Kamu

Berikut aplikasi wajib untuk mahasiswa, Yuk download sekarang!

aplikasi wajib mahasiswa
Ditulis Oleh Soraya putri yakub

Berikut aplikasi wajib untuk mahasiswa, yang akan sangat berguna dan menunjang kegiatan perkuliahan kalian yang sekarang sudah serba digital. Diharapkan melalui rekomendasi beberapa aplikasi ini, dapat memudahkan teman-teman dalam mengerjakan tugas. Nah, teman-teman silahkan lirik aplikasi dibawah sesuai kebutuhan masing-masing ya.

Apasaja sih manfaat dari aplikasi-aplikasi ini? Yuk simak penjelasannya!

  1. Plagiarism Checker X

Aplikasi ini digunakan untuk mengecek tingkat kemiripan dari sebuah tulisan seperti jurnal, makalah, tugas akhir (skripsi/tesis) dan lain-lain. Yang mana karya ini disusun dengan tangan kita sendiri sehingga tidak mengcopy paste karya milik orang lain, tanpa menyuntingnya terlebih dahulu. Melalui aplikasi ini, akan mendeteksi bagian kalimat-kalimat sebagai tulisan yang plagiat. Nah setelah itu silahkan teman-teman cek lalu edit bentuk kalimatnya agar berbeda dari sebelumnya, namun dengan tujuan yang sama. Hasil dari scan plagiat ini juga bisa di save dengan Doc, PDF, HTML dan lainnya.

  1. CAM SCANNER

Aplikasi yang satu ini, memiliki manfaat dalam  men-scan tugas hanya melalui smartphone milik kalian. Dalam proses melakukan scan foto dari galeri, kalian bisa memilih tonenya dengan mencerahkan atau memilih yang orisinal saja. Tapi yang keren di aplikasi ini, ada fitur untuk bisa menambahkan tanda tangan dengan discan atau import dari album hp kalian. Selain itu ada fitur untuk menambahkan teks, coretan, koreksi dan lain sebagainya. Untuk hasil scannya, kalian bisa share dalam bentuk PDF, Word, JPG dan lain-lain.  Nah jika kalian ingin fitur yang lebih menarik lagi, bisa beralih menggunakan akun premium.

  1. iPusnas

iPusnas ini wajib menjadi list aplikasi terbaik bagi kamu yang gemar membaca buku dan terkadang merasa sulit untuk dapat mengakses buku dengan mudah. Caranya hanya dengan melakukan registrasi melalui akun Facebook, kemudian kalian bisa langsung mengeksplor berbagai kategori. Nah kira-kira bisa baca secara offline gak ya? Tentu saja bisa, dengan meminjam secara digital. Pastikan jaringan internet baik agar kamu bisa mengunduh bukunya ke smartphone. Ada ketentuan waktu pinjam juga ya. Setelah itu kamu bisa membacanya tanpa perlu terhubung ke internet secara terus menerus yang akan memakan kuota lebih banyak. Selain itu semua koleksi buku yang ada di iPusnas adalah legal, karena aplikasi ini telah didukung oleh Perpustakaan Nasional dan Daerah, so tidak perlu khawatir ya.

  1. Selvi-Teleprompter Camera

Teleprompter adalah sebuah teks/tulisan yang digunakan sebagai bahan bacaan yang biasa disebut script atau naskah dalam proses pembuatan video atau pidato secara langsung. Nah sama halnya seperti pembaca berita yang pada bagian kameranya terdapat tulisan berupa script atau naskah yang akan dibaca. Hal ini bertujuan agar Announcer memberikan look yang baik karna pandangan selalu ke arah kamera dan tidak harus membagi perhatian ke script yang manual (kertas). Dengan menggunkan teleprompter, pesan yang akan kamu sampaikan jauh lebih efektif dan efisien. Nah jika kalian tertarik, yuk download aplikasi Selvi-Teleprompter Camera yang akan menambahkan fitur Teleprompter pada kamera smartphone kalian.

  1. Trello

Kalian sering lupa dan kelewat deadline tugas? Atau tidak bisa memantau progress dari berbagai tugas/proyek sekaligus? Nah aplikasi Trello bisa membantu problem kalian nih teman-teman. Treloo merupakan aplikasi kolaborasi yang memungkinkan untuk mengatur tugas dalam satu tempat. Kolaborasi yang dimaksud adalah bekerja dengan anggota tim untuk suatu tugas. Dalam aplikasi Trello ini memiliki 4 fitur utama yaitu Boards, Lists, Card dan Menu. Berikut penjelasannya :

  • Fitur Boards digunakan untuk menunjukkan proyek secara lengkap, termasuk orang yang tergabung didalamnya dan melihat semua tugas yang harus dikerjakan.
  • Fitur Cards ini akan menampilkan ide-ide dan hal-hal yang harus di ingat dalam mengerjakan proyek tersebut. Dalam fitur ini juga, bisa menambahkan informasi penting terkait proyek.
  • Fitur Lists menjadi wadah bagi Cards agar proyek yang dikerjakan rapi dan sesuai perkembangan, layaknya workflow. Jadi setiap Lists yang kalian buat dapat dikategorikan sebagai To do, Doing atau Done.
  • Fitur Menu ini berfungsi sebagai pengaturan dari Boards yang dapat mengatur anggota tim, riwayat aktivitas dan lain-lain.
  1. Photomath

Aplikasi satu ini dikenal dengan sebutan “kalkulator kamera terpintar”. Penggunaanya yang mudah dapat membantu kalian dalam menyelesaikan soal matematika. Caranya hanya dengan mengunduh aplikasi Photomath di google play store kemudian membuka aplikasi yang akan muncul tampilan camera. Untuk dapat menyelesaikan soal dengan aplikasi Photomath, cukup dengan memotret soal dan secara otomatis akan memberikan jawabannya. Aplikasi ini akan menjabarkan setiap proses pengerjaan soal matematika dengan sangat detail. Nah kalian hanya perlu memahami jawaban soal yang secara otomatis dijelaskan oleh aplikasi Photomath. Selain itu aplikasi ini mendukung sejumlah jenis perhitungan matematika. Namun, kekurangan pada aplikasi ini yaitu tidak dapat mendeteksi soal matematika yang ditulis tangan.

Baca juga . Aplikasi Zotero, senjata ampuh Mahasiswa dalam penulisan KTI!

Itulah beberapa aplikasi yang bisa kalian download sesuai kebutuhan masing-masing ya. Hal yang perlu diingat, setiap aplikasi pasti memiliki kekurangan dan kelebihan serta syarat dan ketentuan yang berlaku dari kebijakan aplikasi tersebut. Semoga informasi ini bermanfaat ya, jangan lupa share ke teman-teman kalian agar mereka juga semakin semangat dan mudah dalam belajar. Semangat para pejuang mimpi!

Baca juga . Mau Presentasimu Efektif ? Yuk Ikuti 5 Tips Ini

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya. 

 

Tentang Penulis

Soraya putri yakub

Tumbuhlah menjadi diri yang kuat, untuk mimpi yang besar