Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

Tips Hemat di Bulan Ramadhan Bagi Mahasiswa

Ditulis Oleh Arum Sekar Wangi

Ramadhan adalah salah satu bulan yang sangat ditunggu-tunggu kedatangnya bagi kaum Muslimin di seluruh penjuru bumi. Saat ramadhan tiba, maka kaum muslimin diwajibkan untuk berpuasa, atau menahan lapar dan dahaga dari terbit sampai tenggelamnya matahari.

Logikanya, di bulan puasa jumlah porsi makan akan terkurang, dari yang biasanya tiga kali sehari, menjadi dua kali. Yakni saat sahur dan berbuka puasa. Hal ini tentu saja akan membuat pengeluaran menjadi lebih sedikit. Namun siapa sangka, kejadiannya justru berbanding terbalik dengan logika. Tidak sedikit orang yang mengaku pada bulan ramadhan pengeluaran harian mereka justru semakin meningkat. Nah,hal ini tentu saja membuat masyarakat heran dan gelisah, terutama para mahasiswa yang merantau ke luar kota, jauh dari jangkauan orang tua dan harus meminimalisir pengeluaran.

Kali ini penulis akan mencoba memberikan tips dan trik tentang bagaimana cara berhemat di bulan Ramadhan, so lets go to the list :

1. Berbuka Puasa di Masjid

Tips pertama ini bisa dibilang yang paling worth it. Di bulan Ramadhan, semua masjid masjid pasti menyediakan buka puasa atau takjil gratis bagi para jemaahnya. Berbagai aneka kue dan minuman yang tersedia kebanyakan berasal dari masyarakat yang tinggal di sekitar masjid tersebut yang bergantian memberikan takjil untuk buka puasa di masjid. Nah, bagi kamu anak rantau yang ingin berhemat di bulan penuh berkah ini, tidak ada salahnyakan mengunjungi masjid sekitar sebagai alternatif untuk menghemat pengeluaran saat berbuka puasa. Selain mendapatkan menu berbuka puasa gratis, kamu juga bisa menunaikan sholat berjamaah bersama di masjid. So, dapat makan plus dapat pahala juga 🙂

2. Masak Makanan Sendiri

Bagi sebagian orang, memasak makanan sendiri mungkin sangat memakan waktu. Namun, tips ini juga jitu untuk meminimalisir pengeluaran kamu loh. Dengan memasak makanan sendiri, kita bisa dapat mengukur rasa sesuai selera kita sendiri. Makanan yg kita masak juga dapat kita panaskan kembali saat sahur tanpa takut makanan tersebut akan basi sehingga dapat menghemat pengeluaran kamu. Selain itu, kamu juga tahu seberapa sehat makanan kamu dan tanpa rasa takut makanan kamu mengandung zat berbahaya. Dan paling penting, porsinya memuaskan 🙂

3. Bukber (Buka Bersama) Teman

Mungkin ada dari kalian yang berpikir bahwa “ah buka puasa bareng malah bikin banyak keluar uang”, eits tunggu dulu. Bukber yang penulis maksud dIsini bukan buka puasa bersama di resto atau kafe ternama. Cukup dengan beberapa teman, di kosan kalian juga bisa. Saling patungan atau ngumpulin duit buat beli takjil atau menu buka puasa yang kalian mau tanpa takut mengeluarkan banyak uang. Selain bisa berhemat, kalian juga bisa memiliki quality time bersama teman dan sahabat di bulan yang penuh berkah ini. Buktikan bahwa bukber bukan hanya wacana forever, hehehe.

4. Jualan Takjil

Tips keempat ini berkaitan dengan tips nomor dua, yaitu memasak makanan sendiri. Selain untuk diri sendiri, kamu juga bisa loh menjual takjil buatan kamu, kepada teman misalnya. Kamu bisa menjualnya via online, seperti menawarkan di grup whatsapp yang kamu punya, siapa tau mereka tertarik. Nah tips ini, selain membantumu berhemat, kamu juga bisa meraih keuntungan loh. Jadinya, kamu sudah tidak perlu minta ke orangtua untuk beli baju lebaran nanti deh, hehehe. Jangan lupa buat tampilan takjil kamu menarik perhatian orang lain, tapi tetap tidak mengesampingkan kulaitas rasa.

5. Jangan Mudah Tergoda

Puasa itu harus menahan diri dari segala macam godaan. Salah satu godaan yang berat yaitu saat memilih takjil yang akan disantap. Kebanyakan dari kita sering membeli takjil dalam jumlah yang banyak, padahal pada saat berbuka kita tidak akan menghabiskan semua hidangan tersebut. Nah agar hemat, belilah satu atau dua menu yang memang kamu inginkan dengan porsi yang cukup untuk kamu habiskan agar tidak mubazir. Kan sayang kalau beli banyak makanan dan tidak dihabiskan. Padahal ada begitu banyak orang di luar sana yang masih susah untuk mendapatkan makanan.

6. Memperkuat Niat Ibadah

Nah tips yang terakhir ini juga berguna loh, disaat kamu berhemat dengan tidak makan banyak pada saat sahur, kamu harus memperkuat niat ibadah. Penulis juga begitu. Niat mampu menguatkan diri kita saat puasa loh, hehehe.

Nah itu dia tips dan trik untuk berhemat di bulan Ramadhan. Semoga kita semua bisa mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari yaa. Jika ada tips dan trik lainnya yang dijamin manjur bisa menghemat kocek di bulan Ramadhan silahkan berikan komentar di bawah yah.

Semangat terus puasanya yaa, Fighting 🙂

Kalau menurut kalian bagaimana? punya pendapat lain? silahkan tulis di kolom komentar ya!

Baca Juga :

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya

Tentang Penulis

Arum Sekar Wangi

Fakultas Pertanian - Agroteknologi - '17
"Let's change the world to be a better place for us❤"