Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Tips & Trick

5 Tips Buat Kamu Yang Ingin Menjadi Seorang Content Creator

Ditulis Oleh MOH DIMAS APRILIYA
Content creator adalah sebuah profesi yang semakin populer didunia kreatif saat ini, yang mana pekerjaannya memberikan ruang seseorang untuk berkontribusi menyebarkan informasi ke media apapun.

Untuk bisa menjadi seorang content creator tentunya kamu harus memiliki dasar terlebih dahulu untuk bisa mengasah kemampuanmu selanjutnya.

Lantas bagaimanakah dengan seseorang yang belum tahu tentang dunia content creator dan ingin mempelajarinya?

Anda jangan khawatir, pada kesempatan kali ini penulis mencoba memberikan tips menarik nih untuk bisa menggeluti dunia content creator dengan baik.

Tips-tipsnya adalah :

  1. Tentukan Konten Yang Sesuai Dengan Passion Kamu
Media saat ini telah banyak menyuguhkan beraneka ragam konten, baik konten tulisan, pidato, seni maupun konten audio visual. Semuanya telah tersedia di kanal-kanal aplikasi pilihan seperti tik-tok, youtube, instagram, dll.

Nah! kesempatan kamu nih, mau memilih jenis konten apa yang sesuai dengan seleramu, kemudian pilihlah aplikasi yang cocok buat kamu berselancar dengan karya-karya terbaikmu.

Jika kamu merasa cocok menjadi seorang penulis, kamu bisa menjelajahi fitur wattpad atau blog untuk mencurahkan kreativitasmu.

Atau jika kamu suka dengan aktivitas vlogger dan merekam kegiatan keseharianmu, kamu cocok banget loh beraksi di youtube sebagai aplikasi yang ngetrend dengan audio visualnya.

5 Bisnis Modal Kecil Yang Cocok Di Era Pendemi

  1. Jadilah Dirimu Sendiri

Salah satu kesulitan seseorang untuk berkarya ialah besarnya rasa pesimis didalam diri ketika melihat karya orang lain dengan karya diri sendiri.

Sahabat anakuntad.com, pemikiran seperti itu jangan dijadikan prinsip hidup. Bangunlah rasa optimismu dan yakinilah dirimu sendiri bahwa dengan karya yang kamu buat dapat membawamu pada tangga kesuksesan.

Karya orang lain sebagai sebuah pembelajaran, sedangkan karya diri sendiri sebagai sebuah kebanggaan. Jarang-jarang loh orang bisa membuat sebuah karya dari hasil tangannya sendiri.

Maka dari itu teruslah stay be your self, dengan kepercayaan dirimu pasti akan membawamu berbeda dari orang lain diluar sana.

Begini Tips Menghindari Rasa Jenuh Saat Kuliah Online

  1. “Konsisten” Itu yang Utama

Jika kamu ingin menjadi seorang content creator yang baik, tentunya konten yang kamu sediakan haruslah konsisten.

Mengapa? karena jika orang lain sudah mengetahui isi kontenmu, otomatis mereka dapat mengidentifikasikan jenis konten kamu seperti apa.

Misalnya jika kamu seorang youtuber, kemudian kamu menyuguhkan konten yang random, otomatis viewers susah untuk menetap di channelmu.

Sebab viewers mencoba untuk memilah channel favorit mereka yang memiliki konten yang konsisten.

Sebagai contoh, channel Nessie judge yang menyuguhkan konten seputar horror dan misteri, channel Ria SW yang menyuguhkan konten food vlogger, dan channel pemberitaan yang menyediakan konten berita.

Tips ini menjadi PR untuk kamu sebelum menjelajahi dunia content creator.

Tips & Trick – Bangun Pagi Walaupun Begadang

  1. Wajib Banget Buat Kamu “Up To Date”
Menjadi content creator tidak boleh vakum dari tanggung jawab yah.

Loh kok tanggung jawab sih min ?

iya jelas, karena viewers akan terus menunggu postingan kamu setiap saat loh.

Dari sini dapat dipastikan bahwa vakum atau hiatus bukan menjadi bagian dari content creator, sebab seorang content creator selalu memberikan asupan bagi para viewers untuk menutupi rasa haus mereka terhadap informasi yang belum kamu suguhkan.

10 Tips Ampuh Lolos Bidikmisi

  1. Belajar Dari Konten Orang Lain

Sahabat anakuntad.com, perlu dipahami bahwa tidak seorangpun didunia ini memiliki sebuah awalan proses yang langsung bagus.

Tentunya masing-masing orang perlu menjalani tahap demi tahap sebuah proses agar menjadi yang lebih baik.

Untuk bisa meningkatkan kualitas konten yang kamu suguhkan, belajar dari karya orang lain merupakan jawabannya. Cobalah untuk melihat konten orang lain dari karya pertama hingga karya yang sudah mencapai ratusan lebih.

Pasti ada perbedaan didalamnya, mungkin saja terdapat perbedaan yang sangat signifikan seperti kualitas karya, point terbaiknya, keunikannya, serta berbeda dari yang lain.

Karya orang lain juga bisa dijadikan acuan loh, asal jangan sepenuhnya kita jiplak untuk bisa mengimitasikan kontennya dengan konten kamu, nanti jatuhnya plagiat.

Nah sahabat anakuntad.com demikian hasil paparan dari penulis terkait 5 tips menjadi content creator yang baik, semoga dapat bermanfaat bagi kawan-kawan semuanya.

Terima kasih

AnakUntad.com adalah media warga. Setiap warga kampus Untad bebas menulis dan menerbitkan tulisannya. Tanggung jawab tulisan menjadi tanggung jawab penulisnya.

 

Tentang Penulis

MOH DIMAS APRILIYA